Contoh naskah Drama 6 orang perempuan

      Tugas sekolah kali ini akan membagikan materi contoh naskah drama untuk 6 orang,sebelum ke topik utama mari kita cari tahu dulu apa itu naskah drama. Naskah drama merupakan seni sastra yang menggambarkan kehidupan manusia yang di peragakan oleh beberapa orang melalui tingkah laku atau akting yaitu berupa percakapan/dialog dalam bentuk tulisan yang harus dihafal oleh pemain sebelum dipentaskan.Berikut contoh naskah dram untuk 6 orang dengan tema persaudaraan :

Bermain Peran
“Cinderela dan Kotak ajaib”
Pengarang : Athiya Laela
1. Ibu dan Dalang : Amalia Uci Rahayu/01
2. Cika : Athiya Laela/03
3. Mbok : Faizatun Septiani Wardana/05 
4. Laras : Intan Nurila Isnaini/10
5. MbakIgla: Ismatul Rizqiana/12
6. Cinderela : Putri chayatun Nisa/21

Naskah Drama
     Pada suatu hari di kota Jakarta, tinggalah anak berumur 13 tahun yang bernama Cinderella. Cinderella sering dipanggil oleh Ibunya dengan sebutan Lela. Cinderella hidup bertiga bersama Ibunya dan Mbok. Ibunya adalah seorang direktur perusahaan. Perusahaan nya hampir menduduki perusahaan no 1 di dunia. Tapi,bagi Cinderella semua nya tidak berarti,karena Cinderella tidak dapat melihat wajah ayahnya dari kecil hingga kini. Ayah Cinderella kecelakaan saat Cinderella lahir. itu alasannya kenapa sampai sekarang cinderella tidak dapat melihat ayahnya dan tinggal bersama ayahnya. Pada suatu hari Ibu cinderella membawa 2 perempuan. 

Ibu : "lela...lela...(memanggil cinderela)"
Lela : "iya iya kenapa bu?"
Ibu : "oh iya lela,ini kenalin Cika dan Laras. Merekaakan menjadi saudara sekaligus teman baik kamu di rumah"
Lela : "Saudara?teman?(Bingung)"
Ibu : "iyaaah.oh ya cika,laras. Mulai sekarang kamu panggil saya ibu yaa”
Cika dan laras : “ baik bu”
Ibu : “ya udah ayo kenalan"
Cika : "panggil aja cika (Menjabat tangan lela)"
Lela : "Cinderela panggil aja lela"
Laras : "panggil aja laras (menjabat tangan lela)"
Lela : "(mengangguk)"
Ibu : "Mbokkk"
Mbok : "(menjulurkan tangannya)"
Cika : "Si mbok kan?(sambil menjulurkan tangannya)"
Mbok : "Kokom"

Cika : "Hah?baskom"
Mbok : "Mamat(menjabat tangan laras)"
Laras : "hah?tomat"
Cika : "siapa si nama sebenarnya?"
Mbok : "Kokom maymunah bin syaifudin mamat"
Cika : "panggilannya?"
Mbok : "embokk"
Cika dan laras : "(memutar bola matanya malas)"
Mbok : "(Tertawa Kecil)"
Ibu : "Ayo kita masuk ke dalam"
Cika : "Ayo ras"
Laras : "Ayooo"
Ibu : "ayo kita masuk nak,mbok"
Mbok : "baik nyonya"

     Akhirnya mereka masuk ke Rumahnya yang mewah dan megah. Di dalam rumah mereka bercanda tawa,tetapi tidak dengan Lela yang hanya murung dan memilih tidur di kamarnya sendiri. Keesokan harinya Ibu sakit dan tidak dapat pergi ke kantor. 

Ibu : "Lelaaaaa(terbaring di tempat tidur)"
Lela :"iya buuu"
Ibu :"Rasanya ibu tidak kuat lagi lela"
Lela :"ibu gak boleh begitu bu"
Ibu : "Oya cika,laras. Kalau ibu sudah tidakada,tolong jaga adik mu ini...Akhhhh...akhhh(mengerang kesakitan dan denyut jantungnya tiba2 hilang)"
Cika dan Laras : "baik bu"
Lela : "Ibuuuuuuuuuuuuu"
Mbok : "Sudah non jangan menangis terus,kalau non masih menangis kapan jenazahnya Akan dimandikan?"
Lela : "tapi mbok,lela udah kehilangan ayah dan sekarang ibu mbok"
Mbok : "udah non udah. Sekarang non istirahat saja dulu,jenazah ibu akan segera dimandikan”
Lela : "baik mbokk"
Baca Juga : Contoh Naskah Drama Tema Kesehatan
    Setelah jenazah di makamkan. Hari-hari cinderela kini sudah tidak sebahagia dulu. Sejak kematian ayah dan ibunya,Lela merasa sangat sedih dan kini mbok sudah tidak bekerja di Rumahnya lagi karena ulah kedua kakak tirinya. Lela merasa tersiksa oleh kedua kakaknya. Lela selalu diperlakukan seperti pembantu di rumahnya. Hingga pada suatu hari datanglah seseorang.

Mbak igla : "tok..tok..tok..(mengetok pintu)"
Cika dan laras : "(Membuka pintu)"
Mbak Igla : "Permitifff"
Cika : "Permisiiiiii!!!"
Mbak igla : "Eh iya maksud saya begitu. Permisi,saya igla mantan sekretaris dari perusahaan mamanya cinderela. Saya ditugaskan oleh ibu nya cinderela untuk memberikan ini sebelum beliau meninggal. Saya harap anda dan Cinderella akan datang ke perlombaan ini. Perlombaan ini semuanya gratis dan ada hadiahnya. Badut wai Cinderelanya mana ya? (memberikan sebuah kertas undangan)"
Laras : " Btw itu baduwai!bukan badut wai! 
Mbak igla : "iya maksud saya seperti itu. hm..mbakk,kalian ini siapanya cinderela ya?"
Cika : "kakaknya(masih membaca)"
Mbak igla : "hah?nemu dimana. Kok yang satu kopi yang satu susu (melihat ke laras dengan tatapan meremehkan)"
Laras : "eh kamu ngledek saya!"
Mbak igla  : "ah engga engga...mangapp"
Laras : "Maaf!!!!"
Cika : "udah udah. Akyu emang cantik tapi ga usah rebutan gitu. Norak tau ga!"
Laras : "siapa yang ngrebutin kaka!"
Cika : "Udah udah. Mbak ini acaranya kapan ya?"
Mbak igla : "kamis malam jum'at bada' isya"
Cika : "Mbak maaf itu sekalian dapet berkat ya!(sambil tertawa)"
Mbak Igla: "Emangnya slametan"
Cika : "lagian mbaknya bikin acara malam jum'at terus habis isya lagi"
Mbak Igla: "saya hanya ditugaskan dan saya harus pergi sekarang.permitiff"
Cika dan laras : "Permisi!!!!!!"
Cika : "Laras??? Kita harus tampil cantik oke?"
Laras : "oke kakkk"
Cika : "ya udah yuk"
Baca Juga : Naskah Drama Dalam Bahasa Inggris
    Setelah itu Laras dan Cika tidur untuk mempersiapkan acara untuk besok. Keesokan harinya cika dan laras siap menghadiri acara tersebut. Mereka berdua memakai kostum ala Bad nya atau bisa di bilang kostum yang mirip dengan laki-laki dan tidak anggun sama sekali. Mereka berdua akan pergi bersama tanpa mengajak cinderella. 

Cika : "aduhhhh...kalo gini mah. Akyu bakalan menang"
Laras : "eh ko kaka doang sih.aku juga"
Cika : "lagian aku sama kamu kan cantikan aku"
Laras : "ihhh kaka itu ya emang nyebelin!"
Lela : "wah syantik sekali kalian.mau kemana?(sambil memegang sapu)
Cika : "oh ya jelas dong. Secara akyu kan mantan model"
Lela : "model apaan ka?"
Laras : "model iklan contoh obeng,model iklan contoh paku payung, model iklan contoh tempe mendoan,model iklan contoh rempeyek rengginang"
Cika : "oh good! semua produk matrial dan makanan tradisional memakai muka cikaa. Bangga ngga ntuh?"
Lela : "heheh iya bangga. Kalian mau kemana?"
Cika : "jonggol. Ya mau lomba fashion show lah"
Lela : "wahhh aku boleh ikut ngga"
Cika : "hahhh?coba ulangin satyu kali lagih"
Lela : "aku boleh ikut ngga?"
Cika : "mau ikut ras mau ikut. Satu kata???"
Cika dan laras : "hahh!"
Lela : "(menutup hidungnya)"
Cika : "mau ikut mau ikut. Hellowww?ini itu buat cewe-cewe syantik dan manjah.Emang kamu syantik dan manjah?"
Laras :"emangnya kamu punya baju?(lanjut laras)”
Lela : "baju yang kak cika dan kak laras pakai kan baju aku. Jadi,masih banyak dong baju-baju bagus di lemari"
Cika : "Hellow!now weh!baju kamu itu sudah menjadi baju kami berdua!jadi jangan syoba syoba sentuh baju itu!mengerti?
Lela : "tapi kak?"
Cika : "tidak ada tapih,emangnya rok nenek nenek"
Laras : "itu tapih kak bukan tapii"
Cika : "ya udah sama aja sih. Ya udah ayo berangkat"
Cika dan laras : "kibas kanan kibas kiri,syantik,syantik(lalu berjalan meninggalkan lela)"
Lela : "aku ingin sekali pergi bersama mereka,tapi aku tidak punya sepatu yang bagusss(tiba-tiba ada kotak)
Lela: "Wahh dari siapa ini?bagus sekali(Membuka kotak yang berisi sepatu yang sangat bagus)"
Lela : "aku pakai saja lah. Aku kan memang ga punya sepatu"

   Setelah berdandan cinderela pergi menuju acara tersebut. Cinderela awalnya bingung dimana acara nya tersebut,namun tidak sengaja cinderela menemukan undangan dan pergi menuju tempat yang tertera di undangan tersebut.

Lela : "wawww...acaranya mewah sekali"
Laras : "eh kak,itu bukannya si cinderela ya?"
Cika : "masa sih?kok cantik gitu"
Laras : "yah makannya aku juga heran ka"
Cika : "udah lahhh jangan di liatin"
Laras : "iya iya iya"

   Sudah 1 jam berlalu,akhirnya acara ini selesai dan dimenangkan oleh cinderela. Cinderela pun mendapatkan hadiah uang 10 juta beserta piagam.

Cika dan laras : "lelaaaa"
Lela : "iya kak"
Cika dan laras : "kami mau minta maaf sama kamu karena terlalu jahat sama kamu. Maafin kami yah lela..hiks..hikss(menangis dan memeluk lela)"
Lela : "iya gak papa kak,ini semua pasti ada hikmahnya kok.. ya udah sekarang kita bersenang senang saja"
Cika dan laras : "hm..iya terima kasih lela(saling berpelukan)”

    Akhirnya mereka bertiga tinggal bersama tanpa ada kebencian satu sama lain.Pesan yang dapat kita ambil adalah sebagai saudara kita tidak boleh membenci satu sama lain,karena Kebencian hanya mendatangkan keburukan-keburukan yang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh naskah Drama 6 orang perempuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel