Proses Metamorfosis Katak/ Kodok Tugas Sekolah

        Katak merupakan hewan yang mempunyai kelebihan atau kekhususan tersendiri karena hewan ini bisa bertahan hidup di dua alam ( amfibi )yaitu di darat dan di air, katak sendiri ialah hewan yang bermetaforfosis yaitu hewan yang perkembanganya melalui tahapan atau fase-fase yang berbeda- beda dari lahir hingga dewasa.berikut penjelasan tentang fase-fase metamorfosis pada katak dari bertelur hingga menjadi katak dewasa :


Siklus Hidup Katak
1. Tahap telur
     Fase bertelur ialah dimana katak betina mengelurkan banyak telurnya di air terutama di danau atau sungai  ketika musim pembuahan dan selanjutnya telur –telur tersebut akan dibuahi oleh katak jantan hingga menjadi kecebong atau berudu.
2. Tahap kecebong (3 hari)
     Fase dalam tahap 3 hari Kecebong/berudu mempunyai kepala yang besar dan tegak. Ada insangnya dan mulut yang terbuka untuk makan. Insang luar muncul tiga hari setelah kecebong keluar dari telur.

3.Tahap kecebong lanjutan (4 minggu)
    Fase lanjutan dalam 4 minggu terbentuknya Insang dalam yang menggantikan insang luarnya kareana tertutup kulit tubuh. Mereka memakan ganggang. Kaki belakang muncul.

4. Perubahan kedua (6 minggu)
    Fase kedua dalam 6 minggu Kecebong/berudu nampak terlihat seperti kodok kecil dengan ekor panjang. Mereka berenang di tepi sungai secara berkelompok. Ekor ini kemudian memendek dan mulai berbentuk seperti bumerang.
5. Perubahan lanjutan kedua (9 minggu)
    Fase lanjutan kedua dalam 9 minggu mulai terbentuknya atrium jantung. Akibatnya jantungnya kini memiliki tiga ruangan, yang membantu aliran darah antara jantung dan paru-paru.
Baca Juga : Sistem Pencernaan dan proses pada ikan
6. Perubahan lanjutan ketiga (16 minggu)
Fase lanjutan ketiga dalam 16 minggu Kecebong/berudu  sudah mempunyai kaki belakang yang kuat. Matanya juga terlihat menonjol. Ekornya sangat pendek.
7. Perubahan terakhir
      Fase perubahan terakhir atau fase sempurna pada Kodok yang sudah menjadi dewasa berkumpul di tepian sungai sebelum meninggalkan air untuk pertama kalinya. Mereka melakukan ini secara berkelompok.
8. Ibu dan bapak kodok
       Walaupun naluri bertahan hidup anura tidak berkembang baik, katak dan kodok juga merawat anak mereka. Mereka bertelur dalam jumlah besar untuk memastikan ada banyak kecebong yang dapat lolos dari predator yang memakan telur. Lapisan gelatin juga melindungi telur dari predator lain. Beberapa jenis kodok bahkan memelihara anak mereka dengan menjadikan punggung mereka sendiri sebagai sarang.
Demikian Contoh Proses Metamorfosis Katak/ Kodok Tugas Sekolah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Proses Metamorfosis Katak/ Kodok Tugas Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel