Contoh Naskah Drama Tema Kesehatan

Naskah drama ialah seni sastra yang menggambarkan kehidupa manusia yang di peragakan melalui tingkah laku atau akting yaitu berupa percakapan/dialog dalam bentuk tulisan yang harus dihafal oleh pemain sebelum dipentaskan,Berikut contoh naskah drama dalam bahasa jawa.


Tema : Kesehatan
Judul : No Smoking    

1.      Sutradara                                             : Afiya F.H. ( 2 )
2.      Narator                                                : Arintiya M.Y. ( 5 )
3.      Penata panggung + Penulis Naskah    : Nur Maulid L. ( 19 )
4.      Penata Panggung + Tata Busana         : Rahmalia K. ( 21 )
5.      Tokoh                                                  : -  Dion : Dani W. (8 )           - Indra : Konstantin A. ( 14 )
                                       -   Meli : Eka Inayah ( 10 )   - Rere : Mayang Kirana ( 15 )
                                       -   Edo : Fajar H. ( 12 )          - Fera : Nurimah M. ( 20 )


“NO SMOKING”
Ketika hari pertama sekolah,Dion sahabat Indra sedang duduk di taman sambil merokok disebelah Rere,Rere merasa terganggu dengan kebiasaan Dion,mereka berdua sudah lama bersahabat sejak kecil.
Rere : Mmmm....Dion kamu gak ngerasa sesak napas apa ? ( sambil mengelus dada )
Dion : ora kenapa sih ? ( bersikap cuek )
Rere : aku ngerasa sesak napas tau gak....
Dion : sih enyong mikiri.....nyong pan Sms Fera,Meli,Edo eben pada mene
Rere : ok..deh..
Beberapa saat kemudian Fera,Meli,Edo datang,mereka pun kaget melihat Dion merokok.
Meli : ya Allah Dion ( menghela nafas )
Fera : sejak kapan kamu ngerokok ?
Edo : loh...kamu ngerokok ?
Dion : iya.kenapa,karepe nyong ouh ? ora olih ?
Tiba tiba Indra datang
Indra : loh ngerokok ? ( kaget melihat dion merokok )
Dion : kenapa ?
Indra : rokok itu bahaya,mending duitnya buat beli baju aja.
Dion : sombong nemen sih ?
Indra : masalah buat kamu !
Rere : udah – udah....
Baca Juga : Deskripsi Keris Dalam Bahasa Jawa
Meli : yon ,ngerokok kuwe bahaya...
Edo : iya betul kata Meli...
Fera : asap rokok itu bahaya bisa menyebabkan kematian tau....
Indra : ya bener itu kata Fera
Meli : weh...ngerokok enak belih sih ?
Rere : bege emang loh...
Meli : nyong kan Cuma ( kepotong pembicaraanya )
Dion : cerewet nemen sih dadi bocah ?
Indra : diem napa !
Semua teman – teman sudah pulang tapi hanya Rere dan Dion yang belum pulang.
Rere : ngak pulang !
Dion : nyong olih nginep nang umahe kowen ?
Rere : kok tumben mau nginep di rumah gue ?
Dion : soale nyong durung bayar duit kos !
Rere : yaelah,ya udah boleh ..
Setelah 1 minggu Dion tinggal di rumah orang tua Rere dengan membawa kebiasaan burunnya yaitu merokok,akhirnya terjadi sesuatu dengan Rere karena tidak seperti biasanya Rere terlihat pucat dan sesak nafas,akhirnya Rere menelfon Indra
Rere : hallo Indra ,loh bisa kerumah gue sekarang ? penting banget nih.......
( dengan kondisi sesak nafas dan batuk )
Indra : mau ngapain gue lagi makan,tapi loh kok sesak gitu kenapa ?
Rere : selama Dion tinggal dirumah gue dion selalu ngerokok dan kayanya gue menghirup asap rokok dion,kondisi ku saat ini tidak memungkinkan untuk sembuh,tolong kesini....
Indra : ok...
Kemudian indra tiba di rumah rere dan melihat keadaan rere yang begitu lemas.
Indra : ya ampun rere...loh kenapa sih kok begini ?
Rere : gue udah gakkuat lagi ..gue nitip salam sama temen-temennya.( tersenyum sepat )
Indra : rere loh jangan ngomong gitu...
Rere : gue udah ngak sanggup lagi ndra ....( dengan kondisi sesak nafas )
Indra : Ya udah ,kalo gitu gue kabarin temen – temen dulu biar pada datang ke rumah loh sekarang.
Beberapa saat kemudian fera,dan kawan-kawan tiba di rumah rere dengan raut wajah yang kebingungan begitu juga dengan dion yang sedang tertidur,dion terbangun karena penasaran dengan kejadian apa yang terjadi di ruang tengah sejak tadi.
Fera : rere,indra ?
Edo : ada apa ini ?
Meli : weh.rere kwn kenapa pan mati ?
Indra : diem loh mel....tolongin rere sekarang ! (dengan nada marahnya )
Dion: sesek nemen kayong ( dengan wajah kebingungan )
Indra : parah loh yon ?
Dion : lah kenapa ? ( kepotong )
Fera : jangan bilang loh mau pergi ninggalin kita semua !
Rere : ini hari terahir buat gue,buat dion jangan lagi kamu merokok ya, maaf temen – temen gue harus ninggalin kalian semua,karena gue mau berkumpul sama almarhum mama,bapak gue
Indra : nggak re ,loh harus bangun.
Fera : ayo bangun re !
Indra : dion jahat banget emang,parah !
dion  : nyong njaluk maaf,nyong ora ngerti bakalan kaya kie,re tangi re nyong mohon.
Rere : gue harap kalian semua dapat bersahabat selama – lamanya buat loh yon,gue mohon sekali lagi jangan loh ngerokok yah ? dan buat loh mel jangan jadi cerewwt cerewet banget yah ? ( sambil tersenyum kecil )
Baca Juga : Asal Usul Desa Sidapurna Dalam Bahasa Jawa
Dion : ya wis,ari kowen pengen kaya kuwe nyong bakal mendeg rokok !
Meli : nyengiti nemen emang.
Fera : no smoking
Dion : kalem ( dengan santainya )
Edo : semoga bahagia disana re sam nyokap bokap loh...
Indra : selamat jalan re
Rere : ( tersenyum tipis sampai memejamkan matanya )
Dion,Meli , Fera,Edo,Indra : ( menangisi kepergian rere dengan penuh rasa bersalah dan penuh penyesalan )
Rere memejamkan matanya untuk selama-lamanya ,kemudian mereka ber – 5 mengikhlaskan kepergian rere,mereka akan slalu mengenang masa – masa indah yang mereka lalui bersama ,lalu mereka ber -5 bersahabar selamanya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Contoh Naskah Drama Tema Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel