Bagian bagian struktur bunga dan fungsinya

     Bunga merupakan bagian dari tumbuhan suatu tunas yang berbentuk,warna dan susunanya menyesuaikan kepentingan tumbuhan.bunga juga memiliki 2 alat kelamin/reproduksi yaitu putik dan benang sari,terbentuknya bunga di pengaruhi oleh faktor internal yaitu hormon dan faktor eksternal yaitu musim,dan makanan. Dan berikut pengertian bagian – bagian bunga dan fungsinya :

( Bagian-Bagian Bunga Dan Fungsinya ) 
Mahkota Bunga
     Mahkota bunga atau tajuk bunga adalah hiasan pada bunga yang terletak di sebelah dalam kelopak. Umumnya mahkota ini berukuran lebih besar dari pada kelopak dan mempunyai warna indah serta menarik dan mempunyai bau yang harum atau sedap. Warna yang indah dan baunya yang harum inilah yang merupakan daya tarik bagi serangga atau binatang lain seperi burung dan kelelawar untuk mendatangi bunga.

Kelopak Bunga
     Kelopak bunga merupakan bagian terluar dari bunga. kelopak bunga mempunyai fungsi untuk melindungi bunga pada waktu bunga masih muda yang berbentuk kuncup bunga. Kelopak biasanya berwarna hijau seperti daun, tetapi ada juga yang berwarna selain hijau sehingga tampak seperti mahkota bunga. Kelopak yang berwarna ini sering kita temui pada bunga bougenvil.

Dasar Bunga
     Dasar bunga ( receptacle ) merupakan bagian ujung bunga untuk melekatkan dan bertumpunya mahkota bunga. Fungsi umum bunga merupakan tempat bertumpunya atau letak mahkota bunga.

Tangkai Bunga
     Tangkai bungan ( pedicellus ) merupakan bagian bunga yang terletak pada bagian bawah bunga yang merupakan pendukung terakhir dari cabang bunga. Fungsi tangkai bunga merupakan penghubung antara bunga dengan ranting dan tangkai bunga juga berfungsi sebagai penopang bunga.

Bakal biji
    Bakal biji (ovulum) mempunyai fungsi sebagai tempat terjadinya proses pembentukkan biji untuk kemudian menghasilkan biji yang matang.

Kepala sari
     Kepala sari (anthera) mempunyai fungsi sebagai tempat melekatnya serbuk sari (polen)
Benang Sari
     Benang sari untuk tumbuhan ialah alat kelamin jantan, seperti halnya dengan bagian-bagian bunga, benang sari pun bersal dari  hasil metamorfosis daun yang bentuk dan fungsinya telah disesuaikan menjadi alat kelamin jantan. Jadi fungsi benang sari merupakan sebagai alat kelamin jantan pada bunga ( alat perkembangbiakan ).
     Bukti nyata benang sari ialah hasil metamorfosis daun yaitu terlihat sangat jelas pada bunga jenis tumbuhan tertentu, seperti pada bunga tasbih ( Canna indica ). Pada bunga tasbih tajuk bunganya biasa saja tetapi yang kelihatan indah dan menarik ialah benang sarinya yang bersifat seperti tajuk bunga.
       Benang sari diartikan menjadi tiga bagian yaitu tangkai sari ( filamentum ) kepala sari ( antera ) dan penghubung ruang sari ( conektivum ). Tangkai sari merupakan bagian yang berbentuk benang dengan penampang melintang yang biasanya berbentuk bulat, sedangkan kepala sari merupakan bagian benang sari yang terletak pada ujung tangkai sari.
   
Kepala putik
     Kepala putik (stigma) ialah sebagai tempat melekat dan masuknya polen yang berasal dari kepala sari untuk kemudian dialirkan ke bagian ovarium/inti telur melalui tabung serbuk sari

Tangkai Putik
       Tangkai Putik (stilus) ialah sebagai tempat untuk penyangga kepala putik agar tetap tegak berdiri pada posisi biasanya. Tangkai putik mempunyai saluran rongga atau saluran tabuk sari yaitu untuk berjalanya polen yang bersal dari kepala sari yang akan diteruskan menuju inti ovarium untuk menjadi pembuahan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagian bagian struktur bunga dan fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel