contoh teks singkat narasi deskripsi eksposisi argumentasi dan persuasi

Arti paragraf merupakan sebuah awalan topik baru, atau memperluas lebih lanjut dari topik sebelumnya dan menambahkan sesuatu yang penting atau lebih diperinci  apa yang sudah diuraikan dalam paragraf  sebelumnya.adapun paragrat berdasarkan tujuan di bagi menjadi beberapa yaitu paragraf  deskripsi,eksposisi,argumentasi dan persuasi,


Berikut saya bagikan contoh paragraf  deskripsi,eksposisi,argumentasi dan persuasi,
  • Contoh Paragraf  Narasi
  1. Di sebuah hutan , hiduplah anak sebatang kara yang bernama jaka. dia tinggal di sebuah gubuk tua dan untuk mencari makan setiap hari ia berburu binatang. Namun pada suatu hari , anak tersebut ditemukan oleh saudagar kaya yang kebetulan sedang ingin berburu juga. jaka pun di bawa ke rumah sang saudagar dan dijadikan sebagai anak angkatnya.
  2. Seorang Wanita yang sangat kesal karena kehilangan kalung istimewanya. Dengan rasa hormat, ia bertanya kepada temanya apakah temanya telah menyembunyikan kalung itu. Karena sangat marah, bukan marah kepada temanya tetapi kepada pencuri kalung itu, ia mengutarakan kutukan agar si pencuri itu celaka. Setelah mengutarakan kutukan, ternyata temanya mengaku telah mengambil kalungnya.

  • Contoh Paragraf Deskripsi

  1. Dalam beberapa bulan terahir air Sungai di desa kering kerontang. Bahkan sumur pun ikut mengering . Sawah yang baiasanya hijua sekarang hangus seperti dimakan oleh terik matahari. Tanah menjadi pecah , orang desa pun kesulitan mendapatkan air.
  2. Suatu restoran yang sangat besar mempunyai fasilitas yang sangat modern,pengunjung pun selalu rami,tempatnya pun selalu bersih.itulah tempat restoran yang pernah ku temui.

  • Contoh Paragraf Eksposisi

  1. Sebab banjir di Jakarta dikarenakan kurangnya tempat drainase. Penyebab kurangnya  tempat drainase karena hampir seluruh Jakarta banyak bangunan - bangunan yang dibangun di atas tanah peresapan air. Dan kebiasaan buruk  masyarakat yang selalu membuang sampah di sungai.
  2. Teknik menendang bola dalam bermain sepakbola dapat di lakukan dengan cara berikut. Pertama posisi menghadap kearah tepat bola. Kedua posisi kedua kaki  di tegak lurus ke depan. Ketiga posisi badan seimbang tidak miring. Keempat tendanglah bola sekuat mungkin.


  • Contoh Paragraf Argumentasi


  1. Hidup itu mempuyai 2 pilihan, yaitu sukses dan gagal. bila ingin sukses, maka kita harus belajar dengan sungguh –sungguh . Dan bila ingin sukses harus bisa meninggalkan apa itu kemalasan karena dengan meninggalkan kemalasan orang akan mendapatkan apa yang ia capai . Tapi, bila orang tersebut malah melakukan bahkan sering dalam kemalsan , maka hidupnya akan di penuhi kegagalan. dan sulit mendapatkan kesuksesan.
  2. Dijaman sekarang sebuah handphone merupakan kewajiban yang harus dimiliki masyarakat bahkan dalam sebuah keluarga, hampir semua anggota keluarga memilikinya. Di samping memang sudah merupakan alat komunikasi yang mudah di bawa-bawa, pengoperasian telepon pun tidak sulit dan harga terjangkau pula. Dengan munculnya berbagai variasi bentuk dan semakin maraknya merk juga model terbaru bukan tidak mungkin barang yang dulu dianggap barang mewah menjadi barang yang di anggap biasanya saja dalam masyarakat. 


  • Contoh Paragraf  Persuasi
  1. Produk herbal  pemutih kulit ini ampuh dan terjamin kualitasnya . Harga murah meriah dan dijamin halal, karena semua terdiri dari ramuan herbal yang berkualitas.
  2. Pada dasarnya, sakit pada tenggorokan di sebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, batuk atau hidung tersumbat. biasanya sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih cepat sembuh, dapat di lakukan dengan meminum air hangat yang di campur air perasan jeruk lemon dan madu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "contoh teks singkat narasi deskripsi eksposisi argumentasi dan persuasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel