Contoh Makalah Laporan Study Tour Ke Malang Jawa Timur

     Tugas sekolah kali ini akan membuat contoh makalah laporan study tour yang biasanya dilakukan setelah kunjungan wisata ke daerah tertentu,dimana guru kita memberikan tugas membuat laporan study baik itu kelompok maupun perorangan dengan tujuan untuk memenuhi suatu pelajaran tertentu,berikut saya bagikan laporan Hasil Study Tour Di Malang yang dibuat SMP Negeri 19 Tegal semoga bermanfaat bagi kita semua :

LAPORAN STUDY TOUR KELAS VIII
WISATA DI KOTA DAN KABUPATEN  MALANG

Di susun oleh :
1. DWI GUNAWAN SAPUTRA       NIS 4465
2. MOH. FAIZ MUA’DZIM              NIS 4470
3. MOH. MAULANA FATHONI      NIS 4473
4. MUH. AFZAL R. F.                       NIS 4479
( Kelas VIII E )

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGRI 19 KOTA TEGAL
TAHUN 2019

Kata Pengantar
              Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan nikmat sehat dan rahmat  Nya. Sehingga kami dapat menyelesaikan tugas laporan Bahasa Indonesia.
         Laporan ini kami susun untuk memenuhi  tugas Bahasa Indonesia,yang kami beri judul ’’LAPORAN STUDY TOUR KE MALANG’’ Didalam laporan ini kami akan menjelaskan dan menceritakan tempat wisata yang kami kunjungi di Malang. Namun, laporan ini tidak dapat selesai tanpa ada bantuan, bimbingan, arahan, dan saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami ucapkan banyak terimakasih kepada:
1. Bapak Surip, selaku Kepala Sekolah SMP Negri 19 Tegal yang telah memberi izin kepada kami untuk berwisata ke Malang.
2. Kepada panitia Study Tour yang telah mengatur kegiatan ini sehingga berjalan dengan baik.
3. Kepada Bapak Sujanji yang telah membantu kami dalam membuat laporan ini sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini.
4. Kepada para pendamping yang telah mendampingi kami dalam Study Tour ini 
5. Teman teman yang mampu bekerja sama dalam menyusun laporan ini.
          Laporan yang kami susun ini tentu masih banyak kekuranganya. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan sarannya agar kami dapat memperbaiki laporan ini untuk lebih baik lagi.

BAB I
PENDAHULUAN
A. TUJUAN
    Tujuan kami menyusun laporan ini, selain untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia ada juga tujuan lain seperti :
1. Menambah wawasan dan pengalaman.
2. Untuk menambah ilmu pengetahuan.
3. Untuk melati kemandirian.
4. Meningkatkan keakraban antar teman.
5. Sebagai rekreasi sambil belajar.
B. WAKTU PELAKSANAAN
     Kegiatan study wisata ini dilaksanaan selama 3 hari 3 malam, yaitu pada:
Hari          : Senin s.d Rabu
Tanggal    : 4 – 6 Maret 2019
C. LOKASI WISATA.
      Lokasi wisata yang kami kunjungi adalah, sebagai berikut :
1. Masjid Tiban.
2. Museum Anatomi Tubuh.
3. Jatim Park 1.
4. Petik Apel.
D. PESERTA WISATA.
       Peserta yang mengikuti study tour yaitu, dari kelas VIII terdapat 216 anak dan 16 pendamping. Jadi, jumlah yang mengikuti study tour ke Malang adalah 232 orang.
E. PERSIAPAN WISATA
Sebelum study tour ke Malang, kami mempersiapkan barang bawaan pada hari Sabtu dan Minggu. Barang yang kami siapkan, yaitu:
1. Baju.
2. Celana.
3. Pakaian dalam.
4. Alat mandi.
5. Handuk.
6. Jaket.
7. Obat obatan
8. Hp.
9. Makanan.
10. Sepatu dan sendal.
11. Uang.
12. Charger hp.

BAB II
LAPORAN STUDY TOUR
A. PERJALANAN BERANGKAT
      Pada hari Senin tanggal 4 Maret 2019 kami berkumpul di SMP Negri 19 jam 14:00 WIB. Sebelum berangkat kami melaksanakan sholat ashar berjamaah dan berdo’a bersama di mushola. Setelah itu, kami langsung berjalan kaki menuju bus yang sudah siap. Pada pukul 16:00 WIB bus mulai berangkat dari Kota Tega menuju Kota Malang, dengan jarak tempuh sekitar 10 – 12 jam perjalanan.
     Pada pukul 20:00 WIB kami berhenti di sebuah restoran prasmanan di Semarang yang bernama “Rumah Makan Bintangan”. Setelah selesai makan kami langsung melaksanakan sholat maghrib dan isya secara jamak qashar. Pada puku 21:00 WIB kami langsung melanjutkan perjalanan menuju kota Malang.
Baca Juga : Laporan Study Tour Wisata Malang Jawa Timur
B. MASJID TIBAN
        Pada saat pukul 04:00 WIB kami sampai di Kota Malang. Kami berhenti di parkiran bus. Setelah itu, kami mandi di WC umum dan sholat subuh berjamaah di mushola terdekat. Setelah sholat shubuh kami berjalan kaki menuju Masjid Tiban yang kira-kira jaraknya kurang lebih 200 meter dan kami sarapan pagi bersama-sama di rumah makan Masjid Tiban.membangun masjid ini para kyai dan santrinya melaksanakan sholat istikhoroh agar diberi petunjuk dalam pembuatanya dan membangunnya pun tidak meminta biaya kepada masyarakat, tetapi menggunakan uang para kyai dan santrinya.
      Masjid Tiban atau Masjid Jin memiliki nama asli “Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri’asali Fadlaalir Rahmah. Berada di jalan KH. Wahid Hasyim, gang Anggur, Desa Salanrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Masjid ini dibangun oleh KH. Akhmad Bahru Mafdlaludin Shaleh AL Mahbub Rohmud Alam dengan para santrinya pada tahun 1978 bahkan sampai sekarang belum selesai. Sebelum Masjid Tiban mempunyi luas lahan 6,5 hektare dan memiliki 10 lantai.
       Pada pukul 09:00 WIB kami berjalan menuju bus dan melanjutkan perjalanan menuju Istana oleh-oleh Brawijaya.

C. BRAWI JAYA ISTANA OLEH OLEH KOTA BATU
      Pada pukul 10:30 WIB kami sampai di Brawijaya yaitu pusat oleh oleh khas Kota Batu yang teletak di jalan Diponogoro no. 86, Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Disana kami berbelanja oleh oleh serti dodol apel, kripik apel, sari apel, pakaian, dan aksesoris khas Kota Batu. Sesudah kami berbelanja kami makan siang di restoran yang ada di Brawijaya. Setelah makan kami melaksanakan shalat duhur di mushola yang telah di sediakan tempat ini. Pada pukul 13:00 WIB kami melanjutkan perjalanan ke Museum Anatomi Tubuh dan Jatim Park 1.

D. MUSEUM ANATOMI TUBUH
     Perjalanan dari Brawi jaya menuju ke Museum Anatomi Tubuh  sekitar 5-10 menit karena jaraknya cukup dekat. Museum Anatomi Tubuh berada di jalan Kartika no.2, Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa timur. Museum Anatomi Tubuh memiliki nama lain yaitu Museum Bagong atau The Bagong Adventure Museum Tubuh . Di dalam Museum Anatomi Tubuh tedapat beberapa zona yaitu : 
1. Zona otak.
2. Zona mata.
3. Zona mulut.
4. Zona gigi.
5. Zona telinga.
6. Zona hidung.
7. Zona jantung.
8. Zona pembuluh darah.
      Di museum ini kita dapat mempelajari tentang organ tubuh manusia secara detail, jelas dan mudah di pahami pahami. Pukul 14:00 kami keluar dari Museum Anatoi Tubuh dan masuk melanjutkan menuju ke Jatim Park 1.

E. JATIM PARK 1
       Pada saat kami masuk ke Jatim Park terdapat Galeri Etnik Nusantara yaitu di dalamnya ada Galeri Mobil Klasik, Sepeda Ontel, Repika Rumah Adat, Replika Pakaian Adat Nusantara, DLL. Pada kami masuk lebih dalam lagi kita memasuki Science Stadium dimana ada permainan Ilmu Replika , Biologi dan Matematik. Selnajutnya kami masuk lagi ke dalam Listory Park yaitu taman yang berisi tentang Patung Arca Candi Candi dari Nusantara. Di dalam Jatim Park 1 terdapat 3 zona :
1. Zona Edukatif
Zona ini berisi tentangilmu pengetahuan, yaitu :
Zona Sejarah.
Sciense Centre.
Taman Fisika.
Galeri Etnik.
Anjungan Jawa Timur.
Museum Uang.
Galeri Belajar
Taman Agr.
Taman Burung .
Tman Ikan.
Taman Reptil.
Baby Zoo.
2. Zona PlayGround
Di dalam zona ini terdapat wahana permainan, seperti  :
Dog race
Batery car 
Kolam renang anak
Samba balon
Motor kecil
Froggy
Dragon Coaster
Flum Ride
Ramah pipa
Arena Bermain pasir
3. Zona Adventure
Di dalam zona ini kita dapat berpetualang , wahananya sebagi berikut:
Keraton hantu
Loop Coaster
Segi ride
Spening Coaster
Fantastic Swiming pool
Water Boom
Baca Juga : laporan hasil Observasi Pasar Tradisional
F. PETIK APEL
       Sebelum ke petik apel, kami transit terlebih dahulu di Deduwa yitu tempat oleh-oleh yang terletak di Jalan Diponegoro no. 74, Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Setelah kami sampai di Deduwa, kami langsung menaiki angkot yang telah disediakan oleh biro wisata untuk melanjutkan perjalanan menuju petik apel. Ketika kami sampai di petik apel, kami diberi instruksi atau arahan sebelum petik apel. Disini kami memakan apel sepuasnya dan ternyata rasanya manis dan pohonnya pun sangat pendek, sehingga kami tinggal memetik jika ingin memakanya. Tetapi, jika kita ingin membawa pulang untuk oleh-oleh kita harus membeli dengan harga 30.000 perkilonya. Setelah kami puas makan apel, kami langsung kembali ke Deduwa menaiki angkot yang sudah siap.

G. PERJALANAN PULANG
           Pada pukul 14:00 WIB yaitu setelah makan siang dan sholat dhuhur di Deduwa kami langsung melanjutkan perjalanan pulang menuju Kota Tegal. Setelah jam 18:30 WIB kami berhenti di suatu yang berada di Ngawi untuk melaksanakan sholat maghrib dengan di qosor sholat isya. Setelah shlat kami makan malam bersama dan pada pukul 20:00 WIB kami langsung melanjukan perjalanan pulang menuju Kota Tegal. Pada pukul 00:00 WIB kami sampai di SMP Negri 19 Kota Tegal dan kami langsung pulang ke rumah masing-masing dengan dijemput oerang tua atau berjalan kaki.

BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
     Kesimpulan dari laporan yang kami buat adalah kita dapat mengetahui pendiri dan sejarah Masjid Tiban, mengetahui organ tubuh pada manusia yaitu pada Museum Anatomi Tubuh, mengetahui adat istiadat masyarakat Indonesia dan dapat bermain di wahana permainan yaitu pada saat kami berada di Jatim Park 1. Kami dapat merasakan rasa apel malang dan dengan kami ber Study Tour ini kami dapat menambah pengetahuan tentang ilmu pengetahuan iptek.
1. KESAN MENARIK
Kesan menrik yang dialami kami selama kegiatan Study Tour ini yaitu :
Salah satu teman kami jatuh terpleset di kamar mandi saat di pom bensin.
Salah satu temn kami terjedot tv di dalam bus.
Pada saat kami makan malam salah satu teman kami lauk ayamnya jatuh.
2. MANFAAT WISATA
Manfaat yang kami dapat dari kegiatan Study Tour ini adalah :
Menambah pengalaman.
Menambah keakraban sesame teman.
Menambah pengetahuan tentang Ilmu Biologi dan Fisika.
Mengetahui lokasi wisata yang ada di Kota Malang.
Menambah pengetahuan tentang adat istiadat yang ada di Nusanatara.
Menambah pengetahuan tentang bagian tubuh pada manusia.
Mengetahui oleh oleh khas Kota Malang.
Mengetahui tata cara sholat Jamak dan Qhosor.
3. HAMBATAN
Hambatan yang kami alami selama kegiatan Study Tour ini adalah :
Pada saat perjalanan berangakat, salah satu bus yang kami naiki bannya bocor.
Salah satu teman kami ada yang sakit.
Pada saat di Jatim Park 1 kami kehujanan.

B. SARAN.
Setelah kami Study Tour ke Malang kami member saran kapada pembaca yaitu :
1. Jika kita berada di tempat wisata jangan membuang sampah sembarangan karena dapat merusak tempat wisata tersebut.
2. Harus sopan jika berbicara dengan orang baru.
3. Pada saat berwisata jangan lupakan sholat 5 waktu.
     Demikian laporan yang bisa kami buat guna untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Laporan yang kami buat ini tentu masih banyak kekurangan. Oleh karena itu kami mohon maaf jika ada salah ketik kami mohon maaf sebesar-besarnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Makalah Laporan Study Tour Ke Malang Jawa Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel