LAPORAN HASIL PENELITIAN PEMANASAN GLOBAL

    Tugas sekolah kali ini akan membagikan laporan hasil penelitian pemanasan global yang dibuat oleh anak –anak  SMA Negeri 5 Kota Tegal dengan tujuan saling berbagi informasi dan saling berbagi wawasan serta bisa berguna atau bermanfaat untuk kita semua.Berikut penjelasan dari laporan hasil penelitian pemanasan global:
(Ilustrasi Pemanasan Global )
TUGAS KELOMPOK GEOGRAFI KELAS 10 MIA 2
“PEMANASAN GLOBAL AKIBAT CAMPUR TANGAN MANUSIA”
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
( Gambar Logo SMA 5 Tegal )
PENYUSUN             : GHINA SALSABILA
                                   : RAHMALIA NUR SAFITRI
                                   : RIZKI RESTIANA AZAM
                                   : RIZKY AMALIA
                                   : TRI SANGGA HARI ROSA
INSTRUKTUR         : IBU IPIT LAELASARI S.Pd
ALAMAT                  : JL KALI KEMIRI II,MARGADANA,KOTA TEGAL.

SMA NEGERI 5 KOTA TEGAL                 
                                                                                                                                               
KATA PENGANTAR
     Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,kami panjatkan puji syukur atas kehadirat Nya yang telah melimpahkan rahnat serta hidayahNya kepada kami,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang pemanasan global untuk para pembaca.
    Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami ucapkan banyak termakasih kepada para pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah ini.
     Kami pun menyadari bhwa masih banyak kekurangan dalam pembuatan makalah ini,baik dari segi penyusunan dan kalimat yang kami gunakan. Oleh karena itu kami sangat berterima kasih apabila para pembaca mengirimkan saran atau kritik kepada hasil makalah kami agar kami dapat memperbaiki makalah kami menjadi lebih baik lagi. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca dan para pihak yang terlibat.

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
    Akhir-akhir inimuncul berbagai pemberitaan melalui media massa,baik cetak maupun elektronik tentang peristiwa alam yang sering terjadi. Peristiwa alam itu terjadi hampir diseluruh wilayah Indonesia,mulai dari badai topan,air laut pasang yang menyebabkan wilayah sekitar pesisir mengalami banjir,angin puting beliung yang merobohkan rumah warga,dan masih banyak lagi yang lainnya yang menyebabkan banyk orang merasa resah. Oleh karena itu,pemerintah menyebutnya sebaai bncana nasional dan juga merupakan bencana internasional,karena peristiwa terebut yidak hanya terjadi di Indonesia saja melainkan diseluruh dunia. Peristiwa-peristiwa alam tersebut diyakini sebagai dampak dari adanya pemnaan global yang mngakibatkan perubahan iklim dunia.
B. RUMUSAN MASALAH
     Dari latar belakang masalah diatas,dapat dirumuskn beberapa masalah antara lain:
1.Apakah penyebab dari pemanasan global yang sering terjadi di permukaan bumi?
2.Apakah dampak dari pemanasan global bagi kehidupan dibumi?
3.Bagaimana cara mengurangi pemanasan global di muka bumi ini?
C. TUJUAN
  Makalah ini disusun dengan tujuan sebagai berikut:
1.      Mengungkap hal-hal yang menyebabkan pemnasan global dimuka bumu.
1.      Mengungkap dampak negatif akibat pemanasn global bagi kehidupan di bumi
2.      Memaparkan cara-cara untuk mengurangi terjadinya pemanasan global dimuka bumi.
D. MANFAAT
   Manfaat dari pembuatan makalah ini bagi pembaca untuk mengetahui dan memahami penyeab terjadinyapemanasan global,dampak negatif yang ditimbulkan bagi kehidupan dibumi serta hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi terjadinya pemanasan global dimuka bumi.

BAB II
PEMBAHASAN
1.PENYEBAB UTAMA TERJADINYA PEMANASAN GLOBAL
A.Pemanasan Global
     Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer. Pemanasan globsl akan diikuti dengan perubahan iklim,seperti meningkatnya curah hujan dibeberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan dibelahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan oleh kenaikan suhu.
    Intergovermental Panel on Climate Change (IRCC) menyimpulkan bahwa sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik,termasuk semua akademi sains nasional dan negara-negara G8. Akan tetapi masih terdapat beberapa ilmuan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan IPCC terrsebut.
     Ada beberapa yang masih diragukan oleh para ilmuan yakni mengenai jumlah pemanasan global yang diperkirakan akan terjadi di masa depan,dan bagaimana pemanasan serta perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari suatu saerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih sering terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikan pemanasan lebih lanjut atau untuk.4beradaptasi terhadap konsekuensi-konsekuensi yang ada. Sebagian besar pemerintah negara didunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyotoyang mengarah pada pengurangan emisi gas gas rumah kaca.
    Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanasn global yang berakibat pada perubahan iklim disebabkan oleh aktifitas manusia,terutama yang berhubungan dengan penggunaan bahan bakar fosil serta kegiatan lain yang berhubungan dengan hutan,pertanian,dan peternakan. Aktifitas manusia tersebut secara langsung atau tidak langsung menyebabkan perubahan komposisi alami atmosfer,yaitu meningkatnya jumlah gas rumah kaca secara global.
Baca Juga : Laporan Hasil Penelitian Rekayasa Antisipasi Banjir
B. Efek Rumah Kaca
      Efek rumah kaca dapat divisualisasikan sebagai sebuah proses. Rumah kaca adalah analogi atas bumi yang dikelilingi oleh gas kaca, yakni selimut gas pada atmosfer. Panas matahari yang masuk dengan menembus gelas kaca tersebut berupa radiasi gelombang pendek. Sebagian diserap oleh bumi dan sisanya dipantulkan kembali ke angkasa sebagai radiasi gelombang panjang. Namun panas yang seharusnya dapat dipantulkan kembali ke angkasa menyentuh permukaan gelas dan terperangkap dalam bumi. Layaknya proses dalam rumah kaca di pertanian dan perkebunan. Gelas kaca memang berfungsi sebagai penahan panas untuk menghangatkan rumah kaca. Masalah timbul ketika aktivitas manusia menyebabkan konsentrasi selimut gas di atmosfer sehingga melebihi konsentrasi yangseharusnya. Dengan demikian panas matahari tidak dapat dipantulkan ke angkasa dan semakin lama semakin meningkat.
     Efek rumah kaca terjadi secara alami karena memungkinkan berlangsungnya kehidupan semua makhluk dibumi. Tanpa adanya gas rumah kaca, suhu permukaan bumi akan 33 derajat celcius lebih dingin. Sejak awal industrialisasi, pada abad ke 17 konsentrasi gas rumah kaca meningkan drastis. Diperkirakan tahun 1880 temperatus bumi meningkat 0,5-0,6 derajat  celcius akibat emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari aktifitas manusia.
     Gas yang termasuk ke dalam kelompok gas rumah kaca adalah karbondioksida CO2, metana CH4, dinitrooksida N20, hidrofluorokarbon HFC dan lain lain. Jenis gas rumah kaca yang memberikan sumbangan terbesar bagi emisi gas rumah kaca adalah karbondioksida,metana, dan dinitrooksida. Sebagian besar gas tersebut dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil( minyak bumi dan batu bara) disektor energi dan transportasi , penggundulan hutan dan pertanian.
Emisi karbondioksida dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil pada sektor industri dan transportasi. Sumber utama penghasil emisi karbondioksida secara global ada 2 macam.
~ pembangkit listrik bertenaga batu bara
~ pembakaran kendaraan bermotor
   Dalam hal ini penghasil emisi terbesar adalam Amerika serikat, Jepang, Kanada, Jerman,dan Inggris. Sedangkan negara penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar adalah Amerika serikat. Amerika serikat merupakan penyumbang 720 ton gas rumah kaca setara karbondioksida.

2. DAMPAK TERJADINYA PEMANASAN GLOBAL BAGI KEHIDUPANMAKHLUK DI BUMI.
    Efek rumah kaca menyebabkan terjadinya akumulasi panas (energi) di atmosfer bumi. Dengan adanya akumulasi yang berlebihan tersebut, iklim global melakukan penyesuaian. Penyesuaian yang dimaksud adalah dengan meningkatnya temperatur bumi yang kemudian disebut dengan pemanasan global. Pemanasan global akan berdampak dengan adanya perubahan iklim global.

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
    Pemanasan global telah menjadi permasalahan yang menjadi sorotan utama umat manusia. Fenomena ini bukan lain diakibatkan oleh perbuatan manusia sendiri dan dampaknya diderita oleh manusia juga. Untuk mengatasi pemanasan global diperlukan usaha yang sangat keras karena hampir mustahil untuk diselesaikan saat ini. Pemanasan global memang sulit diatasi, namun kita bisa mengurangi efeknya. Penanggulangan hal ini adalah kesadaran kita terhadap kehidupan bumi dimasa depan. Apabila kitatelah menanankan kecintaan terhadap bumi ini makapemanasan global hanyalah sejarah kelam yang pernah menimpa bumi ini.
B.SARAN
     Kehidupan ini berawal dari kehidupan di bumi jauh sebelum makhluk hidup ada. Maka dari itu untuk menjaga dan melestarikan bumi ini harus beberapa dekade kah kita memikirkannya. Sampai pada satu sisi dimana bumi kita telah menua dan memohon agar kita menjaga serta melestarikannya. Marilah kita bergotong royong untuk menyelamatkan bumi kita yang telah memberikan kehidupan yang sempurna ini. Stop global warming.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LAPORAN HASIL PENELITIAN PEMANASAN GLOBAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel