Makalah Dinamika Penduduk Thailand

       Negara Thailand ialah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara yang sudah menjadi salah satu pusat budaya dan ekonomi di kawasan asia tenggara.berikut ulasan tentang dinamika penduduk negara Thailand secara singkat :
BAB I
PENDAHULUAN
     Negara Thailand merupakan salah satu pusat budaya dan ekonomi terkemuka di Asia Tenggara. Thailand memiliki luas 510.000 kilometer atau seukuran dengan negara Perancis. Di sebelah barat dan utara, Thailand berbatasan dengan Myanmar, di timur laut dengan Laos, di timur dengan Kamboja, sedangkan di selatan dengan Malaysia (Peta)
      Thailand juga dikenal sebagai Sukothai. Pada awalnya dikenal sebagai wilayah Buddhis agama dan wilayah itu dibagi menjadi beberapa kerajaan seperti Lanna, Lan Chang, dan Sukhothai. Tidak ada keraguan bahwa Thailand modern yang muncul dari asal geografis-politik yang kompleks dengan Bangkok sebagai modal dan Raja Rama, besar, pertama diciptakan Chakri dinasti. Selama periode ini sejarah Thailand mendapat nama Modernitas awal atau Pencerahan oleh beberapa sejarawan.

BAB II
PEMBAHASAAN
1.      Jumlah Dan Sebaran Penduduk
    Penduduk negara Thailand pada tahun 2002 mencapai angka 62.354.402 jiwa,sedangkan pada tahun 2008 mencapai 65.493.298 jiwa.ini berarti pertambahan penduduk mencpai 31.388.96 jiwa dalam kurun waktu 6 tahun dengan lanju pertumbuhan hingga 1.64%
Sebaran penduduk thailanf
1.      Suku bangsa siam atau thai jumlahnya 75 %
2.      Cina 14 %
3.      Melayu 3%
4.      Khmer,Hmonu dan karen 8 %
2.      Komposisi penduduk
a)      Berdasarkan usia
Usia 0-14 tahun : 22 % ( laki-laki 7.284.068/perempuan 6.958.632 )
15 – 64 Tahun : 10 % ( laki-laki 22.331.312/perempuan22.880.588 )
65 Tahun dan lebih : 8 % ( laki-laki 2.355.190/perempuan 2.821.805 ) ( 2006 )
b)      Berdasarkan pendidikan
Struktur pendidikan di Thailand dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu :
1.      Tingkatan I : kelas 1-3 yaitu prathom yang berumur 6-8 tahun
2.      Tingkatan II : kelas 4-6 disebut prathon yang berumur 9-11 tahun
3.      Tingkatan III : sekolah menengah pertama yang disebut Matthayom 1-3 umurnya 12-14 tahun.
4.      Tingkatan IV : sekolah menengah atas yang disebut Matthayom 4-6 umurnya 15-17 tahun
c)      Berdasarkan Mata pencaharian
Mata pencaharian utama di negara thailand sebagian besar sebagai petani / bertani.ada juga beberapa mata pencaharian lain yaitu di bidang kehutanan,pertambangan dan industri namun yang paling besar petani 60 % dan 40 % ada yang  sebagai PNS dan lain-lain.
3.      Budaya Negara Thailand
       Musik
Musik rakyat populer dengan kebanyakan orang thai terutama di timur laut,tapi banyak orang thai mendengarkan pop dan rock
       Seni
Seni tradisional thailnad sifatnya relijius dan memuliakan  patung,lukisan dan arsitektur candi
       Sastra
Sastra paling awal thailand di tulis pada tahun 120-an sastra itu sering menampilkan tema yang berhubungan dengan agama atau raja.
       Teater dan tari
Bentuk paling terkenal dari teater tradisional thailand adalah Khon,Khon adalah sebuah drama koreografi yang didasari pada tema hindu.

BAB III
KESIMPULAN
    Asal mula Kerajaan Thai secara tradisional dikaitkan dengan sebuah kerajaan yang berumur pendek, Kerajaan Sukhothai yang didirikan pada tahun 1238. Kerajaan ini kemudian diteruskan Kerajaan Ayutthaya yang didirikan pada pertengahan abad ke-14 dan berukuran lebih besar dibandingkan Sukhothai. Kebudayaan Kerajaan Thai dipengaruhi dengan kuat oleh Tiongkok dan India. Hubungan dengan beberapa negara besar Eropa dimulai pada abad ke-16 namun meskipun mengalami tekanan yang kuat, Kerajaan Thai tetap bertahan sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa, meski pengaruh Barat, termasuk ancaman kekerasan, mengakibatkan berbagai perubahan pada abad ke-19 dan diberikannya banyak kelonggaran bagi pedagang-pedagang Britania.
       Sebuah revolusi tak berdarah pada tahun 1932 menyebabkan dimulainya monarki konstitusional. Sebelumnya dikenal dengan nama Siam, negara ini mengganti nama internasionalnya menjadi "Thailand" pada tahun 1939 dan untuk seterusnya, setelah pernah sekali mengganti kembali ke nama lamanya pasca-Perang Dunia II. Pada perang tersebut, Kerajaan Thai bersekutu dengan Jepang; tetapi saat Perang Dunia II berakhir, Kerajaan Thai menjadi sekutu Amerika Serikat. Beberapa kudeta terjadi dalam tahun-tahun setelah berakhirnya perang, namun Kerajaan Thai mulai bergerak ke arah demokrasi sejak tahun 1980-an.

BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
http://ms.wikipedia.org/wiki/Thailand
http://www.wisatathailand.com/tentangthailand.htm
http://www.keajaibandunia.net/info/keadaan-alam-thailand.html
www.google.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Dinamika Penduduk Thailand"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel