Gambar Rantai Makanan Dan Keteranganya

        Seperti yang sudah kita ketahui manusia bukanlah satu –satunya mahluk hidup yang ada di dunia.melainkan masih banyak mahluk hidup yang bertahan hidup dengan menjalani aktivitas masing-masing untuk memenuhi kebutuhanya.dengan demikina materi tugas sekolah kali ini akan membahas rantai makanan dan jaring-jaring makanan sebagai berikut :


     Rantai makanan ialah peristiwa atau proses makan memakan sesama makhluk hidup yang berurutan atau menurut tingkatanya  yang di dalamnya berperan sebagai produsen,konsumen dan sebagai dekomposer yang bertujuan untuk mempertahankan kelangsung hidup dan kebutuhan mahluk hidup itu sendiri.

      Jaring-jaring makanan ialah  penggabungan antara rantai makanan yang masih berhubungan atau digabung dan di kombinasikan pada rantai makanan lagi, yang tumpang tindih dalam sebuah ekosistem. 
Pada contoh dibahawah ini terdapat 5 rantai makanan yang bergabung menjadi suatu ekosistem yaitu menjadi sebuah jaring-jaring makanan. Rantai makanan itu diantaranya adalah :  
1.  Bunga->Ulat->Burung Pipit->Elang
2. Sawi->Ulat->Burung Pipit->Elang
3. Sawi->Belalang->Burung Pipit->Elang
4.  Sawi->Belalang->Katak->Elang
5. Sawi->Tikus->Elang
Baca Juga : Bagian - bagian Struktur Bunga dan Fungsinya
Penjelasan :
  Pada contoh diatas terdapat 5 rantai makanan yang bergabung menjadi suatu ekosistem yaitu menjadi sebuah jaring-jaring makanan. Pada tingkat trofik pertama adalah organisme yang mampu menghasilkan zat makanan sendiri yaitu tumbuhan hijau atau organisme autotrof yang sering disebut produsen. Terlihat pada gambar bahwa yang bertindak sebagai produsen adalah bunga dan sawi. Organisme yang menduduki tingkat tropik kedua disebut konsumen  primer (konsumen I). Konsumen I biasanya diduduki oleh hewan herbivora. Terlihat pada gambar bahwa yang berperan sebagai konsumen I (Herbivora) adalah ulat, belalang, dan tikus. Organisme yang menduduki tingkat tropik ketiga disebut konsumen sekunder (Konsumen II), diduduki oleh hewan pemakan daging (karnivora). Terlihat pada gambar bahwa yang bertindak sebagai konsumen II (karnivora) adalah burung pipit dan katak. Organisme yang menduduki tingkat tropik tertinggi disebut konsumen puncak. Terlihat pada gambar bahwa burung elang bertindak sebagai konsumen III/konsumen puncak (karnivora).
  • ada tingkat trofik pertama adalah organisme yang mampu menghasilkan zat makanan sendiri yaitu tumbuhan hijau atau organisme autotrof yang sering disebut produsen. Terlihat pada gambar bahwa yang bertindak sebagai produsen adalah bunga dan sawi.
  • Organisme yang menduduki tingkat tropik kedua disebut konsumen  primer (konsumen I). Konsumen I biasanya diduduki oleh hewan herbivora. Terlihat pada gambar bahwa yang berperan sebagai konsumen I (Herbivora) adalah ulat, belalang, dan tikus.
  • Organisme yang menduduki tingkat tropik ketiga disebut konsumen sekunder (Konsumen II), diduduki oleh hewan pemakan daging (karnivora). Terlihat pada gambar bahwa yang bertindak sebagai konsumen II (karnivora) adalah burung pipit dan katak.
  • Organisme yang menduduki tingkat tropik tertinggi disebut konsumen puncak. Terlihat pada gambar bahwa burung elang bertindak sebagai konsumen III/konsumen puncak (karnivora).
Sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/rantai-makanan/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gambar Rantai Makanan Dan Keteranganya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel