Laporan Study Tour Wisata Malang Jawa Timur

       Membuat laporan bagi siswa sekolah biasanya dilakukan setelah kunjungan wisata ke daerah tertentu,dimana guru kita memberikan tugas membuat laporan study baik itu kelompok maupun perorangan dengan tujuan untuk memenuhi suatu pelajaran tertentu,berikut saya bagikan laporan Hasil Study Tour Di Malang yang dibuat SMP 1 Dukuhturi Tegal semoga bermanfaat bagi kita semua :

LAPORAN HASIL STUDY TOUR 
SMPN 1 DUKUHTURI


( Contoh Gambar lambang SMP 1 Dukuhturi Tegal )

NAMA KELOMPOK
1.    ABDILLAH RIZQI        ( 01 )
2.    ACHMAD SUBKHAN  ( 02 )
3.    HASIM ASYARI            ( 18 )
4.    TOPAN ARDIAN           ( 30 )

SMPN 1 DUKUHTURI

KATA PENGANTAR

Segal Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan inayahnya,sehingga kami dapat menyelesaikan Hasil Laporan Study Karya Ilmiah di Malang .
Dengan tersusunnya laporan ini semua berkat kerja sama antar teman-teman serta tak lepas dari bimbingan Bapak atau ibu guru dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya pembuatan laporan ini .
Kami menyadari bahwa meskipun kami telah bekerja secara maksimal,namun masih banyak yang perlu diperbaiki,untuk iti kami mengharapkan saran dan kritik Bapak/kbu guru
Serta semua pembaca demk perbaikan laporan ini sangat kami butuhkan.
Kemudian kepada semua pihak yang telah membantu di dalam penynsunan laporan ini kami mengucapkan banyak terima kasih.
Tegal, Desember 2018



                                                                                                      Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Laporan Study tour / karya wisata adalah salah satu kegiatan suatu sekolah yang tidak wajib. Dengan adanya karya wisata kita dapat mengerti perkembangan wisata secara nyata, dan dapat pula mengembangkan daya pikir atau imajinasi kita. Kegiatan tersebut merupakan program yang telah dibimbing dan dapat digolongkaan dalam ekstrakurikuler sekolah. Kegiatan ini juga dilakukan agar dapat menyusun karya tulis. Sehingga dengan adanya wisata selain akan menambah wawasan, juga dapat dijadikan kegiatan refreshing / penyegaran.

B.     TUJUAN PENULISAN

1)      Memperkaya wawasan para siswa terhadap lingkungan.
2)      Peserta dapat mengetahui pengetahuan tentang sejarah suatu tempat.
3)      Peserta dapat mengetahui manfaat telah dibangunnya suatu tempat.
4)      Memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengadakan pengamatan.

C.    TEMPAT KUNJUNGAN STUDY TOUR

1)      Jawa Timur Park 2
2)      Museum Angkut
3)      Batu Paradise Resort Hotel
4)      Batu Night Spectaculer (BNS)
5)      Armatim
6)      Suramadu

D.    ALASAN MEMILIH TEMPAT KUNJUNGAN

1)      Daerah yang strategis, sehingga mudah dijangkau.
2)      Untuk mengetahui informasi secara mendetail tentang lokasi tersebut.

E.     PESERTA KEGIATAN STUDY TOUR

Peserta pelaksanaan Study Tour (karya wisata) tahun pelajaran 2018/2019 dari SMP N 1 DUKUHTURI ke Malang diikuti oleh hampir seluruh siswa kelas VIII beserta guru pendamping disetiap busnya.
1)      Jatim Park 2
Jatim Park II adalah sebuah wahana wisata baru di Kota Batu, kebanyakan orang mengira Jatim Park II berada di Kota Lamongan. Di Kota Lamongan bukanlah Jatim Park II melainkan WBL Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian diantaranya adalah volcano dan galeri nusantara yang juga terdapat tanaman argo, diorama binatang langka dan miniatur candi – candi.
Jatim Park 2 atau yang biasa di sebuat Museum Satwa (Secret Zoo ) merupakan sebuah wahana wisata baru di kota Batu. Kebanyakan orang mengira Jatim Park 2 berada di kota Lamongan. Di kota Lamongan bukanlah jatim park 2, melainkan WBL (Wisata Bahari Lamongan). Jatim Park 2  atau yang biasa disebut Museum Satwa (Secret Zoo ) sendiri berada di kota Batu, berdiri di atas lahan seluas lebih kurang 14 Hektar. Museum satwa yang berada di lokasi Jatim Park 2 kota Batu, lebih tepatnya berada di Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu.
Di Jawa Timur Park 2 ini terdapat 2 objek wisata yang terpisah namun tetap dalam satu area yakni Museum Satwa dan Secret Zoo. Kedua tempat tersebut selain menyajikan nuansa rekreasi yang seru dan menarik juga memberikan pembelajaran modern tentang satwa kepada para wisatawan yang berkunjung. Namun yang menjadikan kedua tempat ini (Secret Zoo dan Museum Satwa) berbeda adalah sarana dan fasilitas di dalamnya. Jika Museum Satwa menyajikan satwa-satwa awetan dan fosil-fosil hewan purba dari berbagai Negara lain lagi dengan Secret Zoo yang menyajikan beragam satwa-satwa hidup dari berbagai penjuru Dunia.
Baca Juga : Laporan Hasil Observasi Pasar Tradisional
2)      Museum Angkut

Museum Angkut merupakan sebuah tempat wisata baru yang memiliki konsep unik. Dibuka pada tanggal 9 Maret 2014, Museum Angkut menjadi tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi. Museum ini dibangun sebagai tanda apresiasi untuk perkembangan dunia transportasi nusantara dan dunia. Maka tak mengherankan jika di sini Anda bisa menyaksikan berbagai koleksi moda transportasi mulai dari yang masih menggunakan tenaga binatang sampai tenaga listrik.

Letak Museum Angkut secara administratif berada di kecamatan Batu, Kab malang, Jawa TImu. lebih tepatnya di Jl. Terusan Sultan Agung Atas no. 2 Kota Wisata Batu, malang,  Jawa Timur.  Lokasinya musem angkut ini tidak berada jauh dari wiata jajim park 1. Untuk menuju kesana sangat lah mudah, kita tinggal mengikuti petunjuk arah dari pusat kota malang menuju ke wisata jatim park 1.
Setelah berada  di  Jawa Timur Park 1, kita hanya tinggal melanjutkan jalan lurus saja, nah di ujung jalan itu adalah lokasi musem angkut. Jika kalian masih bingung juga, Kalian bisa menggunakan GPS di ponsel pintar. Musem angkut berada di titik koordinat -7.877655, 112.518969

Fasilitas di musem angkut batu malang sangat lengkap. Dari restaurant sampai penginapan sudah tersedia. di dalam musem ataupun di sekitar musem. Apalagi lokasinya berdekatan dengan wisata jatim park 1 , 2 dan BNS (Batu Night Spectacular).
Museum angkut batu malang membagi areanya dalam beberapa zona. Setiap zona dirancangdan didesain sesuai dengan kotaa atau negara asaldari alat-alat transportasi tersebut berasal. Pihak pengelola mengharapkan dengan desain seperti ini pengunjung benar-benar merasakan keadaan sebenarnya.

3)      Batu Paradise Resort Hotel
Batu Paradise Resort Hotel merupakan salah satu hotel modern minimalis yang terletak di Kota WisataBatu tepatnya di Jalan Diponegoro 6 Batu – Malang. Hotel yang berdiri sejak tahun 2010 ini menjamin kepuasan pelanggan sebagai prioritas utamanya mulai dari untuk sarana liburan, perjalanan bisnis, serta konferensi untuk berbagai acara dan event.

Karena lokasinya yang strategis yakni  satu lokasi dengan Batu Paradise Factory Outlet membuat hotel bintang 3 ini dilirik banyak wisatawan sebagai tempat peristirahatan yang cocok di pusat perkotaan. 
Hotel Batu Paradise juga menghadirkan berbagai fasilitas dan pelayanan untuk memperkaya penginapan Anda selama menginap disanayakni diantaranya bar, coffee shop, restoran, ruang keluarga, kolam renang, taman, wi-fi di tempat-tempat umum, laundry/dry cleaning, jasa transfer bandara/hotel serta tempat parkir mobil yang luas dan beberapa fasilitas lainnya. Batu Paradise Resort Hotel menawarkan berbagai macam tingkatan kamar yang terbagi dalam beberapa tipe diantaranya Junior Suite Room, Superior Suite Room, Deluxe Suite Room, Executive Suite Room, Super Executive Suite Room dan Royal Suite Room. Semua kamar tersebut sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas kenyamanan seperti ruang duduk, shower, internet wireless, televisi, meja tulis dan sarana pelayanan lainnya sesuai dengan tipe kamar yang dipilih. Hotel Batu Paradise Malangdapat menjadi destinasi penginapan yang cocok untuk Anda ketika memilih akomodasi hotel berkualitas di kawasan Kota Wisata Batu.
4)      Batu Night Spectaculer (Bns)

Batu Night Spectacular adalah sebuah wahana wisata terbaru dari Kota Batu. Malam hari anda bisa menikmati suguhan wisata paling spektakuler di Jawa Timur di Batu Night Spectacular (BNS). Obyek wisata yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga anda. Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya seperti galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. Di obyek wisata ini anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain.

Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam. Selain berbagai wahana menarik, keunikan BNS juga didukung letaknya yang sangat strategis di dataran tinggi. Dari obyek wisata mala mini anda bisa menikmati pemandangan alam Kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di kawasan Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana kongkow anda di beberapa kafe yang tersedia disana. Batu Night Spectacular ( BNS ) juga menyiapkan beberapa wahana yang unik yang rugi kalau dilewatkan seperti lampion garden, galeri hantu, cinema empat dimensi, sirkuit go kart terpanjang, layar sepanjang 50 meter di area food court, dan air mancur menar

Usai menikmati beragam wahana yang disediakan di areal seluas 3 ribu meter persegi ini, silahkan anda menuju night market. Arealnya tak hanya sekedar menjajakan beragam kebutuhan dan oleh-oleh khas. Tetapi, juga berbagai kebutuhan lainnya. Di ujung night market, ada ratusan kursi berjajar yang disediakan bagi pengunjung di areal food court. Ada banyak pilihan menu minuman maupun makanan di area ini. Tinggal pilih minuman dingin atau panas. Begitu halnya makanan. Banyak menu yang bisa dipilih sesuai selera.
5)      Patung Raksasa Berseragam Tentara
Pergi berwisata ke Surabaya, Jawa Timur para pelancong sebenarnya bisa melihat-lihat patung raksasa yang sekaligus berfungsi sebagai monumen.
Patung raksasa yang dinamai Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) itu terletak di kawasan Komando Armada Timur (Armatim) TNI AL  yang bisa dikunjungi dengan cara minta ijin kepada petugas jaga.

Patung raksasa  berseragam lengkap  pakaian dinas upacara perwira TNI AL  itu memiliki tinggi 29 meter dan dibuat dari bahan kuningan bekas longsong peluru meriam kapal perang.
Pembuat  patungnya adalah seniman terkenal, Nyoman Nuarta. Selain berfungsi sebagai patung yang jadi kebanggaan personel Armatim dan monumen, patung itu juga berfungsi sebagai mercusuar bagi kapal-kapal perang TNI AL yang akan berlabuh ke pangkalannya.
Sebagai  monumen di dalam bangunan yang berfungsi sebagai penyangga patung terdapat semacam museum yang menampilkan benda-benda bersejaah TNI AL.
Benda-benda itu mulai dari miniatur kapal perang, miniatur pesawat terbang milik Penerbal, berbagai seragam TNI AL yang pernah digunakan, diorama sejarah, toko cendera mata dan lainnya.
Patung yang penempatannya di lokasi strategis itu diresmikan pada bulan Desember 1996 dan telah menjadi tujuan wisata potensial dan pernah mendapat penghargaan The Most Favorite Destination Award 2012.
Dari lantai atap bangunan  yang menyangga patung para pelancong selain bisa melihat pemandangan kota  Surabaya dan Jembatan Suramadu juga bisa menyaksikan jajaran beragam kapal perang TNI AL yang sedang bersandar.

6)      Jembatan Suramadu

Selain pemandangan, asal usul dan sejarah tempat wisata Jembatan Suramadu Surabaya juga sering membuat orang penasaran. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membahasnya sekilas di sini.
Destinasi ini pertama kali dibangun di zaman pemerintahan Presiden Megawati tahun 2003 lalu. Proses pembangunan Jembatan Suramadu Surabaya memakan waktu 6 tahun dan baru selesai saat Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai presiden.
Pembangunannya dilakukan dari tiga sisi secara bersamaan, yakni Surabaya, Madura, dan dari bentang tengah. Diperkirakan ada 650.000 ton beton dan 50.000 ton besi baja yang digunakan sebagai bahan. Total biayanya sendiri mencapai Rp4,5 triliun.
Mahal ya kelihatannya? Akan tetapi, jembatan ini sangat penting karena diharapkan bisa mempercepat pembangunan di Pulau Madura. Masyarakatnya pun jadi lebih mudah menyeberang. Dari yang awalnya harus menempuh 30 menit perjalanan dengan kapal feri, sekarang hanya butuh sekitar 10 menit saja.
Apalagi, tak hanya mempermudah kehidupan masyarakat setempat, pada akhirnya jembatan ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Dengan panjang mencapai 5.438 m, Jembatan Suramadu Surabaya memecahkan rekor sebagai jembatan terpanjang di negeri kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Laporan Study Tour Wisata Malang Jawa Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel