Soal Essay dan Jawaban tentang Globalisasi

      Tugas sekolah kali ini adalah membuat soal essay dan sekaligus jawabanya bagi kalian yang sedang mencari contoh soal essay beserta jawabanya karena banyak Pr dirumah sehingga kalian mencari cara yaitu lewat googling dengan itu saya bagikan Contoh Soal Essay Dan jawabanya materi tentang Globalisasi beritkut contohnya :


Soal Essay Tentang Globalisasi
1. Jelaskan pengertian globalisasi secara bahasa!
2. Jelaskan pengertian globalisasi menurut selo soemardjan dan achmad suparman!
3. Sebutkan dampak positif globalisasi
4. Sebutkan dampak negatif globalisasi
5. Jelaskan faktor penyebab terjadinya globalisasi!

Jawaban Soal Tentang Globalisasi
Jawaban Soal Essay (Uraian)
1. Kata “Globalisasi” itu berasal bahasa inggris yakni “Globalization” dimana global memiliki arti universal dan “lization” yang berarti proses. Jadi, secara kaidah bahasa maka kata “Globalisasi” yakni suatu proses pelebaran pada elemen-elemen baru baik gaya hidup, pemikiran teknologi maupun informasi dengan tanpa ada batasan negara atau mendunia.

2. Pengertian Globalisasi menurut Selo Soemardjan. Selo Soemardjan mengungkapkan pengertian globalisasi adalah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang terdapat di selurh dunia. Adapun tujuan dari globalisasi yaitu untuk mengikuti semua kaidah dan sistem tertentu semisal OKI dan PBB.
Pengertian Globalisasi menurut Achmad Suparman. Achmad Suparman menerangkan bahwa pengertian globalisasi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menjadikan perilaku atau benda sebagai ciri-ciri atau penanda dan setiap individu yang ada dalam dunia ini tanpa adanya batasan dari suatu wilayah.
3. Dampak Positif Globalisasi :
a. Kemajuan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien sehingga membuat produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional.
b. Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.
c. Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik.
d. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik.
e. Kemajuan di bidang teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi yang memudahkan kehidupan manusia.
f. Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri.
g. Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.
h. Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi).
i. Meningkatkan pembangunan negara.
j. Berkembangnya turisme dan pariwisata.

4. Dampak Negatif Globalisasi :
a. Semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu/ darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang.
b. Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat.
c. Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bermitra dengan perusahaan dari luar, Akibatnya kondisi industri dalam negeri sulit berkembang.
d. Maraknya penyelundupan barang ke Indonesia.
e. Menghambat pertumbuhan sektor industri.
f. Terjadi kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri.
g. Adanya sikap sekularisme yang lebih mementingkan kehidupan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama.
h. Terjadinya sikap mementingkan diri sendiri (individualisme)
i. Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara
j. Timbulnya sikap bergaya hidup mewah dan boros karena status seseorang di dalam masyarakat diukur berdasarkan kekayaannya.

5. 1) Perkembangan teknologi informasi komunikasi yang berperan untuk kemudahan dalam transaksi ekonomi antar negara. 2) Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang mempermudah dalam jasa transport dan pengiriman barang keluar negeri. 3) Kerja sama ekonomi Internasional yang memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Essay dan Jawaban tentang Globalisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel