Jenis-jenis Pembayaran Non Tunai Dan Tunai Beserta Penjelasanya

     Tugas sekolah kali ini akan membahas jenis alat pembayaran dalam kehidupan zaman modern ini.secara umum alat pembayaran ada 2 jenis yaitu pembayaran tunai dan pembayaran non tunai.masing – masing alat pembayaran tersebut mempunyai kelebihan dan kekurang sendiri – sendiri serta memiliki jenis-jenis yang bermacam – macam.Berikut penjelasan mengenai alat pembayaran tunai dan non tunai

Pembayaran Tunai
      Secara umum alat pembayaran tunai merupakan alat yang digunakan untuk membeli barang atau jasa yang berupa uang secara tunai yang dibayar langsung karena uang merupakan alat yang digunakan pada zaman sekarang jadi wajar saja dalam transaksi jual beli tunai uang menjadi yang utama.Kelebihan pembayaran tunai kita tahu persis barang yang akan dibeli dan transaksi langsung ke penjual.kekurangan pembayaran tunai kita jadi repot karena harus membawa uang apalagi kalau uang itu dalam jumlah banyak.

Pembayaran non tunai
      Alat pembayaran non tunai merupakan alat yang digunakan untuk membeli barang atau jasa yang berupa uang yang tidak dibayar secara langsung.kelebihan pembayaran non tunai kita tidak perlu repot membawa uang.kekurangan pembayaran non tunai sering terjadi penipuan karna sistem pembayaran tidak secara langsung ke pembeli.
Alat pembayaran non tunai secara umum dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Alat  Pembayaran berbasis Elektronik ( Electronic Based )
       Alat  pembayaran berbasis Elektronik merupakan alat yang sering digunakan dalam pembayaran atau transaksi non tunai karena menggunakan kartu atau sistem eletronik.
Jenis – jenis alat  pembayaran berbasis Elektronik :
a. Kartu kredit
     Kartu kredit merupakan kartu berbahan plastik yang dikeluarkan oleh pihak bank untuk yang telah memenuhi syarat berguna untuk membeli barang –barang yang diinginkan secara hutang.
b. Kartu ATM/Debit
     Kartu debit merupakan kartu elektronik yang di terbitkan oleh suatu bank.yang bertujuan untuk melakukan pembayaran dan pengambilan uang di mesin ATM. Kartu ini mengacu pada saldo tabungan nasabah di bank penerbit tertentu.
c. Kartu prabayar (prepaid)
     Sama halnya kartu kredit dan debit , kartu prabayar juga bisa untuk melakukan pembelian tanpa uang tunai atau cek. namun tidak seperti kartu kredit anda tidak bisa berhutang dahulu. dan tidak juga seperti kartu debit yang tergantung pada rekening bank karena kartu prabayar tidak tergantung dengan rekening bank manapun.Kartu prabayar biasanya memiliki saldo nol sampai Anda menambah uang ke dalamnya.
d. Uang elektronik (e-money)
     Uang elektronik merupakan alat elektronik yang digunakan untuk pembayaran dengan nilai atau dana yang sudah disetorkan terlebih dahulu.biasanya transaksi ini melibatkan pengguna jaringan komputer.
Baca Juga : Pengertian Kurs beli,jual,valuta asing,inflasi dan deflasi
2. Alat  Pembayaran Berbasis kertas ( Paper Based ) 
     Alat  Pembayaran Berbasis kertas atau sering disebut juga Warkat ialah surat berharga yang dikeluakan oleh suatu bank sebagai instrumen penarikan dana nasabah yang memiliki fasilitas Rekening Giro/Rekening Koran.
Jenis – jenis alat  Pembayaran Berbasis kertas
a. Cek
    Cek merupakan surat perintah tertulis dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro yang berguna untuk membayar kepada orang yang disebutkan berdasarkan nominal yang ditulis.
b. Bilyet Giro
    Bilyet giro merupakan surat perintah dari seseorang nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro, untuk memindahbukukan sejumlah dana dari pemilik rekening atau rekening yang bersangkutan ke rekening penerima.
c. Nota Debet
      Nota debit merupakan surat bukti untuk menagih bank lain atau nasabah lain melalui kliring. Arti nota debit ialah mendebit (mengurangi) utang usaha pembeli yang harus dilunasi segera mungkin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-jenis Pembayaran Non Tunai Dan Tunai Beserta Penjelasanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel