Laporan Kunjungan Industri Dan Study Tour Ke Bali

      Tugas sekolah kali ini akan melampirkan contoh laporan kunjungan industri dan study tour ke bali yang telah di buat oleh siswi di sekolah kejuruan tepatnya di kota tegal SMK 1 Tegal yang dibuat karna telah menyelesaikan tugas kunjungan industri dan study tour ke bali. berikut saya lampirkan semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI DAN STUDY TOUR KE BALI
SISWA TINGKAT XI SMK NEGERI 1 TEGAL
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
( Logo SMK N 1 Tegal )
DISUSUN OLEH :
NAMA         : LILIS HANDAYANI 
KELAS         : XI P2
KOMPETENSI KEAHLIAN : PERHOTELAN

KATA PENGANTAR
     Puja dan Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah, melimpahkan nikmat, rahmad dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan karya wisata ini yang berjudul “ LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI DAN WISATA DI BALI”tanpa halangan apapun yang berarti.
     Program kunjungan industri ini adalah program sekolah Yang harus diikuti semua siswa SMK N 1 TEGAL. Adapun maksud dan tujuan penulisan ini adalah memberikan wawasan mengenai industri dan obyek-obyek wisata di pulau bali. Sedangkan tujuan penulisan ini diharapkan siswa mempunyai keterampilan menulis khusus nya menulis karya ilmiah yaitu menulis laporan kunjungan industri dan wisata ke Pulau Bali.
     Dalam penyusunan laporan karya wisata ini saya menyadari banyak pihak yang membantu oleh karena itu, pada kesempatan ini perkenan kan saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu secara langsung meupun tak langsung. Ucapan terima kasih ini khusus nya kami sampaikan kepada :
1.     Bapak MasrudiSpd. Mkpd selaku kepala sekolah SMK N 1 TEGAL yang telah memberikan  kesempatan kepada saya untuk mengikuti kegiatan kunjungan industri dan wisata di Pulau Bali.
2.    Bapak Devit spd selaku wali kelas XI P2 yang telah membimbing dan menemani perjalanan kami di pulau Bali.
3.    Seluruh Bapak, Ibu guru pengajar yang telah membantu dan membimbing saya dalam penyelesian tugas karya tulis ini.
4.    Dan semua kawan – kawan yang telah membantu dan mendukung kami dalam penyelesaian tugas karya tulis ini.
       saya menyadari dengan sepenuh hati bahwa karya tulis ini jauh dari kesempurnaan. Oleh, karena itu, saran dan berbagai kritik yang bersifat membangun sangat saya harapkan guna untuk menyempurnakan karya tulis kami.
     Harapan saya semoga hasil dari karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan bagi penyusun pada khususnya.

LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Kunjungan Industri SMK Negeri 1 TEGAL pada tanggal 01 Febuari 2019 sampai 04 Febuari 2019 ini telah disetujui dan disahkan pada :
Hari/tanggal        :
Tempat                : SMK Negeri 1 Tegal

Humas/judi                                                                                  Ketua Perhotelan



Nasukha S.pd                                                                               Dra. Tri Komarawati

NIP.-                                                                                                           NIP.-

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
     Latar belakang diadakanya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja , mesin – mesin industri yang lebih memadai, dll.
     Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.
     Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang industri dan proses produksi di bidang bisnis dan managemen. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.

B.      Tujuan Kunjungan Industri
        Tujuan dari kegiatan kunjungan Industri ini adalah untuk mengenalkan siswa SMK N 1 TEGAL pada Dunia Industri.

C.     Manfaat Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut:
1.      Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.      Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4.      Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5.      Membantu siswa melaksanakan program magang.

BAB II
ISI
A. Maha jaya hotel andconvention
      Mahajaya hotel didorikan pada tanggal 22 mei 2002, dan tahun 2007 dikembangkan dengan 3 ruqngmeeting. Mahajaya hotel didirikan dengan dedikasi untuk menunjang pariwisata Bali khususnya Denpasar denagan jumlah akomodasi yang memadai,dengan kolam juga restaurant. Mahajaya di kelola secara mandiri dan kekeluargaan,dan pada tahun 2016 Mahajaya Hotel di kelola secara profesional dengan melibatkan pihak ketiga yang bernama Agata HospitalityManagement .
Mahajaya Hotel, terdiri dari 100 kamar dengan type yang berbeda : 
1.) typesuiteroom.        4 kamar
2.) typedeluxe.             8 kamar
3.) type superior.          55 kamar 
4.) ekonomi.                 33 kamar
       Mahajaya juga mempunyai fasilitas restaurant dengan 125 kursi dengan waktu buka sampai pukul 10 malam,dengan menu unggulan ayam betutu, kolam renang yang luas dimana kota mini juga dibuka untuk umum yang bertujuan untuk mendukung atlet renang khususnya dikota Denpasar . 
Ruang meeting yang ada sebagai berikut :
1.) ruang surya serba guna yang sebagian untuk meeting juga training dengan kapasitas 300 orang 
2.) ruang istana dengan kapasitas 125 orang 
3.) ruang puri dengan kapasitas 75 orang 
4.) ruang agung dengan kapasitas 75 orang
5.) ruang keraton dengan kapasitas dengan 25 orang
6,) ruang ratu dengan kapasitas 20 orang 
      Untuk meningkatkan hunian kamar di mahajayahotel,kami juga melakukan penjilualanonline yang didukung oleh agentonline seperti : agoda , booking.com , expediadll . Disamping juga biro birooffline dan dinas dinaskepemerintahan .
      Dalam rangka mendukung perkembangan pariwisata dan dinas kependidikan di kota Denpasar dan Bali umumnya kini juga melakukan kerja sama dengan beberapa LPK dan SMK untuk bisa melaksanakan pelatihan kerja sebelum mereka menyelesaikan pendidikannya di mahajaya hotel sebagai bentuk dukungan kami atas perkembangan pariwisata dan mencetak tenaga pariwisata yang siap bersaing.

B.  STP NUSA DUA BALI
      Sekolah Tinggi Pariwisata Bali adalah perguruan tinggi negeri kedinasan di Bali yang berdiri sejak tahun 1978. Memiliki motto "Manganjali Karya Werdhi" yang artinya bermakna bahwa kader-kader yang dihasilkan STPNB mengabdi pada peningkatan karya atau meningkatkan mutu pengabdian melalui karya di bidang kepariwisataan kepada masyarakat. Pemilik dan penanggung jawab perguruan tinggi ini adalah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. 
Profil
     Tanggal Didirikan: 27 Maret 1978Alamat: Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua, Bali  Telp/Fax : 0361-773537 / 774821Website: stpbali.ac.idEmail: info@stpbali.ac.idStatus Perguruan Tinggi : PTN-KLAkreditasi: BLuas Bangunan: 29.201 m2Luas Total : 20 hektare
Sejarah
     Sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi perkembangan kepariwisataan Bali, maka pada tahun 1972 Pemerintah Indonesia melalui kerjasama dengan UNDP dan ILO melaksanakan studi yang salah satu outputnya adalah berupa rekomendasi untuk membangun lembaga pendidikan dan pelatihan perhotelan dan kepariwisataan yang mampu menghasilkan SDM pariwisata yang profesional. Sebagai tindak lanjut dari rekomendasi studi tersebut, maka dibentuk Pusat Pendidikan Perhotelan dan Pariwisata Bali atau yang dikenal dengan nama P4B yang pembangunannya dicetuskan tanggal 25 Januari 1975.Disamping untuk memenuhi kebutuhan industri pariwisata dan perhotelan yang ada di Bali, lembaga ini juga dimaksudkan untuk menyiapkan kader/insan pariwisata profesional untuk kawasan Indonesia bagian timur, sedangkan NHI (yang sekarang bernama Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung) dimaksudkan untuk menyiapkan kader pariwisata untuk kawasan Indonesia bagian barat. Kampus lembaga pendidikan ini awalnya terletak di kawasan wisata Nusa Dua Bali dibangun diatas tanah seluas 7 hektar.
      P4B merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis dari PT. Pengembangan Pariwisata Bali atau Bali Tourism Development Corporation (BTDC) yang mengelola kawasan wisata Nusa Dua. Setelah penyusunan kurikulum pendidikan dari tahun 1976 s/d 1977, maka pada tanggal 27 Maret 1978 lembaga pendidikan ini mulai melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan (PrevocationalTrainingProgramme) bagi 120 orang tamatan sekolah dasar atau siswa “drop out” SLTP yang berasal dari Bualu, Tanjung, Sawangan, Bukit dan Jimbaran. Setelah itu pada tahun 1978 P4B mulai menerima mahasiswa reguler dari lulusan SMA atau yang sederajat.
     Pada tanggal 22 Januari 1982 pengelolaan P4B dialihkan dari PT. BTDC kepada Badan Pendidikan dan Latihan Departemen Perhubungan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : 303/DL.005/PHB-81 tanggal 18 Desember 1981, tentang Pendirian Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bali. Melalui surat tersebut, P4B diubah namanya menjadi “Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bali” yang disingkat dengan BPLP Bali. Pada tahun 1983 sesuai Surat Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi (Deparpostel) No : Km.08/OT.083/PPT-83 tentang Organisasi dan Tata Kerja Deparpostel, pengelolaan BPLP Bali dialihkan pada Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi. Pada periode ini pendidikan dan pelatihan perhotelan dan pariwisata untuk program reguler dikonsentrasikan pada jenjang Diploma I, II, dan III. Konsentrasi program tersebut disesuaikan dengan (a) kebutuhan industri pariwisata saat itu yang sebagian besar memerlukan tenaga pelaksana, penyelia, hingga kepala bagian dan (b) kemampuan lembaga untuk menyiapkan insan pariwisata dan perhotelan professional pada jenjang tertentu.
     Sebagai antisipasi atas perkembangan industri pariwisata ke depan dan tuntutan industri pariwisata akan SDM pariwisata tingkat pimpinan yang profesional, maka status BPLP Bali ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata dengan konsentrasi program pendidikan dan pelatihan pada jenjang Diploma II, III dan IV. Peningkatan status BPLP menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata didasarkan atas Keputusan Presiden Nomor 102 tahun 1993 yang selanjutnya disebut “Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali (STPNB)” yang bertanggung jawab langsung kepada Badan Pengembangan Sumberdaya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.Selain tenaga kerja yang professional, tuntutan masyarakat juga membutuhkan tenaga ahli dibidang pengembangan dan penelitian kepariwisataan, maka STPNB sejak tahun 2008 membuka program Sarjana (S1) bidang Bisnis Hospitaliti (BHP) dan S1 bidang Destinasi Pariwisata (DPW) pada tahun 2009.
Visi
   Visi STPNB  menjadi pusat unggulan dalam bidang pendidikan tinggi kepariwisataan di Asia Pasifik tahun 2025.
Misi
   Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang kepariwisataan yang berdaya saing internasional.Berperan aktif dalam pembangunan kepariwisataan daerah dan nasional melalui kerjasama dengan para pemangku kepentingan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.Menyelenggarakan tata kelola birokrasi secara profesional melalui peningkatan kapasitas, etos kerja, dan penghargaan bagi civitasakademika dan tenaga kependidikan
Fasilitas
   Gedung Rektorat/Admnistrasi (1)Perpustakaan (1)Auditorium/Balairung (1)Gedung Aula (1)Gedung Olahraga (!)Gedung Lap Spa (1)Hotel Praktik (1)Gedung MICE (1)Gedung Lab MDK, MKP, MBP (1)Dapur dan Restoran Praktik (1)Gedung Perkuliahan (4)
Jalur/Seleksi Masuk
Strata 1 (S-1) dan Diploma 3 (D-3)
SBMSTAPP (Seleksi Bersama Masuk Sekolah Tinggi Akademi & Politeknik Pariwisata)SMMSTAPP (Seleksi Mandiri Masuk Sekolah Tinggi Akademi & Politeknik Pariwisata)
Fakultas dan  Program Studi
Strata 1 (S-1)
Bisnis HospitalitiDestinasi Pariwisata
Program Diploma
   Adminstrasi Perhotelan Manajemen Tata Boga Manajemen Akuntansi Hopitaliti Manajemen KepariwisataanManajemen Divisi KamarManajemen Bisnis Perjalanan Manajemen Tata Hidangan Manajemen Konvensi dan Perhotelan
Kontak dan Informasi
    Alamat: Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua, Bali  Telp/Fax : 0361-773537 / 774821Website: stpbali.ac.id
Sumber referensi
Buku Direktori 100 Perguruan Tinggi Di Indonesia 2017 oleh Kompaspedia
C . TEMPAT WISATA
1. Garuda Wisnu Kencana (GWK Bali)
      Objek wisata Garuda Wisnu Kencana atau terkenal dengan nama GWK Bali, merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bali. Saking terkenalnya objek wisata Garuda Wisnu Kencana Bali, hampir setiap hari tempat wisata GWK Bali, selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan asing. Banyak wisatawan mengatakan, objek wisata Garuda Wisnu Kencana, salah satu objek wisata di Bali yang harus dikunjungi.
Alamat & Peta Lokasi
    Tempat wisata di Bali GWK adalah sebuah taman budaya yang memiliki luas 240 hektar. Alamat atau lokasi dari GWK Bali berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung 80364.
     Jika anda datang dari Airport Ngurah Rai, menuju lokasi dari tempat wisata di Bali GWK, hanya membutuhkan waktu 15 – 20 menit. Tentunya dalam keadaan lalu lintas lancar. Jika anda membutuhkan peta lokasi menuju GWK Bali, silakan gunakan peta di bawah ini!
Daya Tarik Utama Tempat Wisata Bali GWK Culture Park
    Daya tarik utama wisatawan berlibur ke Bali GWK culturepark adalah untuk melihat patung Garuda Wisnu. Dibangun dan di ukir oleh pengukir dan pematung terkenal bernama, I Nyoman Nuarta. Patung Garuda Wisnu memiliki rencana awal akan di bangun dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter. Tapi sampai saat ini, tinggi patung hanya 20 meter, pembangunan patung Garuda Wisnu sampai saat ini belum selesai dan penulis kurang tahu apa sebabnya belum diselesaikan sampai saat ini.Dengan rencana awal pembangunan patung Garuda Wisnu dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter, dengan tujuan menjadikan GWK Bali sebagai sebuah tempat wisata terkenal di Bali, yang menawarkan salah satu karya seni patung terbesar dan karya yang paling menakjubkan. Tentunya dengan karya seni yang mencerminkan nilai budaya lokal Bali.
     Selain patung Garuda Wisnu, di tempat wisata Bali GWK culturepark ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan dari matahari terbenam. Tidak hanya pemandangan indah saja yang anda dapat liat di kawasan wisata GWK, tempat wisata ini juga menawarkan beraneka ragam acara hiburan dari pagi hari, sampai malam hari.
Sejarah Garuda Wisnu Kencana
     Pembangunan tempat wisata di Bali GWK, di prakarsai oleh Yayasan Garuda Wisnu Kencana pada tahun 1992. Pembangunan Garuda Wisnu Kencana Bali dengan tujuan menjadikan tempat wisata GWK Bali Landmark dari tempat wisata budaya yang terkenal ke mancanegara. Salah satu pendiri dari Yayasan Garuda Wisnu Kencana adalah I Nyoman Nuarta yang juga konseptor dan arsitek patung Garuda Wisnu Kencana.
     Untuk mendapatkan lokasi yang cocok untuk sebuah proyek besar seperti pembangunan Garuda Wisnu Kencana, bukanlah tugas yang mudah. Yayasan Garuda Wisnu Kencana setelah menyelesaikan konsep dari proyek, memerlukan waktu dua tahun untuk mendapatkan lokasi untuk patung Garuda Wisnu Kencana yang sempurna. Sebelum adanya pembangunan dari GKW Bali, lokasi yang berada di bukit Ungasan ini, digunakan sebagai tempat penambangan batu kapur.Yayasan Garuda Wisnu Kencana menunjuk I Nyoman Nuarta sebagai pematung utama dalam proyek GWK Bali, karena I Nyoman Nuarta merupakan salah satu pematung modern terbaik Indonesia. Pada tahun 2013, manajemen kepemilikan dari Garuda Wisnu Kencana Bali di ambil alih oleh PT Alam Sutera Realty Indonesia, salah satu perusahaan pengembang property di IndonesiaDengan berjalannya waktu, tempat wisata di Bali GWK berkembang menjadi sebuah tempat pameran budaya, acara dan atraksi hiburan. Serta menjadi forum informasi dan komunikasi untuk budaya lokal, budaya nasional, budaya regional bahkan budaya internasional.
The Legend GWK Bali
JamAcaraHarianTempat
10.00 - 10.40Tari Barong &KerisAmphitheatre
11.10 - 11.50Pementasan Tari BaliAmphitheatre
11:00 - 15:00Instrument RindikJendela Bali
12:10 - 12:50Pementasan Tari BaliAmphitheatre
13:10 - 13:50Ballet Garuda WisnuAmphitheatre
14:00 - 14:40Pementasan Tari Bali Barong, Kera, RangdaAmphitheatre
15:00 - 15:40Pementasan Tari BaliAmphitheatre
16:10 - 17:20Parade Budaya BaliStreetTheatre, Plaza Wisnu, Lotus Pond
17:30 - 18:30Tari JogedBumbungStreetTheatre
18:00 - 18:20Parade Penari KecakStreetTheatre, Plaza Wisnu, Lotus Pond
18:30 - 19:15Pementasan Tari KecakAmphitheatre
19:00 - 21:00Pementasan musik akustik oleh Trio AcousticRestoran The New Beranda / Jendela Bali
    Untuk biaya tiket masuk ke GWK Bali ada dua jenis, ada tiket weekday (senin-jumat) dan tiket weekend (sabtu – Minggu).
     KategoriHargaTiketDewasaRp 80,000/OrangAnak (5 - 12 tahun)Rp 60,000/AnakKeterangan Harga Tiket MasukHarga tiket Garuda Wisnu Kencana di update per tanggal 01 Januari 2019.Anak dengan umur di bawah 5 tahun dan anak-anak dengan tinggi maksimum 110 cm, gratis.Anak-anak dengan tinggi di atas 110 cm meskipun usianya di bawah empat tahun, akan dikenakan biaya tike masuk anak.Harga tiket untuk wisatawan Indonesia (WNI).Biaya tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu.Salah satu tempat yang menyediakan pertunjukan tari kecak di Bali setiap hari adalah objek wisata Garuda Wisnu Kencana Bali. Jadwal pertunjukan tari Kecak GWK Bali dimulai dari jam 18:30 – 19:15. Untuk menonton tari Kecak di GWK anda tidak dikenakan biaya atau gratis, hanya perlu membayar tiket masuk Garuda Wisnu Kencana
2. Pantai Pandawa Kutuh Bali 
    Pantai Pandawa, salah satu pantai pasir putih terkenal di Bali yang wajib dikunjungi. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung dan lebih terkenal dikalangan wisatawan mancanegara khususnya Australia dengan nama secretbeach. Sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama pantai Kutuh.Saat ini, Pantai Pandawa Kutuh, tidak lagi didominasi oleh wisatawan asing. Malahan yang banyak berlibur di pantai Pandawa Kutuh adalah wisatawan domestik.Setiap wisatawan yang mengunjungi pantai di desa Kutuh ini, akan terkesima dengan pemandangan pantai. Anda akan mendapatkan pasir putih yang bersih, serta ombak yang tenang, bebas dari polusi dan pedagang acung.
Lokasi Pantai Pandawa Kutuh Bali
     Lalu pantai Pandawa dimana lokasinya? Apa ada peta petunjuk arah untuk menuju ke pantai di desa Kutuh? Tentunya ada, bagi yang menginginkan peta lokasi pantai Pandawa, mohon gunakan peta di bawah ini. Dari airport Ngurah Rai, akan menempuh waktu perjalanan 1 jam dengan jarak 18 kilometer. Walaupun jarak hanya 18 kilometer, waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi adalah satu jam. Karena jalan menuju pantai di desa Kutuh, berliku-liku dan anda memasuki daerah kemacetan, terutama di depan tempat wisata GWK Jimbaran.Untuk memasuki kawasan pantai Kutuh, anda harus melewati sebuah jalan yang diapit oleh tebing batu yang terjal, di tebing terjal ini terdapat patung dari Panca Pandawa, karena itu dinamakan Pantai Pandawa.Rentang dari pantai ini adalah sekitar 1 kilometer, dengan dibatasi oleh tebing kapur membuat pantai ini sangat diminati oleh wisatawan domestik. Jalan menuju pantai sudah di aspal, tempat parkir juga tersedia luas.
Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali 2019
    Hampir semua tempat wisata di Bali akan di kenakan biaya tiket masuk. Saat kami mengupdated artikel ini, per tanggal 01 Januari 2019, harga tiket masuk pantai Pandawa (domestik) sebagai berikut.
Domestik – Rp 8,000 / orang.Parkir mobil, Rp 5,000 / 1 mobil.Parkir motor, Rp 2,000 / 1 motor.
Aktivitas Yang Dapat Di Lakukan Di Pantai Pandawa
     Kami dapat rekomendasikan pantai ini sebagai salah satu tempat wisata untuk anak di Bali. Selain melakukan aktivitas berenang, di pantai ini juga tersedia jasa sewa kano untuk rekreasi air.
Untuk penyewaan kano akan dikenakan biaya:
     Single Kano Domestik: Rp 25,000 / 1 orang, durasi 1 jam.Double Kano Domestik: Rp 50,000 / 2 orang, durasi 1 jam.
3. Pantai Kuta
Lokasi dan Aksesibilitas
     Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak 11 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, tepatnya di kabupaten Badung. Secara astronomi terletak 08043’21,8” LS dan 115010’10,8” BT dan dapat dicapai dengan mudah menggunakan transportasi umum dari terminal bus Tegal dengan perjalanan kira-kira 15 menit. Sehingga sangat mudah dijangkau. Bagi wisatawan (tourist) domestik maupun mancanegara, menikmati waktu senja di Pulau Bali terasa tidak lengkap jika belum menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di Pantai Kuta. Daya tarik Pantai Kuta berbeda dengan Pantai Sanur yang lebih diminati karena keindahan mentari terbitnya (sunrise). Selain panorama sunset, Pantai Kuta juga menyuguhkan pemandangan yang cukup mengesankan, yakni garis lengkung pantainya yang berbentuk bulan sabit dengan hamparan pasir putih sepanjang + 2 km.
Pantai ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara yang sangat terkenal. Di Kuta sendiri banyak terdapat pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai Sunset Beach atau pantai matahari terbenam sebagai lawan dari pantai Sanur.
Sejarah Pantai Kuta
    Sejarah pantai Kuta bermula dari 300 tahun yang lalu telah dibangun sebuah konco di pinggir “Tukad Mati” dimana sungai tersebut, dahulu dapat dilayari. Perahu masuk ke pedalaman Kuta, sehingga Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. MadsLonge seorang pedagang Denmark abad ke 19, mendirikan markas dagangnya di pinggir sungai tersebut. Selama tinggal di Bali dia sering menjadi perantara antara Raja-Raja Bali dan Belanda. MadsLonge meninggal secara misterius. Kuburan MadsLonge terletak di sebelah konco di pinggir sungai tersebut. Dahulu Kuta adalah sebuah desa nelayan yang sunyi, sekarang telah berubah menjadi kota kecil lengkap dengan kantor pos, kantor polisi, pasar, apotik, photocentre dan lain-lain. Sepanjang pantai pasir putih yang berbentuk bulan sabit tersebut terhampat banyak hotel mewah.
Fisiogafi
    Pantai Kuta merupakan pantai yang mempunyai pasir putih dengan garis lengkung pantainya yang berbentuk bulan sabit yang sangat landai. Sementara di bagian lain Pantai Kuta ada lokasi yang selalu bergelombang besar sehingga pantas dijadikan lokasi surfing.
Potensi
    Sebelum menjelma menjadi obyek wisata terkemuka, dulunya Pantai Kuta merupakan salah satu pelabuhan dagang di Pulau Bali yang menjadi pusat pemasaran hasil-hasil bumi masyarakat pedalaman dengan para pembeli dari luar. Pada abad ke-19, MadsLange, seorang pedagang asal Denmark, menetap dan mendirikan markas dagang di Pantai Kuta. Melalui keterampilannya bernegosiasi, MadsLange menjadi perantara perdagangan antara raja-raja di Bali dengan Belanda.
    Pada perkembangannya, Pantai Kuta mulai kondang setelah HughMahbett menerbitkan buku berjudul Pujian untuk Kuta. Buku tersebut berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas pariwisata demi menunjang perkembangan kunjungan wisata ke Pantai Kuta. Melalui buku itu, wacana tentang pengembangan fasilitas pariwisata kian marak, sehingga pembangunan penginapan, restoran, maupun tempat-tempat hiburan makin meningkat.
    Sebagai pantai paling populer di Bali, denyut aktivitas wisatawan di Pantai Kuta beranjak dari pagi hingga dini hari. Pada pagi hari, Pantai Kuta dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menghirup udara segar, sekedar berjalan-jalan, atau mencari sarapan. Pada siang hari, para turis baik domestik maupun mancanegara biasa menikmati panorama alam sembari berjemur di pinggir pantai. Ada juga keluarga yang membawa anak-anak mereka untuk bermain pasir atau berenang di pantai. Jika sore menjelang, jumlah wisatawan umumnya bertambah untuk menyaksikan daya pikat pantai ini, yaitu matahari tenggelam (sunset). Apabila malam telah merambat, suasana Pantai Kuta berubah lebih semarak dengan suasana kehidupan malam (nightlife) yang terpusat di sejumlah tempat hiburan.
    Daya tarik lainnya, Pantai Kuta memiliki deburan ombak yang besar yang menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan untuk melakukan olahraga selancar (surfing). Tempat ini juga kerapkali menjadi arena perlombaan selancar tingkat nasional maupun tingkat dunia. Kendati demikian, Pantai Kuta juga cocok untuk para pemula yang baru belajar berselancar.
Fasilitas / Aminity
Sebagai tujuan wisata internasional maka dalam hal saran dan prasarana sangatlah lengkap diantaranya :
Hotel
Ditepi pantai kuta banyak hotel yang menawrkan kemudahan untuk menikmati indahnya pantai karena letaknya yang dipinggir pantai sehingga para penghuni bias langsung menikmati indahnya pantai dari dalam hotel
Restaurant
Disekitar pantai kuta banyak sekali restaurant yang menawarkan berbgai hidangan baik yang selera internasional maupun yang selera dalam neger
Café
Café juga banyak terdapat di sekitar tepi pantai kuta baik café yang besar maupun café yang kecil
Toko cindera mata
Bagi para penggemar belanja, di sekitar Pantai Kuta tersedia toko-toko suvenir yang menjual barang kerajinan dalam berbagai bentuk, berbagai macam aksesoris, pakaian khas pantai, serta kaos oblong. Toko cindera mata menawarkan barang-barang khas bali untuk dijadikan sebagi kenang-kenangan.
Toilet dan kamar bilas
Toilet dan kamar bilas sangatlah penting bagi para wisatawan, setelah selesai bemandai ria dipantai para wisatawan dapat menggunakan kamar tersebut untuk membilas tubuhnya sebelum mandi. Dengan harga Rp. 1000 Para wiasatawan sudah dapat menikmati fasilitas tersebut
Sosial Budaya dan Ekonomi
Keadaan masyarakat di pantai kuta sama dengan keadaan penduduk Bali pada umumnya yang memegang teguh agama. Hanya saja, pola kehidupan yang membedakannya. Jika masyarakat Bali yang tinggal di daerah Kuta, secara fisik akan kelihatan hitam-hitam karena sering berada di pantai, dan bisa berenang, sedangkan jika dilihat dari para wisatawannya yang kebanyakan wisatawan asing yang sering ebrjemur di panati dengan pakaian yang minim, maka itu sudah melanggar norma-norma yang dianut oleh orang Indoensia. Tetapi disisi lain dari segi ekonomi, wisatawan asing membawa keuntungan yang sangat besar bagi pemerintah daerah dan para pedagang.
Sumber : berbagai situs... http://masdony.wordpress.com/2010/04/15/pantai-kuta/
4. Tanah Lot
     Pura Tanah Lot Bali atau juga disebut Pura Luhur Tanah Lot adalah sebuah tempat suci agama Hindu yang mempunyai keindahan yang natural dengan Tanah Lot sunset Bali yang memukau, Tanah Lot merupakan salah satu tempat terbaik di Bali untuk melihat sunset dan keindahan sunset Tanah Lot Bali adalah salah satu yang terindah di Bali.Pura Tanah Lot Bali terletak di tepi pantai Tanah Lot dan berdiri di atas sebuah batu karang laut yang kokoh dan kuat, disebelah baratnya juga terdapat pura yang disebut Pura Batu Bolong yang juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya.Tempat wisata Tanah Lot Bali pada saat sunset atau matahari terbenam adalah pemandangan yang terbaik dan sangat indah yang bisa kita nikmati ketika mengunjungi salah satu tempat/objek wisata favorit yang terkenal di Pulau Bali ini dan akan menjadikan liburan di Bali anda tidak terlupakan dan penuh kesan. Tempat suci ini adalah salah satu dari Pura Kahyangan Jagat, pura yang sangat sakral dan suci serta sangat dijaga kesucian dan kelestariannya oleh masyarakat Pulau Dewata.
     Tanah Lot berasal dari kata "Tanah" yang artinya tanah dan "Lot" (Lod) yang artinya laut, karena letaknya di laut atau di pantai seperti mengambang ketika air laut pasang maka dapat diartikan Tanah Lot berarti sebuah Tanah atau Pulau yang terletak di laut, oleh karena itu orang-orang pun menyebutnya Tanah Lot.Pura Tanah Lot berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, di pesisir selatan pulau Bali kurang lebih 25 kilometer dari Kota Denpasar. Pura Tanah Lot terletak di atas batu karang laut besar menghadap ke samudra Hindia. Tempat ibadah ini adalah sebuah pura Hindu yang dibangun untuk memuja Tuhan dalam manifestasi-NYA sebagai Dewa Laut atau Dewa Baruna untuk keselamatan dan kesejahteraan dunia serta keseimbangan antara laut dan bumi.KontenSejarah Pura Tanah LotUpacara atau Piodalan Pura Tanah LotUlar Suci Tanah Lot dan MitosPemandanganSunset dan Waktu Terbaik Mengunjungi Tanah LotPeta dan Lokasi
Sejarah Pura Tanah Lot
   Cerita asal mula berdirinya Pura Tanah Lot atau sejarah Pura Tanah Lot Bali ini sangat erat kaitannya dengan perjalanan suci dari Blambangan (pulau Jawa) ke Pulau Bali dari seorang pendeta suci yang bernama DangHyangNirartha untuk menyebarkan agama Hindu di pulau dewata, masyarakat juga menyebut Beliau dengan sebutan DangHyangDwijendra atau Pedanda Sakti Wawu Rauh. Pemimpin (Raja) di Bali pada saat itu adalah Raja Dalem Waturenggong sekitar abad ke-16 Masehi.Sejarah Pura Tanah Lot Bali di dalam DwijendraTatwa di jelaskan suatu ketika Dang Hyang Nirartha kembali ke Pura Rambut Siwi dalam perjalanannya ke pulau Bali, dimana Beliau pertama kali tiba di Bali dari Blambangan pada tahun Saka 1411 atau 1489 Masehi, Beliau telah berhenti di Pura Rambut Siwi ini.Ketika berada di Pura Rambut Siwi untuk beberapa saat, kemudian Beliau melanjutkan perjalanannya menuju Timur (Purwa) dan sebelum meninggalkan tempat itu Beliau menyempatkan diri untuk melakukan upacara "Surya Cewana" dengan masyarakat disekitarsana.Setelah memercikkan air suci (tirtha) kepada masyarakat yang ikut bergabung dalam persembahyangan kemudian Beliau meninggalkan pura dan berjalan melanjutkan perjalanan ke Timur, perjalanan Beliau melewati pesisir pantai selatan pulau Bali dan diikuti oleh beberapa pengikut setia Beliau.
     Di dalam perjalanan suci ini Dang Hyang Nirartha sangat menikmati dan kagum dengan keindahan pesisir pantai selatan Bali dengan keindahan yang alami yang sangat menarik. Beliau membayangkan bagaimana kebesaran Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) telah menciptakan dunia dan beserta isinya untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Dalam hati Beliau terbisik bahwa tugas seluruh makhluk hidup di dunia khususnya manusia untuk berterima kasih dan menjaga apa yang telah diciptakan-NYA.Setelah melakukan perjalanan yang panjang akhirnya Dang Hyang Nirartha tiba dan berhenti di sebuah pantai yang terdapat batu karang dan juga terdapat mata air, batu karang itu disebut Gili Beo, "Gili" artinya pulau kecil dan "Beo" artinya burung, jadi Gili Beo berarti pulau kecil yang menyerupai burung.Pada waktu itu di kawasan Desa Beraban ini di pimpin oleh Bendesa Beraban Sakti, kemudian di tempat inilah DangHyangNirartha berhenti dan beristirahat, tidak lama Beliau beristirahat datanglah para nelayan yang ingin bertemu dengan Beliau dan membawakan beberapa persembahan untuk Beliau.Setelah senja tiba mereka memohon kepada Beliau untuk bermalam di rumah mereka, tetapi permohonan mereka ditolak oleh Beliau dan Beliau lebih memilih untuk bermalam di Gili Beo karena di tempat ini Beliau bisa menikmati udara yang segar dengan pemandangan yang indah dan bisa melepaskan pandangan ke segala arah.
     Pada malam hari sebelum Beliau beristirahat, Beliau menyempatkan diri untuk mengajarkan agama dan moral kepada masyarakat yang datang kepada Beliau, tetapi kehadiran Dang Hyang Nirartha ini tidak disukai oleh Bendesa Beraban Sakti, karena ajaran-ajarannya tidak sesuai dan tidak searah dengan ajaran-ajaran dari Dang Hyang Nirartha dan ini membuat Bendesa Beraban Sakti menjadi marah dan dia mengundang pengikut-pengikutnya untuk mengusir DangHyangNirartha dari kawasan itu.Kemudian untuk memproteksi diri Beliau dari agresi Bendesa Beraban Sakti akhirnya dengan kekuatan supranatural Beliau kemudian Gili Beo dipindahkan agak ketengah ke laut dan Beliau menciptakan ular dari selendang yang Beliau pakai untuk menjaga Gili Beo agar selalu aman dari serangan-serangan jahat.Kemudian setelah kejadian itu Gili Beo berubah nama menjadi Tanah Lot (Tanah di laut), setelah melihat keajaiban dari DangHyangNirartha akhirnya Bendesa Beraban Sakti menyerah dan kemudian dia menjadi pengikut setia Beliau untuk melanjutkan mengajarkan agama Hindu kepada masyarakat, dan untuk jasanya itu Dang Hyang Nirartha memberikan sebuah keris kepada Bendesa BerabanSakti.Sebelum Beliau melanjutkan perjalanan suci nya (Keris adalah sebuah belati asimetris khas dari Indonesia yang dipakai sebagai senjata dan juga objek spiritual, keris sering dianggap memiliki kekuatan magis. Awal keris dikenal atau dibuat pada sekitar abad 1360 Masehi dan mungkin menyebar dari pulau ke pulau di seluruh Asia Tenggara).Keris yang diberikan kepada Bendesa Beraban Sakti disebut Jaramenara atau keris Ki Baru Gajah, sampai sekarang keris itu disimpan dengan baik dan sucikan di Puri Kediri. Pada saat itu DangHyangNirartha menyarankan kepada masyarakat untuk membuat pura (parahyangan) di Tanah Lot.
    Karena menurut getaran suci dan bimbingan supranatural Beliau di tempat ini adalah sebuah tempat yang sangat baik untuk memuja Tuhan, dari tempat ini kemudian masyarakat bisa menyembah kebesaran Tuhan dalam manifestasi-NYA sebagai Dewa Laut untuk keselamatan dan kesejahteraan dunia.Terdapat 8 pura suci yang ada disekitar area Tanah Lot, masing-masing dengan fungsi dan tujuan sendiri.
    Pura Penataran - berlokasi di bagian utara dari Pura Tanah Lot, pura untuk memuja Tuhan dan manifestasi-NYA untuk kebahagiaan dan kesejahteraan.PuraPenyawang - berlokasi di bagian barat dari Pura Penataran, ini adalah tempat alternatif untuk bersembahyang karena pada saat air laut pasang orang-orang yang ingin bersembahyang tidak bisa naik dan masuk ke Pura Tanah Lot.Pura Jero Kandang - berlokasi sekitar 100 meter di sebelah barat Pura Penyawang, pura ini dibangun untuk memohon kepada Tuhan agar diberikan kesejahteraan dan keselamatan bagi ternak dan tanaman.PuraEnjung Galuh - berlokasi dekat dengan Pura Jero Kandang, pura ini dibangun untuk memuja Dewi Sri untuk kesuburan tanah dan pertanian.Pura Batu Bolong - berlokasi sekitar 100 meter disebelah barat Pura Enjung Galuh, pura ini digunakan pada saat upacara Melasti atau upacara penyucian.Pura Batu Mejan - berlokasi kurang lebih 100 meter pada bagian barat Pura Batu Bolong, Pura Batu Mejan juga disebut Pura Beji. Beji berarti mata air dalam bahasa Bali, masyarakat percaya bahwa air suci dari mata air ini bisa menyucikan segala sesuatu dari keburukan atau unsur-unsur negatif.Monumen Tri Antaka - Monumen ini dibuat untuk menghormati 3 pahlawan Bali, yaitu: I gusti Ketut Kereg, I Wayan Kamias dan I Nyoman Regug, yang telah berperang untuk mempertahankan pulau Bali dari penjajah tentara NICA (NetherlandsIndiesCivilAdministration) pada Juni 1946 di kawasan Tanah Lot.PuraPakendungan - Berlokasi di bagian Barat kira-kira 300 meter dari Pura Tanah Lot. Di Pura Pekendungan inilah tempat dimanaDang Hyang Nirartha bermeditasi dan juga ditempat inilah keris sakti Jaramenara diberikan kepada Bendesa Beraban Sakti.
Pada tahun 1980, bagian pinggir karang Pura Tanah Lot terkikis karena mengalami abrasi dan menjadikan area di tempat suci ini berbahaya bagi keselamatan pengunjung dan pemedek (Pemedek adalah orang-orang yang akan bersembahyang di pura).
   Maka dilakukanlah proyek yang didukung oleh pemerintah Jepang dan Jerman untuk menanggulangi hal ini dan untuk menjaga pura yang bersejarah ini agar tetap berdiri kokoh di atas batu karang laut.
Upacara atau Piodalan Pura Tanah Lot
    Upacara di Pura Tanah Lot (Upacara di pura dalam bahasa Bali disebut Piodalan/Pujawali) dilaksanakan atau diadakan setiap 210 hari (6 bulan) menurut kalender Bali/kalender Saka, piodalan di pura Tanah Lot jatuh pada hari Buda Wage Langkir, 4 hari setelah Hari Raya Kuningan.Sebelumpemedek memasuki pura, mereka pertama-tama harus bersembahyang di BejiKaler, BejiKaler adalah sebuah mata air suci yang berada tepat dibawah Pura Tanah Lot.
Piodalan di Pura Tanah Lot Bali
    Sebelum mereka memasuki pura utama, mereka harus bersembahyang dan meminum dan membasuh wajah mereka dengan air yang diambil dari mata air suci BejiKaler ini dengan tujuan agar jiwa dan pikiran mereka bersih sebelum masuk dan melakukan persembahyangan di Pura Luhur Tanah Lot.Selama upacara/piodalan di Pura Tanah Lot, masyarakat Bali khususnya yang beragama Hindu akan datang untuk melakukan persembahyangan agar memperoleh keselamatan dan kesejahteraan, bahkan banyak dari mereka juga datang dari daerah lain di Indonesia. Upacara di Pura Tanah Lot dilakukan/diadakan (Nyejer) selama 3 hari.
Pemandangan Sunset dan Waktu Terbaik Mengunjungi Tanah Lot
    Tanah Lot adalah daerah tujuan wisata yang sangat terkenal di dunia, dan menjadi salah satu obyek wisata terbaik di pulau Bali serta salah satu tempat wisata favorit untuk menikmati keindahan sunset/matahari tenggelam di pulau dewata. Setiap hari objek wisata ini dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.Banyak turis/wisatawan bertanya jam berapa sunset di Tanah Lot? untuk bisa menikmati keindahan Pura Tanah Lot dengan pemandangan sunsetview yang keren, direkomendasikan mengunjungi Tanah Lot pada senja atau sore hari dengan cuaca yang cerah.Dari sekitar jam 4 sore sampai jam 7 petang/malam adalah waktu yang terbaik untuk mengunjungi Tanah Lot karena pada jam-jam itu dengan cuaca yang cerah kita bisa menikmati keindahan sunset/matahari terbenam yang spektakular.Selain itu pengunjung juga bisa berjalan-jalan dan berada dekat dengan batu karang dari areal pura pada saat air laut surut, tetapi sangat berbahaya dan tidak dianjurkan melakukan hal itu pada air laut pasang.Tempat wisata Tanah Lot juga sangat cocok dijadikan sebagai liburan keluarga, dalam kawasan ini juga terdapat fasilitas yang memadai seperti hotel, restoran, sunset teras, Tanah Lot culturalpark, toko suvenir, tempat parkir yang luas, fasilitas emergensi, fasilitas keamanan sekuriti (security), toilet, tempat bersantai dan juga pusat informasi.
D. PUSAT OLEH-OLEH 
1. Cening Bagus Bali
    Cening BagusCening Bagus berdiri pada tanggal 27 April 2009, berdiri di tanah milik desa yang berada di Jln. Raya Batu bulan 100X, Sukowati, Gianyar, Bali. Cening Bagus berdiri atas gagasan untuk mambantu pengrajin kecil di Gianyar bali. Perusahaan ini berdiri dari nol/usaha kecil, setiap dua bulan sekali Cening Bagus melakukan evaluasi untuk pengembangan selanjutnya. Dalam pendirian Cening Bagus terdapat visi dan misi cening bagus, visi dari Cening Bagus adalah “Membantu pengrajin kecil (home industri) menuju kesejahteraan”, sedangkan misi dari cening bagus adalah “Pariwisata Bali makin lama makin berkembang seiring dengan himbauan pemerintah Bali khususnya bidang pariwisata untuk ikutan dildalam memajukan pariwisata di Bali”, yang membuat Cening Bagus dapat dkembangkan seperti saat ini.Cening Bagus sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan penjualan produk oleh-oleh khas Bali. Cening Bagus juga mempunyai peranan penting dalam kebangkitan perkembangan wisata di Bali, khususnya paska ledakan bom (dikenal dengan Bom Bali I dan II) dimana Cening Bagus menjual pelayanan jasa/memandu kepada wisatawan dalam menjalajahi pariwisata di Bali. Selain itu Cening Bagus juga berperan penting dalam pengembangan industri, khususnya industri-industri kerajinan perumahan, dimana Cening Bagus merekomendasikan para wisatawan yang menggunakan jasanya untuk berkunjung kegalerinya yang berisi berbagai produk khas Bali dan luar Bali. Cening Bagus juga bekerja sama dengan pemerintah dalam upaya memajukan pariwisata di bali. 
    Bali sebagai tujuan wisata dunia, selain menawarkan banyak objek wisata alam menarik dengan berbagai macam budaya serta tradisinya yang unik, Bali juga menawarkan sejumlah tempat wisata Belanja, baik itu belanja di pasar modern dan juga pasar tradisional. Bagi wisatawan sendiri keperluan untuk belanja oleh-oleh khas Bali adalah menjadi agenda wajib dalam perjalanan tour di Bali dan salah satu tempat atau pusat oleh-oleh khas Bali adalah Cening Bagus, lokasinya sendiri sangat strategis di jalan raya utama Batubulan, Sukawati dan berikut peta atau alamat lokasi di googlemaps.Jikaanda mendengar nama Sukawati, tentunya tidak asing lagi dengan pasar seni Sukawati termasuk juga pasar Seni Guwang yang terletak di Sukawati, selain dua tempat tersebut yang menjadi tujuan wisata belanja di Sukawati, sekarang hadir juga juga pasar oleh-oleh modern yang bernama Cening Bagus, toko Cening Bagus ini adalah salah satu pusat belanja oleh-oleh khas Bali koleksi barang lengkap dan lebih murah, pasar modern yang menyediakan berbagai koleksi barang-barang kerajinan khas Bali menjadi tujuan alternatif belanja yang memberikan kenyamanan dan kemudahan.
     Pusat oleh-oleh Bali di toko Cening Bagus ini sangat lengkap, berbagai barang yang biasanya anda bisa temukan di pasar-pasar seni di Bali, maka anda bisa temukan dengan mudah di tempat ini juga, semua barang tertata dengan bagus dan dikelompokkan sehingga anda yang ingin mencari barang-barang tertentu bisa menemukannya dengan mudah, atau jika anda masih belum menemukannya, staf yang ramah akan siap membantu anda.
     Belanja di pasar modern seperti swalayan yang ditawarkan di pusat oleh-oleh Bali Cening Bagus ini, tentunya memberikan banyak kemudahan, anda tidak perlu khawatir kehujanan ataupun kepanasan, tidak perlu lagi tawar- menawar seperti jika anda berbelanja di pasar-pasar seni ataupun pasar tradisional lainnya, semua harga sudah harga pas tidak bisa ditawar lagi, anda bisa membandingkan harga yang anda dapatkan di toko Cening Bagus ini dengan harga di pasar seni, harga yang masuk akal dan lebih murah. Tetapi bagi kaum ibu yang suka tawar-menawar, maka bisa datang ke pasar seni Sukawati yang terletak berdekatan dengan toko Cening Bagus di Batubulanini.Seperti halnya toko oleh-oleh lainnya, pusat oleh-oleh khas Bali Cening Bagus menawarkan berbagai jenis kerajinan lokal bahan kerajinan anyaman, pernak-pernik, cangkir, kerajinan patung, ukiran, lukisan, kain tenun, pakaian, selimut, camilan dan berbagai jenis lainnya yang bercirikan tentang Bali. Bangunan toko dari Cening Bagus ini terdiri dari dua lantai, koleksi lengkap dan barang-barang tertata rapi, yakin membuat anda nyaman dan apa yang anda perlukan dengan keperluan oleh-oleh di Bali bisa terpenuhi.
      Pusat oleh-oleh khas Bali Cening Bagus ini lokasinya memang sangat strategis di jalan raya utama Batubulan, sehingga banyak objek wisata di Bali berada searah perjalanan, seperti anda saat mengagendakan tour ke arah Sukawati, Bali Birdpark, Bali Zoo, air terjun Tegenungan, Ubud, Kintamani, termasuk juga tour ke Celuk dan pusat pementasan tari Barong ke Batubulan, sehingga anda bisa mengatur tour dengan mudah dan berkunjung ke Cening Bagus lebih efisien waktu.
    Sarana dan fasilitas yang disediakan di pusat oleh-oleh Cening Bagus cukup lengkap, seperti sarana parkir yang luas, termasuk juga untuk parkir bus pariwisata berbadan besar, kamar mandi dan toilet, sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM), gazebo tempat supir, pemandu wisata ataupun tourguide menunggu wisatawan yang sedang belanja, termasuk sejumlah warung makanan dan minuman.
2. Jogger
    Joger, Wisata Belanja di Bali. Nyesel banget kalau berlibur ke Pulau Dewata Bali, gak mampir di Joger ini apalagi buat kamu penggila belanja. Tahu kan yang namanya Joger? Itu tuh tempat belanja di Bali yang terkenal dengan kreatifitas kata-kata yang yang unik dan menggelitik. Yupz, Joger, pabrik kata-kata yang terletak di Jalan Raya Kuta (tanpa nomor) ini memang menjadi salah satu tempat wajib yang harus dikunjungi.
    Terletak di Jalan Raya Kuta tak jauh dari Bandara Ngurah Rai, Bali, Joger selalu penuh dengan para wisatawan yang rela berdesak-desakan demi membeli oleh-oleh berupa kaos, gantungan kunci, dan apapun yang berbau Joger. Saking ramainya pengunjung, jalan di sekitar Joger selalu macet dengan tingkat kemacetan yang lumayan parah.
SEJARAH JOGER
   Joger lahir tidak langsung besar dan terkenal seperti sekarang ini. Dahulu Jogerhanyalah sebuah toko sejenis galeri yang menjual berbagai barang-barang kerajinan seni dan batik. Joger dahulu bernama "Art & Batik Shop Joger". Seiring berjalannya waktu, Joger menjelma menjadi sebuah pusat oleh-oleh di Bali yang bisa disejajarkan dengan Krisna maupun Pasar Sukowati.
Pemilik Joger
   Kata Joger sendiri diambil dari perpaduan dari nama sang pemilik yaitu Joseph Theodorus Wulianadi dengan sahabat karibnya yang bernama Mr.GerhardSeegerdimana yang huruf E-nya dibaca seperti kata "enak" atau pada kata "ekonomi".Joger didirikan pada tanggal 19 Januari 1981 dengan bantuan dana dari si sahabat bulenya yang menghibahkan uang sebesar US$ 20.000 sebagai hadiah pernikahan si pemilik Joger sekarang yaitu Joseph Theodorus Wulianadi.
BANGUNAN
    Bangunan Joger terbagi menjadi dua ruangan utama. Yaitu ruangan pertama berada di depan dan ruangan kedua yang berada di belakang. Kedua ruangan ini dipisahkan oleh sebuah kolam ikan mini di tengah-tengahnya. Pada ruangan pertama, barang yang dipajang mayoritas berupa barang-barang kerajinan khas Bali seperti ukiran. Terdapat juga barang seperti sandal, tas, gantungan kunci, hiasan meja, hiasan dinding, dan lain-lain.
Kasir Joger
    Menuju ruangan kedua, barang-barang dagangan berupa kaos, topi, jaket, celana, dan lain-lain memenuhi hampir seluruh ruang pajang. Di ruangan kedua ini, jumlah pengunjung lebih berjubel dibanding dengan ruangan pertama karena memang barang wajib yang harus dibeli disini adalah kaos Joger. Di ruangan kedua ini juga terdapat ruang khusus yang memajang barang-barang khusus anak kecil dan barang super mahal.
BELANJA DI JOGER
Sebelum memasuki Joger, pengunjung harus melewati sistem pemeriksaan yang cukup ketat. Semua barang yang kita bawa beserta badan kita diperiksa oleh petugas Joger dengan menggunakan alat Metal Detector dan mesin X-Ray (kayak masuk di bandara ya). Setelah dirasa aman, pengunjung diperbolehkan memasuki ruangan Joger.
Pintu Masuk Pemeriksaan
    Selama di dalam Joger, pengunjung akan berkali-kali diingatkan agar selalu berhati-hati dalam menjaga barang berharga yang dibawa. Ada kalimat di dalam peringatan itu yang membuatku sedikit tersenyum ".....bila terjadi kehilangan, kami hanya bisa turut prihatin" wkwkwkwkwkwk....
     Di belakang kasir terdapat pengumuman yang berisi bila pengunjung berbelanja tepat pada waktu lahir atau ulang tahun akan mendapat diskon 10 persen dengan menyertakan bukti kartu identitas yang berlaku. Jadi bila kamu ingin berbelanja di Joger, tunggu waktu ultah saja ya. Didalam sana anda akan sering mendengar slogan Joger terbaru yaitu "Belanja Tidak Belanja Tetap Thank You".
HARGA
    Harga barang di Joger relatif masih terjangkau meskipun bila dibandingkan dengan di Pasar Sukowati harganya lebih mahal. Contohnya harga kaos, di Joger kaos termurah berharga Rp 69 ribu per pc sedangkan di Pasar Sukowati harganya cuman 25 ribu perak (ya iyalah bermerek dan tidak gitu loh).
-Kaos Joger
-Sandal Raksasa
-Jam Terbalik Joger
   Untuk barang lain seperti gantungan kunci harganya berkisar dari Rp 3.500 sampai Rp 8 ribu. Untuk sandal harganya mulai Rp 11 ribu. Selain itu di Joger juga memajang (dan mungkin dijual juga) barang-barang unik yang tidak ada di tempat lain seperti sandal raksasa dan jam dinding terbalik.
PENUTUPAN TEMAN JOGER di TABANAN
     Karena animo pengunjung yang begitu banyak, beberapa waktu lalu pihak Joger membuka cabang di daerah Tabanan Bali tepatnya di Jalan Raya Luwus yang bernama Teman Joger, namun karena ada masalah, pihak Joger menutup kembali gerai tersebut pada 11 Maret 2013 lalu. Namun kabar terbaru gerai Teman Joger ini telah dibuka kembali pada 18 Agustus 2013 lalu.
Area Parkir
    Jadi bila kamu yang merencanakan akan berlibur ke Bali, kurang lengkap rasanya bila tidak mampir di Joger ini. Hanya 30 menit dari pusat Kota Denpasar untuk mengunjungi pabrik kata-kata Joger ini. Dan satu lagi, meskipun ramainya minta ampun, untuk parkir kendaraan di Joger tidak dipungut tarif sepeserpun. Selamat berbelanja....
3.  OLEH OLEH KRISNA
    Perkembangan sebuah perusahaan atau seseorang yang menjadi sukses, sering dilatar belakangi oleh kisah miris, hal-hal seperti itulah merupakan ramuan obat pahit sebagai cambuk memacu keingininan untuk selalu tegar terhadap rintangan.Kisah seperti itu terjadi juga pada perintis toko oleh-oleh khas Bali yang terkenal dengan nama Krisna. Berawal dari kisah sedihnya seseorang yang bernama Gusti Ngurah Anom saat lulus SMP, berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang bangku SMA, tapi keinginan ini harus dikubur dalam-dalam karena orang tuanya memutuskan memberhentikannya karena tidak mampu membiayainya.Dengan rasa sedih, jengah dan mangkel berkecamuk mencoba mengadu keberuntungan ke Kota Denpasar , berjalan kaki berkilo-kilometer, menahan haus dan lapar, sampai diterima sebagai pegawai bersih-bersih mobil pada  sebuah hotel di kawasan objek wisata Sanur, menjadi karyawan garment dan setelah melepaskan masa lajangnya mendirikan konveksi kecil-kecilan dan dari sinilah akhirnya memberikan ide untuk mendirikan toko oleh-oleh khas Bali bernama Krisna.
    Kisah insfiratif ini memang menarik sekali, dan sekarang ini Krisna menjadi salah satu toko oleh-oleh modern paling populer dan paling hits di Bali sebagi tujuan wisata Belanja. Toko oleh-oleh modern ini bisa menjadi tujuan belanja istimewa karena barang-barangnya lengkap dan juga lebih murah.Toko oleh-oleh ini didirikan pada tahun 2007 di Nusa Indah Denpasar berkembang dengan sangat bagus, apalagi tempatnya berdekatan dengan objek wisata taman budaya Art Centre, tempat yang sering dikunjungi wisatawan saat perjalanan tour di Bali  saat melakukan perjalanan citytour ke kota Denpasar, ditambah lagi event tahunan Pesta Kesenian Bali, digelar selama sebulan disetiap tahunnya saat liburan sekolah. Lokasi yang strategis, harga sesuai kualitas adalah aset utama bagi sebuah perusahaan.Apalagi perkembangan pariwisata setelah tragedi Bom II yang megguncang kawasan Kuta, pariwisata Bali perlahan namun pasti berangsur-angsur pulih kembali, dan seiring kesuksesannya dengan toko di jalan Nusa Indah no.77 Denpasar, beberapa cabang dibuka lagi seperti jalan Nusa Kambangan Denpasar, jalan SunsetRoad Kuta dan jalan Raya Tuban.
    Lokasi - lokasi di wilayah wisata seperti Kuta dan Tuban memang sangat-sangat strategis sehingga kiprahnya semakin eksis saja. Apalagi yang di Tuban ini terletak berdekatang dengan airport, bisa sebagai tempat persinggahan untuk belanja karena satu arah menuju bandara, yang mempunyai waktu terbatas sebelum meninggalkan Bali bisa mampir disini, apalagi bukanya 24 jam.Krisna terus berkembang mengembangkan sayapnya di bidang kuliner, transportasi dan butik. Sedangkan toko oleh-oleh ini memang menampung dan menjual berbagai hasil kerajinan lokal dari seluruh pelosok pulau dewata, berbagai pernak-pernik seperti gantungan kunci, taplak meja, perhiasan, berbagai macam mainan tradisional, lukisan, patung, pakaian, bedcover dengan motif khas Bali, pokoknya banyak dan berbagai ragam jenis, bahkan juga berbagai camilan yang tersedia dengan berbagai kemasan, bisa dipilih sesuai dengan selera.Semua tertata dengan rapi dan gampang dicari, ditawarkan dengan harga pas seperti di pasar swalayan, tidak ada negosiasi harga, namun harga memang sangat beralasan dan masuk akal alias murah, nah...ini juga menyebabkan Krisna terus berkembang dengan baik, biar keuntungan sedikit tapi dengan kwantitas yang banyak, dan terus mengembangkan usaha dengan penuh kearifan lokal.Didukung oleh karyawan ramah-tamah, wah jadi komplit dah, tapi ngomong-ngomong masalah karyawan, denger-denger sih banyak juga karyawan yang ditampung di sini dari anak-anak yang pernah putus sekolah. Mudah-mudahan mereka semua bisa mengikuti jejak pemilik perusahaan ini.
     Perjalanan tour mengunjungi tempat wisata yang direkomendasikan di pulau ini, akan lebih leluasa lagi jika anda memutuskan sewa mobil di Bali apalagi berikut supir sehingga perjalanan anda bisa lebih santai.

BAB III
PENUTUP
      Demikianlah laporan yang telah kami buat tentang kunjungan industri ke BALI materi yang kami bahas sangat sedikit hanya sebagai dasar saja bagi para pembaca agar mengetahui sedikit tentang kunjungan industry. Di harapkanpara pembaca dapat memetik manfaat dari laporan ini dan dapat menjadi motifasi hidup anda semua .Setelah pembaca laporan ini semoga para pembaca mempunyai nilai lebih untuk dapat mengetahui wisata wisata menarik di indonesia.
A. KESIMPULAN
     Dari kunjungan industry ini dan laporan ini semoga kami dapat memetik pelajaran dan hikmah yang dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan kelak kita dapat menerapkan apa yang dapat kita petik dari laporan ini maupun dari perjalanan ini.Serta apa yang kami tulis ini dapat meningkatkan pengetahuan dan motifasi bagi kita semua.
B. KESAN DAN PESAN
   Dari perjalanan dan kunjungan yang kami lakukan ini kami sangat senang sekali dan sangat bahagia,Serta kami dapat memetik pelajaran yang sangat berharga bagi hari yang akan datang. Kesan yang sangat berharga bagi kami adalah kebersamaan dengan teman-teman.
C. SARAN
- Sebelum melakukan kunjungan industri sebaiknya melakukan berbagai persiapan: misalkan pertanyaan yang kompeten, kenapa pertanyaan yang kompeten karna siswa dituntut untuk menggali informasi saat melakukan kunjungan.
-  Harus menjaga komunikasi yang baik antara pihak sekolah maupun pihak industri agar dapat menjaga citra baik dari sekolah maupun pihak industri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Laporan Kunjungan Industri Dan Study Tour Ke Bali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel