Laporan Prakerin Flashing Bios Best Service Center

     Tugas sekolah kali ini akan membagikan tugas laporan praktek kerja industri atau prakerin yang dilakukan dan dibuat oleh  siswi di daerah kota tegal yang dilaksanakan di BEST SERVICE.tujuan di bagikanya contoh laporan ini untuk saling berbagi informasi dan dapat berguna untuk kita semua :

BAB I    
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
1.    Secara Umum
     PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.
     Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.
    Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada di dunia usaha atau dunia industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan di dunia usaha atau dunia industri.
   Prakerin memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari. melalui prakerin siswa diharapkan mampu memahami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan dan mental.
    Beberapa peraturan dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) beserta keputusan dari Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri (Prakerin) tersebut ada dibawah ini, yaitu sebagai berikut :
1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang.
2. Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
3. Peraturan pemernitah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam Sekolah dan Pendidikan diluar Sekolah.
5. Didalam lampiran keputusan MENDIKBUD tentang kurikulum 1994 SMKTA yaitu dalam dokumen landasan, program dan pembangunan kurikulum 1994 SMKTA, disebutkan bahwa peningkatan mutu dan relevasi Pendidikan Menengah Kejuruan diarahkan untuk mengembangkan suatu sistem yang utuh dan mantap sehingga terdapat kesinambungan antara dunia Pendidikan dan Dunia Kerja.
2.    Secara Khusus
      Tujuan khusus dari program Praktek Kerja Industri ialah agar penulis memperoleh pengalaman yang sesuai dengan keterampilan, menambah wawasan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang jaringan & komputer, mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di sekolah untuk dipergunakan di dunia kerja dan memahami kegiatan yang dilakukan di dunia usaha maupun industri.

B.  TUJUAN
1.    Secara Umum
a. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan pekerjaan.
b. Memperkokoh link dan match (kesesuaian dan kesepadanan) antara SMK dan dunia kerja.
c.  Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
d.  Untuk mencapai Visi dan Misi SMK Negeri 1 Adiwerna.
2.    Secara Khusus
Tujuan dibuatnya laporan ini :
a.  Mengetahui tentang IC BIOS yang mengalami troubleshooting pada notebook hp mini 110.
b. Memahami cara penyelesaian dari troubleshooting IC BIOS yang tidak dapat memunculkan tampilan pada layar.

BAB II
TINJAUAN PERUSAHAAN
A.  Sejarah Perusahaan
            Awal berdirinya Best service pada tahun 2001, Best Service didirikan oleh Pak Teguh sebagai pemilik toko. Namun pada tahun 2001 toko ini hanya menyediakan jasa berbaikan dan peralatan elektronik saja. Dan pada tahun 2003 Best Service mulai menyediakan jasa perbaikan komputer, perawatan komputer, serta menjual peralatan komputer.
Pada tahun 2006 Best service telah berkembang hingga membuka 2 cabang. Cabang yang pertama terdapat di Jl. Imam Bonjol No.12 Slawi, sedangkan Best yang satunya lagi ada di Jl. Moh Yamin. Namun pada tahun yang bersamaan Best Service membuka sebuah warnet tetapi sangat disayangkan warnet tersebut tidak dapat bertahan lama setelah 3 bulan lamanya warnet tersebut harus ditutup.
Dan pada awal tahun 2008, Best berubah nama menjadi Best Service Computer karena pada tahun 2008 Best Service Computer hanya melayani pengadaan, perawatan dan perbaikan perangkat IT, dan sampai sekarang Best Service Computer hanya menangani masalah IT saja.

B.  Visi dan Misi Perusahaan
1.      Visi :
Menjadi perusahaan solusi IT terbaik dan membuka peluang kerja bagi masyarakat.
2.      Misi :
a.       Memberikan service dan produk IT yang berkualitas.
b.      Menjadikan SDM yang kreatif dan bermanfaat bagi sesama.
c.       Memberikan kepuasan kepada konsumen atas jasa yang ditawarkan.

C.  Tujuan Perusahaan
    Tujuan perusahaan ialah memberikan solusi untuk masalah IT baik hardware maupun software. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan dapat juga mengembangkannya, dengan usaha ini pengalaman dan wawasan si pengusaha dapat bertambah, dan membantu masayarakat agar tertarik untuk mengikuti perkembangan teknologi.

BAB III
LANDASAN TEORI
A. Pengertian Flashing
    Flash atau flashing merupakan langkah untuk mengupgrade atau memperbarui suatu sistem operasi yang sudah lama digunakan. Selain sistem operasi yang sudah lama, persoalan lain yang memungkinkan melakukan flash ini adalah pada salah satu komponen sistem operasi mengalami korup yang tidak memungkinkan laptop, notebook, atau handphone menjalankan sistem operasi seperti seharusnya.

B. Pengenalan BIOS  
   BIOS sendiri merupakan singkatan dari Basic Input Output System yang merupakan sumber informasi dalam suatu software dalam komputer yang ditulis dalam bahasa assembly yang mengatur fungsi dasar hardware (perangkat keras) pada komputer. BIOS tertanam didalam chip sebuah memory (ROM ataupun Flash Memory yang berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor-CMOS)  yang ada terdapat pada mainboard. Pada sebuah baterai yang biasa kita sebut dengan baterai CMOS yang mempunyai fungsi untuk menjaga agar waktu atau tanggal dan setingan lainnya yang sebelumnya telah kita set pada BIOS tidak hilang atau akan kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan yang fungsinya akan terus berjalan layaknya sebuah jam.
C. Fungsi BIOS
Fungsi utama dari BIOS yaitu
•  Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras dalam proses yang disebut dengan POST (Power On Self Test).
•   Memuat dan menjalankan sistem operasi.
•  Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer seperti tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja serta kestabilan komputer.
• Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Service.
•  BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

D. Komponen-Komponen pada BIOS
Beberapa komponen yang terdapat pada BIOS :
1.      Program BIOS Setup
    Program ini berfungsi untuk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe harddisk, disk drive, manajemen daya, kinerja komputer, dan lain-lain sesuai keinginan user. Umumnya BIOS menyebunyikan detail-detail perangkat yang bisa dibilang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung untuk itu dibutuhkan sedikit keahlian jika kita ingin mengetahui lebih dalam detail-detail perangkat tersebut.
2.      Driver
    Fungsi dari driver ini ditunjukkan untuk perangkat-perangkat keras computer seperti VGA, input device, processor, dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16 bit yang merupakan keluarga dari DOS.
3.      Program Bootstraper Utama
    Program ini yang yang berperan dalam proses booting ke dalam sistem operasi yang telah terpasang.

E. IC BIOS
    IC (Integrated Circuit) adalah nama lain dari chip. IC adalah piranti elektronik yang dibuat dari material semikonduktor. IC atau chip merupakan cikal bakal dari sebuah komputer dan segala jenis device yang memakai teknologi micro-controller lainnya. IC BIOS merupakan BIOS yang tertanam dalam sebuah chip memori (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor-CMOS) yang terdapat pada motherboard. IC BIOS mendapatkan suply daya dari sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan setingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.

F. Troubleshooting BIOS
-   Hati-hati dalam update BIOS, ketika meng-update anda keliru memilih versi BIOS, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
Solusi : Biasanya update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan posisi jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah direstore, kembalikan posisi jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik posisinya.
-   CPU mengeluarkan suara beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.
Solusi : Bunyi beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, biasanya kesalahan pada memori yang tidak terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, processor bahkan kabel data monitor pun bisa jadi penyebabnya. Silahkan anda periksa masalah tersebut.
-   Menambah perangkat hardware baru, tetapi tidak terdeteksi oleh BIOS.
Solusi : Kemungkinan besar bios anda sudah kuno sehingga tidak dapat mendeteksi hardware yang baru, maka segera update BIOS anda.
-   Jam dan setting tanggal BIOS selalu berubah-ubah.
Solusi : Baterai CMOS sudah tidak berfungsi (mati), ganti dengan baterai yang baru

G. Spesifikasi Notebook HP MINI 110
    Notebook hp mini 110 ini dibekali dengan Processor Intel Atom N550 berkecepatan 1.5GHz yang sangat cukup jika hanya digunakan untuk keperluan sehari-hari saja, seperti browsing, mengerjakan tugas, nonton film, dll. Agar menunjang semua aktifitas yang ada pada notebook ini juga disediakan RAM sebesar 1GB yang berguna menambah kinerja notebook ini. Juga dibekali dengan media tempat penyimpanan yang sangat cukup untuk menyimpan berbagai macam file-file.
    Dari segi desain notebook hp mini 110 ini juga mempunyai ukuran layar sebesar 10.1 inch dan resolusi 1024x600 yang sangat menarik perhatian lantaran bentuknya yang imut dan kecil, agar menunjang kualitas HD layar notebook ini juga disediakan Graphics Processor Intel GMA3150 yang menambah ketajaman dan kejernihan tampilan notebook ini. Juga fasilitas yang disediakan notebook ini cukup lengkap seperti Web camera, Bluetooth, USB2.0 tentunya sangat membantu dalam aktifitas sehari-hari.
Spesifikasi hp mini 110
•       Processor Intel Atom N550
•       Kecepatan Processor 1.5Ghz
•       Ukuran Memory 1GB DDR3
•       Ukuran Hard Drive 250GB 5400rpm
•       Graphics Processor Intel GMA3150 
•       Ukuran Layar 10.1 inch
•       Resolusi 1024x600
•       Tipe Wireless LAN IEEE802.11b/g/n
•       Lainnya/Koneksi Nikrabel
      Web camera 
•       Bluetooth,Lan, Wifi
       USB2.0
•       Dimensi (WxHxD) 191x 22.8~32x 268 
•       Berat 1.4kg
•       Operating System Free DOS

BAB IV
ISI LAPORAN
A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
   Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Industri yang dilakukan penulis dilaksanakan pada :
            Tanggal : 2 Juli 2018 s/d 29 September 2018
            Waktu   : 3 Bulan / 13 Minggu / 563 Jam
            Tempat : Best Service Center
            Alamat  : Jl. Imam Bonjol No. 12, Slawi.

B.  Alat dan Bahan
Berikut merupakan alat dan bahan yang digunakan saat mengatasi  :
1.      Alat
Alat yang digunakan untuk mengatasi troubleshooting BIOS pada notebook HP mini 110 adalah :
a.  Komputer atau Laptop
   Komputer atau Laptop digunakan sebagai media untuk flash BIOS yang di dalamnya sudah ada software flash BIOS yang akan digunakan.
b.  Solder
   Fungsi solder disini digunakan untuk memasang IC BIOS yang sudah selesai diflash untuk dipasang ke motherboard.
c.  Blower Uap
    Blower uap dalam melakukan perbaikan (repair) peralatan elektronik maka solder uap atau blower ini berfungsi untuk mencabut serta memasang ulang kembali spart part komponen elektronik. Pada troubleshooting kali ini blower uap digunakan untuk mencabut IC BIOS.
d. Penjepit
  Seperti namanya alat ini digunakan untuk menjepit atau mengambil IC BIOS pada motherboard yang sudah dilepas menggunakan blower uap.
e. Alat Flash BIOS
   Alat flash BIOS yang bernama USB-Highspeed programmer EZP2013 merupakan alat yang berfungsi untuk mereparasi (flash) berbagai macam memori, menghapus dan flash ulang IC.
f. Obeng
  Obeng pada project ini digunakan untuk membuka atau melepas dan memasang baut pada motherboard.
2.      Bahan
a.  Motherboard
  Motherboard ini digunakan sebagai tempat untuk memasang beberapa komponen dasar pada motherboard seperti IC BIOS, dll.
b. IC BIOS
   Digunakan sebagai bahan utama pada project kali ini. IC BIOS merupakan chipset BIOS yang memuat berbagai macam konfigurasi dasar BIOS.
c. Software Flash BIOS
   Software flash BIOS merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk program mereparasi (flash) BIOS pada computer atau laptop.
d. Pasta Flux
  Pasta flux merupakan pasta yang digunakan untuk membantu melelehkan timah pada proses pensolderan dan melindungi komponen dari panas yang berlebih dari solder. Pada project kali ini, pasta flux digunakan untuk membantu melepas IC BIOS pada motherboard dengan blower uap.
e. Tinol
   Tinol berfungsi sebagai bahan yang digunakan untuk menyambungkan antara dua bahan komponen pada proses pensolderan yaitu komponen elektronikan dengan papan pcb atau motherboard.
f. Software Flash BIOS
   Software ini digunakan sebagai bahan untuk melakukan konfigurasi-konfgurasi untuk melakukan flashing pada IC BIOS.

BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
     Berdasarkan pengalaman selama melaksanakan Praktek Kerja Industri (prakerin) di Best Service Center selama tiga bulan, maka penulis dapat menarik kesimpulan antara lain :
-  Dapat mengetahui tentang IC BIOS yang mengalami troubleshooting pada notebook hp mini 110.
-  Dapat memahami cara penyelesaian dari troubleshooting IC BIOS yang tidak dapat memunculkan tampilan pada layar.  

B. Saran-saran
1.      Untuk Sekolah
1)   Perlu ditingkatkannya praktek-praktek di sekolah.
2)   Tidak membiarkan kelas siswa dalam keadaan kosong. Dalam hal ini adalah tidak ada kejelasan dari guru yang mengampuh mata pelajaran tersebut sehingga kegiatan jam belajar menjadi sia-sia.
3)    Melengkapi sarana dan prasarana Sekolah (berkaitan dengan kebutuhan paket keahlian Teknik Komputer Jaringan).
4)    Selalu memberikan bimbingan dan motivasi bagi siswa-siswi dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri.
2.      Untuk Siswa
1)    Mengusahakan agar segera mencari tempat Prakerin.
2)    Persiapkan fisik, materi, dan mental dengan baik sebelum Prakerin agar selama kegiatan Prakerin dapat berlangsung dengan lancar.
3)    Menjaga nama baik Sekolah selama kegiatan Prakerin berlangsung.
4)    Patuhi tata tertib dari pihak Perusahaan dan Sekolah.
5)    Jadikan Prakerin ini sebagai pengalaman yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Laporan Prakerin Flashing Bios Best Service Center"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel