Membuat laporan Bengkel Mobil Tugas sekolah

LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
“BENGKEL IPUNG JAYA MOTOR ”
Jl. Ki Ageng tirtayasa,krandon Tegal
Oleh:
                                              1.      Nama.                 : Fajar sidik
                                              2.      Nis.                     : 1634
                                              3.      Kelas.                  : Xl TKR 1
                                              4.      Prog. Keahlian    : Teknik kendaraan ringan
                                              5.      Tahun pelajaran   : 2017-2018
YAYASAN PENDIDIKAN RAUDHATUL ULUM
SMK ISTEK KOTA TEGAL
Jl. Cipto mangun kusumo no.51 kaligangsa
Kec. Margadana kota Tegal
Telepon (0283)312314

MOTTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
•         Bertanggung jawab adalah kunci meraih sukses.
•         Kerja keras harus disertai doa bila ingin berhasil.
•         Jangan sia-siakan waktu tanpa belajar.
•         Taklukkan dunia dengan kecerdasan.
•         Disiplin waktu kunci keberhasilanmu.
•         Jangan menyerah sebeluh kalah.
•         Jangan katakan tidah bisa sebelum mencoba.
PERSEMBAHAN
•         Kepada yang terhormat Kepala sekolah SMK ISTEK KOTA TEGAL
•         Kepada yang terhormat Bapak/ibu Guru SMK ISTEK KOTA TEGAL
•         Kepada yang terhormat Staf dan Karyawan SMK ISTEK KOTA TEGAL
•         Kepada yang terhormat Kedua Orang Tua Tercinta
•         Kepada yang terhormat Rekan /rekan SMK ISTEK KOTA TEGAL
•         Kepada yang terhormat pimpinan DU/DI Teguh Motor

HALAMAN PENGESAHAN
    Pembuatan laporan prakerin (PSG) ini merupakan bagian dari rentetan kegiatan prakerin penulisan di dunia usaha / dunia industry (DU DI) laporan digunakan untuk melengkapi salah satu syarat untuk mengikuti ujoan nasional berstandart nasional (UNBN) dari ujian akhir sekolah berstandart nasional (UASBN) untuk tahun pelajaran 2017-2018.
Disahkan
Pada hari / Tanggal


...........................................

Oleh:
    Pimpinan DU/DI.                                                                  Pembimbing PSG


....................................                                                         ........................................

Mengetahui
Kepala sekolah


Drs. TULUS SISWANTO

KATA PENGANTAR
            Assalamu'alaikum wr.wb
       Pertama tama kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat allah swt, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat mengerjakan sesuatu hal yang mudah.
        Kami selaku siswa SMK ISTEK KOTA TEGAL mengucapkan terima kasih kepada Bapak/ibu Guru dan segenap karyawan SMK ISTEK KOTA TEGAL juga tidak lupa kepada pimpinan IPUNG JAYA MOTOR yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk prakerin ditempat beliau. Dan tidak ketinggalan pula kami ucapkan Terima kasih kepada dewan guru panitia PSG yang telah memantau kami pada saat PSG. Sekian dari kami akhir kata Wabilah taufiq al hidayah
Wassalamu'alaikum wr.wb.
TEGAL, APRIL 2017


           Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang prakerin
       Latar belakang prakerin di selenggarakan prakerin ini adalah merupakan bagian dari pelaksanaan pendidikan system ganda (PSG) Bagi sekolah menengah kejuruan yang menganut pada undang-umdang:
1.      Undang-undang NO.2 tahun 1984 tentang system pwndisikan nasional.
2.      PP.No.29 tahun 1990 tentang pendidikan menengah kejuruan.
3.      PP NO.30 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional.
4.      Keputusan mendikub No.0490/U/1997 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan.
5.      Keputusan mendikub No.08/U/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan.
      Maka dengan diadakannya prakerin ini, dunia pendidikan dapat menjalin kerja sama dengan dunia usaha/ dunia industri sesuai dengan undang undang yang berlaku. Disamping itu jiga siswa akan menerima tambahan ilmu dari dunia yang sesungguhnya.
B.     Tujuan prakerin (PSG)
     Praktek kerja industri dengan system ganda merupakan program ujian yang harus dilakukan oleh siswa smk, tujuannya adalah agar siswa memperoleh berbagai disiplin ilmu dan keterampilan yang didapat dari sekolah dapat diaplikasikan didunia usaha sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, dengan harapan kita mendapat gambaran mengenai kerja yabg sesungguhnya, yang nantinya dapat di pakai sebagai gambaran masa depan setelah lulus dari SMK (sekolah).
     Disamping itu kita dapat menyerap berbagai ilmu dan keterampilan yang baru, yang semula belum didapat dari sekolah, sehingga kita dapat meninggkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki. Selaon itu pihak harapan keberadaan semua merupakan akses dari DU/DI dan sekolah serta berada di antara kehidupan masyarakat.
C.    Tujuan penulisan prakerin
    Penulisan prakerin ini merupakan sebuah laporan hasil kegiatan selama PSG, tidak hanya hanya mengsi jurnal melainkn juga harus membuat suatu laporan hasil kerja lapangan selama dua bulan sebagai tamda bukti, hanya hal ini membuktikan bahwa kita benar benar mengikuti prakerin tersebut.
    Jadi inti dari penulisan laporan prakerin adalah agar kita dapat memenuhi persyaratan umtuk mengikuti ujian dan juga digunakan untuk penilaian PSG kita, walaupun kita mengikuti kegiatan PSG selama dua bulan tanpa dibarengi dengan laporan yang akurat bisa jadi nilai kita akan berkurang, karena laporan tertulis itu digunakan sebagai persyaratan mengikuti ujian tanpa ada laporan tertulis bisa jadi kiya tidak bisa mengikuti ujian.
D.     Latar belakang bengkel
Bengkel IPUNG JAYA MOTOR yang berlokasi dijalan ki ageng tertayasa krandonTegal merupakan suatu perusahaan jasa yang bergerak dibidang perbengkel yaitu memperbaiki kendaraan roda 2 dan juga menjual spare part sepeda motor.

BAB II
MATERI PRAKERIN
A.    TEORI DASAR
      Mesin adalah kumpulan dari beberapa komponen menjadi sebuah alat yang dapat menghasilkan tenaga guna membantu manusia. Pada kendaraan atau permesinan sumber trnaga diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar pada ruang bakar. Hasil pembakaran yang terjadi pada ruang bakar inilah yang diolah menjadi sumber tenaga pada kendaraan bermotor maupun mobil.
      Alat untuk membangkitkan tenaga kendaraan ini disebut penggerak utama. Penggerak utama sering disebut mesin, yang dapat merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanis(gerak berputar) yang dilakukan oleh poros engkol
Langkah mesin
A.    TMA=TITIK MATI ATAS (batas pergerakan piston paling atas)
B.     TMB=TITIK MATI BAWAH (batas pergerakan piston paling bawah)
C.    STROKE=langkah pergerakan piston dari TMA ke TMB atau TMB ke TMA.
B.     STUDY KASUS
Ø  CARA MENGGANTI OLI MESIN
•         Alat-alat:
ü  Kunci uk. 12
ü  Wadah untuk menampung
ü  Corong
•         Langkah-langkah
1.      Posisikan motor standar tengah selanjutnya siapkan wadah untuk menampung oli bekas yang akan dikeluarkan dari tempat pembuangan.
2.      Buka baut pembuangan dengan menggunakan ring 12 yang letaknya ada pada bagian bawah kiri menghadap ke samping.
3.      Putar baut pembuangan ke kiri atau melawan arah jarum jam. Biarkan oli keluar sampai habis, kalau perlu miringkan motor ke kiri agar oli keluar maksimal sampai habis nggak menetes lagi. Setelah oli tidak keluar, tutup kembali baut pembuangan tersebut.
4.      Buka tempat pengisian oli mesin menggunakan obeng min (-) yang berada di samping kanan letaknya dekat kipas mesin. Putar ke kiri atau berlawanan arah jarum jam.
5.      Siapkan corong untuk mengarahkan aliran oli ke dalam mesin karena kebetulan lubangnya yang begitu sempit dan agak menjorok kebawah.
6.      Masukkan oli perlahan-lahan ke dalam mesin motor melalui corong tersebut, setelah selesai tutup kembali.

Ø CARA MENGGANTI OLI GARDAN/TRANSMISI
•         Alat:
ü  Kunci ring uk 12
ü  Tang cucut
ü  Wadah oli bekas
ü  Kain lap
•         Langkah-langkah:
1.  Bukalah baut yang terdapat pada bagian atas terlebih dahulu. Kemudian baru bagian bawah secara perlahan, jangan lupa untuk meletakan wadah yang sudah disediakan dibawahnya.
2.  tunggu sampai oli habis seluruhya, kemudian semprot dengan kompresor agar benar benar bersih. jika tidak ada kompresor anda bisa memiringkan motornya.
3. tutup/pasang baut yang berada dibagian bawah
4.  Masukan olinya ke dalam mesin melalui lubang yang ada dibagian atas.
5.  Kencangkan baut tersebut dan proses pengantian oli gardan sudah selesai.
6.  Jangan lupa untuk mengecek apakah ada kebocoran yang terjadi.

Ø  CARA MEMBERSIHKAN BUSI
•         Alat:
ü  Obeng (+)
ü  Kunci busi/kunci shock panjang 16 + rachet
ü  Sikat kswat
•         Kangkah-langkah:
1.   Buka jok motor, lalu lepaskan 'panel B' dengan cara melepas 3 buah sekrup yang ditunjukkan dengan tanda panah pada gambar di bawah dengan menggunakan obeng (+).
2.   Setelah panel B dilepas akan terlihat letak busi yang ditutupi oleh cop busi (tutup busi), kemudian lepaskan cop busi. Oh iya, lakukan dengan hati-hati jika keadaan sepeda motor baru saja dimatikan karena di sekitar posisi itu sangat panas, sebaiknya tunggu dan diamkan sebentar sampai keadaan motor agak dingin. Tips, karena letaknya agak di dalam dan agak sulit melepas cop busi dengan tangan, gunakan obeng sebagai alat bantu untuk melepas cop busi.
3.   Kemudian untuk melepas busi dari tempatnya, gunakan kunci busi dengan cara memutarnya ke arah yang berlawanan dengan jarum jam.
4.   Busi telah berhasil dilepas. Lihat kondisi busi apakah masih layak pakai atau tidak, jika sudah tidak layak pakai ganti dengan busi yang baru. Jika masih layak pakai cukup dibersihkan dan diamplas untuk membuang tumpukan kotoran atau karbon yang menempel.
5.  Jika busi harus diganti gunakan busi yang direkomendasikan oleh pabrikan atau yang sesuai dengan spesifikasi mesin.
6.  Sebelum dipasang periksa terlebih dahulu kerenggangan celah busi. Jika sistem pengapian masih standar pabrik ukur kerenggangan sekitar 0,6 atau 0,7 milimeter.
7.  Kemudian pasang kembali busi di tempatnya, gunakan kunci busi untuk mengencangkannya dengan cara memutarnya searah dengan jarum jam.
8.  Lalu pasang kembali cop busi atau tutup busi. Setelah cop busi dipasang, coba hidupkan mesin sepeda motor untuk mengetahui apakah busi bekerja dengan baik atau tidak.
9.   Setelah dipastikan busi bekerja dengan baik, kemudian pasang kembali panel B dan pasang juga serta kencangkan sekrupnya (tanda panah menunjukkan posisi sekrup).
10.  Selesai, sepeda motor siap dijalankan dan dioperasionalkan kembali.
Ø  CARA MENGGANTI ROLLER CVT
•         Alat:
ü  Kunci T uk 10
ü  Kunxi T uk 8
ü  Kunci shock 17
•         Langkah-langlah:
1.  Pertama buka dahulu rumah CVT menggunakan kunci T10 dan T8.
2.  Lepas baut pengunci rumah puli dengan menggunakan Kunci sock 17 mm. Agar puli tidak ikut berputar bisa diganjal menggunakan baut 12 cm.
3.   Jika baut sudah terlepas, tarik keluar ringnya bersama rumah roller. (perhatikan posisinya, jangan sampai terbalik saat pemasangan)
4. Lakukan pengecekan terhadap kondisi roller, jika sudah aus maka wajib untuk diganti.
5.  Pasang kembali rumah roller, ring dan baut seperti semula dengan langkah kebalikan saat pelepasan.

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
   Imti dilklsanakannya kegiatan PSG yaitu mengembangkan yang didapat dari sekolah dan di praktekkan diluar sekolah secara langsung. Dengan diadakannya PSG kita juga mendapat ilmu yang belum didapat dari sekolah, kita juga dapat merasakan seperti apakah dunia lerja itu sendiri. Dan mendapat banyak pengalaman.
B.     SARAN-SARAN
1.      Saran untuk sekolah
o   Sekolah diharapkan mampu menyalurkan para siswa ke dunia usaha.
o  Diharap sekolah memiliki lapangam pekerjaan sendiri guna mempraktikan bakat dan guna para siswa.
2.      Saran untuk instansi / industri
o   Mutu pelayanan lebih ditingkatkan lagi, demi kemajuan bersama.
o   Kedisiplinan mekanik sebaiknya harus ditinglatkan lagi.
o   Kebersamaan, kerja sama, dan komunikasi dalam lapangan kerja diharapkan harus selalu terjaga dengan baik.

Daftar pustaka
http://motormobil.org/cara-ganti-oli-gardan-motor-matic/
http://tipstrickotomotif.blogspot.co.id/2014/08/cara-mengganti-roller-motor-matic-mio--vario-beat.html?m=1
http://www.dapurmodifikasi.com/2015/10/mengganti-oli-motor-matic-terlengkap.html?m=1
http://www.dlaiqa.com/2015/10/mengganti-busi-yamaha-mio-j.html?m=1

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Membuat laporan Bengkel Mobil Tugas sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel