Contoh Pidato Singkat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

        Tugas sekolah kali ini akan membuat contoh teks pidato memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, bagi sobat sekolah sekalian yang sedang mencari bahan pidato tentang maulid nabi berikut saya lampirkan teks pidatonya secara singkat dan mudah di pelajari.


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
      Yang terhormat Bapak Drs. Munawir Yusuf, MSI, dan teman-temanku yang saya cintai dan saya banggakan.
      Pertama-tama yang paling utama sebelum yang kedua,marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yangtelah memberi kenikmatan  kepada kita,nikmat sehat jasmani dan rohani,sehingga kita masih bisa memiliki kekuatan untuk bisa hadir dalam majilis yang mulia ini. 
    Yang kedua tak lupa shalawat serta salam tidak lupa kita kirimkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah mengantarkan kita dari peradaban hidup yang jahiliyah menuju pada peradaban hidup yang modern, yang penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknolongi seperti yang kita rasakan pada saat ini. semoga  kita semua termasuk hambanya yang taat, yang berhak mendapatkan syafaatny di hari akhir kelak.
Para jamaah yang dirahmati Allah
       Marilah kita bersama-sama bertaqwa kepada ALLAH SWT,taqwa dalam arti menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.
     juga taqwa yang menumbuhkan kesadaran tehadap pribadi kita masing-masing dengan mengakui kebenaran-kebenaran ajaran-ajaranyang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.
      Sebagai utusan Allah, beliau adalah seorang yang terpercaya dalam segala-segalanya, baik tutur kata maupun laku perbuatannya,juga beliau adalah seorang yang terpelihara dari semua bentuk perangai jahat,keji, durhaka, dan zalim, bahkan beliau adalah seorang yang telah terjamin kebahagiaan hidupnya di hari akhir.
        dengan kata lain beliau adalah merupakan figur pribadi yang patut dan wajib kita jadikan suri tauladan.Akhlak Rasulullah SAW. yang terkenal di antaranya, pemurah tidak kikir dengan apa saja. berani, tidak pernah mundur di dalam keadaan kebenaran.Adil, tidak pernah zhali di dalam memutuskan hukum. jujur dan terpercaya sepanjang hidupnya. 
   Diantaranya akhlaq dan sifat-sifat Rasulullah SAW.yang patut diteladani dan diikuti. Allah berfirman:
لَقَدْكَانَلَكُمْفِيرَسُولِاللَّهِأُسْوَةٌحَسَنَةٌلِمَنْكَانَيَرْجُواللَّهَوَالْيَوْمَالْآخِرَوَذَكَرَاللَّهَكَثِيرًا
Artinya:
‘’Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.’’( AL Ahzab:21)
jama’ah oh jama’ah Alhamdullilah
Baca Juga : Contoh Pidato Memperingati Nuzulul Qur'an
      Ayat ini merupakan suatu penegasan bahwa Rasulullah SAW.adalah contoh yang harus kita ikuti, sebab dengan mengikuti dan mencontoh jejak dan perilaku beliau kita akan memperoleh keridhaan Allah dan Allah menjamin kebahagiaan hidup kita di hari kemudian.
Jabir bin Abdullah berkata: Rasulullah SAW.tidak pernah menjawab:’’laa’’(tidak) apabila ditanya.
    Nabi Muhammad SAW. suka mempererat anatara sahabat-sahabatnya,menghormati orang yang mulai dari tiap golongan dan mengangkatnya sebagaipemimpin golongannya.
    Juga Nabi SAW. suka memperingati manusia, agar berhati-hati menjaga diri mereka, tanpa mematikan bakat dan semangat seseorang.Rasulullah SAW. suka mencari sahabatnya kalau tidak kelihatan dan suka memberi hak kepada setiaporang yang hadir, hingga masig-masing yang hadir tidak merasa bahwa seseorang lebih mulia, karena lebih dekat dengan Rasulullah SAW.
     Siapa saja yang tunduk bersama Rasulullah atau mendekati beliau karena ada suatu keperluan, Rasulullah melayani dengan penuh kesabaran, sehingga orang itu yang berpalingdari Rasulullah. Siapa saja yang memohon kepadanya, Rasulullah mengabulkan permohonannya atau menolaknya dengan upacara yang menyenangkan, sehingga manusia merasa lega dengan budi baikdan akhlak Nabi Muhammad SAW. yang menjadi sebagai bapak mereka mempunyai hak sama  dimata Rasulullah.
Demikian kultum hari ini.saya mohon maaf apabila ada kata yang tidak berkenan dihati kalian. 
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Pidato Singkat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel