Macam Macam Alat Hitung Dan penjelasanya

      Dari segi kebutuhan alat hitung merupakan alat yang sangat dibutuhkan manusia baik pada jaman dahulu maupun jaman sekarang.keberadaan alat hitung memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia yang berguna untuk menunjang aktivitas sehari – hari dalam membantu dan menyelesaikan tugasnya.Berikut penjelasan beberapa macam alat hitung dan penemunya :

ABACUS (SEMPOA)
     Dalam bahasa Inggris, sempoa dikenal dengan nama abacus. Penggunaan kata abacus sudah dimulai sejak tahun 1387, meminjam kata dalam bahasa Latin abakos yang berasal dari kata abax yang dalam bahasa Yunani berarti “tabel perhitungan.” Dalam bahasa Yunani, kata abax juga berarti tabel untuk menggambar bentuk-bentuk geometris di atas debu atau pasir. Ahli linguistik berspekulasi bahwa kata abax berasal dari kata ābāq yang dalam bahasa Ibrani yang berarti “debu.” Pendapat lain mengatakan abacus berasal dari kata abak yang dalam keluarga bahasa Fenisia berarti “pasir.”
     Asal-usul sempoa sulit dilacak karena alat hitung yang mirip-mirip sempoa banyak dikenal di berbagai kebudayaan di dunia. Konon sempoa sudah ada di Babilonia dan di Tiongkok sekitar tahun 2400 SM dan 300 SM. Alat ini dianggap sebagai awal mula mesin komputasi yang muncul pada 5000 tahun yang lalu, dan merupakan alat perhitungan kuno yang digunakan oleh bangsa Romawi kuno dan Yunani kuno. Abacus pada masa ini di pakai oleh para pedagang untuk menghitung transaksi perdagangan, dan abacus hingga kini masih digunakan di Cina serta beberapa negara di Asia, seiring dengan munculnya pensil dan kertas.

NAPIER’S BONES (TULANG-TULANG NAPIER)
      John Napier (1550 – 1617) adalah penemu logaritma di tahun 1594 yang ditulis dalam sebuah buku di tahun 1614. Napier berasal dari Scotlandia yang mengubah bentuk perkalian yang dirasakan membosaknkan ke bentuk penjumlahan. Ia membuat tongkat-tongkat dari tulang dank arena bentuknya yang memanjang dan menerupai tulang untuk perkalian sehingga dikenal dengan Napier’s Bone (Tulang-tulang Napier).
Baca Juga : Macam - Macam Alat Ukur dan Penjelasanya
MISTAR GESER
    Alat ini merupakan pengembangan dari Tulang Napier yang sudah ada, dengan dilengkapi hasil operasi perhitungan perkalian dan pembagian dengan penambahan dan pengurangan. adalah William Oughtred (1514 – 1660), seorang ahli matematika Inggris yang menemukan lambang :
• ”X” untuk perkalian.
• ”:” untuk perbandingan.
    Oughtred mengenalkan lambang ”X” dalam bukunya yang berjudul “clavis mathematicae”. William Oughtred juga menuliskan 150 lambang matematika. Serta menciptakan Mistar Geser di tahun 1622.

KALKULATOR RODA NUMERIK
      Blaise Pascal (1623 – 1662), seorang ahli matematika dari Perancis, yang pada waktu itu berumur 18 tahun telah menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator). pada awalnya benda buatan Pascal ini sengaja ia buat untuk membantu ayahnya dengan berbagai perhitungan yang diperlukan dalam pekerjaannya sebagai inspektur pajak.
     Mesin ini kemudian diberi nama “Arithmatique” atau “Pascaline”. Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Mesin buatan Pascal ini merupakan salah satu mesin pertama di dunia yang menambahkan mekanik didalamnya. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan saja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam Macam Alat Hitung Dan penjelasanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel