Pengertian Dan Contoh Teks Deskripsi Pelangi

      Tugas sekolah kali ini akan membagikan contoh teks deskripsi tentang fenomena alam yaitu pelangi, sebelum kita memberikan contohnya mari kita pelajari dulu apa itu teks deskripsi secara singkat. Teks deskripsi yaitu sebuah teks karangan atau paragraf yang menggambarkan suatu objek tertentu di suatu tempat , waktu , atau situasi kondisi tertentu yang seolah - olah bagi pembaca merasakan langsung yang dibaca dalam teks tersebut. Berikut contoh teks deskripsi tentang pelangi .

( Ilustrasi Gambar pelangi )

PELANGI
     Pelangi atau dalam bahasa inggrisnya rainbow adalah suatu peristiwa optik atau meteorologi berwujud cahaya yang bermacam – macam warna pararel satu dengan yang lainya di langit atau media yang lain. Ketika terjadi hujan ringan dilangit terlihat pelangi seperti bercahaya dimana cahaya tersebut menuju cakrawala , selain itu di sekitar air terjun kita juga bisa melihat pelangi yang indah.
     Terciptanya penagi di cakrawala yaitu melalui 4 siklus . diantaranya yaitu pembiasan sinar matahari , sebab terciptanya pelangi yaitu terjadinya pembiasan cahaya / sinar matahari yang kemudian di belokan menuju arah lain dari satu medium menuju medium yang lain oleh tetesan air yang terdapat di atmosfer.
Baca Juga : Deskripsi Keris Menggunakan bahasa Jawa
       Kemudian tetesan air tersebut dilewati oleh sinar matahari , ketika air tersebut dilewati oleh cahaya matahari, maka cahaya itu akan dibiaskan sehingga dapat menciptakan warna indah yang terpisah secara sendiri – sendiri
     Terciptanya warna pelangi , warna ungu merupakan warna yang pertama kali dibelokkan. Sementara warna merah adalah warna yang terahir dibelokkan, kemudian disusul dengan aneka warna pelangi yang lain , seperti warna kuning , jingga , hijau , biru dan nila  . dari fenomena tersebut makanya kita bisa mengamati warna pelangi yang lengkap di karenakan adanya geometri optik ketika proses penguraian warna.
      Disaat hujan ringan bersamaan dengan munculnya sinar matahari kita bisa melihat fenomena pelangi , namun haruslah dari arah yang berlawanan dengan kita , keberadaan kita harus ada diantara tetesan air dan matahari yang mana posisi matahari berada di belakang kita pusat busur pelangi dan mata kita harus berada satu garis lurus

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Contoh Teks Deskripsi Pelangi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel