Contoh Kumpulan Resensi Literasi Buku Novel

     Malam Teman - teman sekolah yang saya cintai,kali ini saya mau mambagikan artikel contoh resensi literasi dalam sebuah buku novel barangkali suatu saat berguna bagi teman sekolah yang sedang mencari sebuah literasi sebuah novel,berikut saya kasih contoh beberapa rensensi buku novel yang telah saya rangkum sebagai berikut :

1. BUKU NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN


INDENTITAS BUKU

Judul : Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
Pengarang Tere Liye
Penerbit :  Pt Gramedia Pustaka Utama
Kota Dan Tahun Terbit : Jakarta,2018
Cetakan : Ketiga Puluh Lima
Tebal Halaman : 256

Sinopsis
Tania dan dede adalah saudara yang tinggal bersama ibunya dalam kesederhanaan kemudian mereka bertemu dengan danar, seorang karyawan dan juga penulis buku anak – anak. Danar begitu baik dan membantu keluarga Tania.
Suatu ketika ibu Tania sakit – sakitan, ternyata ibunya menderita kanker stadium 4 dan meninggal dunia. Lalu Tania dan Dede hidup bersama Danar dirumahnya. Mereka hidup bahagia. Sebelumnya Tania telah mengikuti tes beasiswa luar negri di singapura, dia tinggal di asrama. Dia menjadi anak yang berprestasi setelah SMP dia juga melanjutkan ke SMA.
Ternyata Tania dan Dede menyimpan rasa, namun Danar sadar bahwa Tania terlalu muda untuk dirinya. Terus ia mencari wanita lain yang bernama Ratna dan menikahinya. Namun kehidupannya mereka kurang bahagia dan Ratna menceritakan kejadian itu kepada Tania. Lalu Tania menanyakan hal itu pada Danar mengakui kalau dia suka pada Tania. Namun Tania sadar bahwa Danar telah menikah dan istrinya telah mengandung 4 bulan. Tania meminta Danar untuk kembali pada istrinya sedangkan Tania kembali ke Singapura dan sepertinya tidak akan kembali.
Baca Juga : Contoh Teks Singkat Narasi Deskripsi Eksposisi Argumentasi Dan Persuasi
2. BUKU NOVEL “ HENDRICK ”


IDENTITAS BUKU

Judul : Hendrick
Pengarang : Resa Saraswati
Penerbit : Bukune
Kota Diterbitkan : Jakarta Selatan
Edisi : Cetakan Ke Empat, Agustus 2017
Jumlah Halaman : 246 Halaman
Tebal Buku : 1,6 Cm
Tampilan Cover : Warna Dominan Hijau

Sinopsis
Menceritakan tentang kisah hidup anak yang bernama Hendrick. Ia merupakan anak dari pasangan Jeremy Konnings dan Nina Konnings, awal mula hidup mereka sangat bahagia. Hingga pada saat ayah Hendrick tiada, hidup Hendrick berubah 180 derajat.
Ibunya yang dulu sangat menyayanginya kini depresi berat dan menyalahkan Hendrick atas kematian suaminya. Ia lupa bahwa Hendrick adalah putranya, ia mengira bahwa Hendrick adalah orang yang menginap di rumahnya.
Suatu hari Hendrick mengalami sakit parah, penyakit Hendrick tidak dapat diketahui oleh siapapun. Saat sakit ia hanya ditemani oleh nyonya Rosemary, Hand dan Helena. Saat ia sakit, ia terus – terusan memanggil nama ibunya. Namun, ibunya acuh tak acuh terhadapnya. Ketika Hendrick sudah sangat lemah kondisinya, ibunya baru sadar dan langsung pergi ke rumah sakit tempat Hendrick dirawat. Setelah mereka berdua bertemu, Hendrick pun tiada. Ibunya kembali depresi dan mengakhiri hidupnya setelah Hendrick tiada, walaupun keluarganya dari prancis dan Netherland belum datang.

3. BUKU NOVEL KUKEJAR CINTA KE NEGERI CINA


Identitas Buku:

Judul: Kukejar Cinta Ke Negeri Cina
Pengarang/Penulis: Ninit Yunita
Penerbit: Enter Media
Dari Kota: Jakarta
Tahun Penerbit: 2014
Cetakan: Pertama
Tebal Halaman: 252
Sinopsis:
Ridwan Imam Fadli mahasiswa abadi yang dipanggil imam, namanya sangat islami tapi nyaris tidak melakukan kewajiban sebagai muslim.Kekasihnya Widya adik kelasnya, sudah selesai kuliah dan kerja.Mereka berpacaran 4 tahun, Widya mulai tidak sabaran karena Imam belum juga lulus, sebaliknya Imam kecewa karena Widya harus berpakaian kantor yang seksi.
Ketika Imam menemani sahabatnya Billy ke Kelenteng Sam Po Khong, dia berkenalan dengan CHen Jia Li, wanita muslim dari Tiongkok yang berlibur ke tempat leluhurnya sebelum berkhitbah dengan Ma Fu Hsien, pemilik Padepokan  Wing Chun dan Pesantren di Beijing.Imam terpesona dengan keramahan dan keanggunan Chen Jia Li yang berhijab.
Kenyamanan yang dirasa Imam membuatnya betah bersama Chen Jia Li.Chen Jia Li tidak pernah memaksa, menyuruh bahkan bertanya ketika Imam tidak sholat.Baginya, Imam tidak perlu diingatkan ibadahnya, semua itu harus dari dirinya sendiri.
Imam memilih putus dengan Widya dan siap menyatakan cintanya ke Chen Jia Li.Terlambat, Chen Jia Li sudah kembali ke Tiongkok .Widya minta maaf dan berjanji memperbaiki sikapnya.Tapi Imam malah menyusul Chen Jia Li ke Tiongkok bersama Billy.
Sesampai di Beijing Imam bertekad melamar Chen Jia Li.Namun, Imam kecewa mengetahui Chen Jia Li sedang khitbah dengan Ma Fu Hsien.Imam tidak menyerah, dia mengikuti saran sahabatnya untuk meminta Chen Jia Li dari tunanganya.Chen Jia Li bimbang, dia menyukai Imam tapi tidak ada alasan untuk tidak menerima Ma Fu Hsien.Widya yang masih mencintai Imam, dia pergi menyusul Imam ke Beijing dengan merubah penampilannya menggunakan hijab.Widya yang sudah bertemu dengan Imam, mengungkapkan ingin kembali bersamanya.Imam yang masih memiliki rasa pada Widya, akhirnya mau menerima Widya kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Kumpulan Resensi Literasi Buku Novel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel