Laporan Makalah Bengkel Mobil Terbaru

LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
“BENGKEL MOBIL TEGUH MOTOR”
Jl. Ki hajar dewantara,kalinyamat kulon
Oleh:
                                            1. Nama.                  : Eko musthopa
                                            2. Nis.                      : 1633
                                            3. Kelas.                   : Xl TKR 1
                                            4. Prog. Keahlian     : Teknik kendaraan ringan
                                            5. Tahun pelajaran   : 2017-2018
YAYASAN PENDIDIKAN RAUDHATUL ULUM
SMK ISTEK KOTA TEGAL
Jl. Cipto mangun kusumo no.51 kaligangsa
Kec. Margadana kota Tegal
Telepon (0283)312314

MOTTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
•         Bertanggung jawab adalah kunci meraih sukses.
•         Kerja keras harus disertai doa bila ingin berhasil.
•         Jangan sia-siakan waktu tanpa belajar.
•         Taklukkan dunia dengan kecerdasan.
•         Disiplin waktu kunci keberhasilanmu.
•         Jangan menyerah sebeluh kalah.
•         Jangan katakan tidah bisa sebelum mencoba.
PERSEMBAHAN
•         Kepada yang terhormat Kepala sekolah SMK ISTEK KOTA TEGAL
•         Kepada yang terhormat Bapak/ibu Guru SMK ISTEK KOTA TEGAL
•         Kepada yang terhormat Staf dan Karyawan SMK ISTEK KOTA TEGAL
•         Kepada yang terhormat Kedua Orang Tua Tercinta
•         Kepada yang terhormat Rekan /rekan SMK ISTEK KOTA TEGAL
•         Kepada yang terhormat pimpinan DU/DI Teguh Motor

HALAMAN PENGESAHAN
       Pembuatan laporan prakerin (PSG) ini merupakan bagian dari rentetan kegiatan prakerin penulisan di dunia usaha / dunia industry (DU DI) laporan digunakan untuk melengkapi salah satu syarat untuk mengikuti ujoan nasional berstandart nasional (UNBN) dari ujian akhir sekolah berstandart nasional (UASBN) untuk tahun pelajaran 2017-2018.
Disahkan
Pada hari / Tanggal


...........................................

Oleh:
    Pimpinan DU/DI.                                                                  Pembimbing PSG


....................................                                                         ........................................

Mengetahui
Kepala sekolah


Drs. TULUS SISWANTO

KATA PENGANTAR
            Assalamu'alaikum wr.wb
       Pertama tama kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat allah swt, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat mengerjakan sesuatu hal yang mudah.
        Kami selaku siswa SMK ISTEK KOTA TEGAL mengucapkan terima kasih kepada Bapak/ibu Guru dan segenap karyawan SMK ISTEK KOTA TEGAL juga tidak lupa kepada pimpinan BENGKEL TEGUH MOTOR yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk prakerin ditempat beliau. Dan tidak ketinggalan pula kami ucapkan Terima kasih kepada dewan guru panitia PSG yang telah memantau kami pada saat PSG. Sekian dari kami akhir kata Wabilah taufiq al hidayah
Wassalamu'alaikum wr.wb.

TEGAL, APRIL 2017


           Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang prakerin
    Latar belakang prakerin di selenggarakan prakerin ini adalah merupakan bagian dari pelaksanaan pendidikan system ganda (PSG) Bagi sekolah menengah kejuruan yang menganut pada undang-umdang:
1.      Undang-undang NO.2 tahun 1984 tentang system pwndisikan nasional.
2.      PP.No.29 tahun 1990 tentang pendidikan menengah kejuruan.
3.      PP NO.30 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional.
4.      Keputusan mendikub No.0490/U/1997 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan.
5.      Keputusan mendikub No.08/U/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan.
Maka dengan diadakannya prakerin ini, dunia pendidikan dapat menjalin kerja sama dengan dunia usaha/ dunia industri sesuai dengan undang undang yang berlaku. Disamping itu jiga siswa akan menerima tambahan ilmu dari dunia yang sesungguhnya.
B.     Tujuan prakerin (PSG)
     Praktek kerja industri dengan system ganda merupakan program ujian yang harus dilakukan oleh siswa smk, tujuannya adalah agar siswa memperoleh berbagai disiplin ilmu dan keterampilan yang didapat dari sekolah dapat diaplikasikan didunia usaha sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, dengan harapan kita mendapat gambaran mengenai kerja yabg sesungguhnya, yang nantinya dapat di pakai sebagai gambaran masa depan setelah lulus dari SMK (sekolah).
Disamping itu kita dapat menyerap berbagai ilmu dan keterampilan yang baru, yang semula belum didapat dari sekolah, sehingga kita dapat meninggkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki. Selaon itu pihak harapan keberadaan semua merupakan akses dari DU/DI dan sekolah serta berada di antara kehidupan masyarakat.
C.    Tujuan penulisan prakerin
    Penulisan prakerin ini merupakan sebuah laporan hasil kegiatan selama PSG, tidak hanya hanya mengsi jurnal melainkn juga harus membuat suatu laporan hasil kerja lapangan selama dua bulan sebagai tamda bukti, hanya hal ini membuktikan bahwa kita benar benar mengikuti prakerin tersebut.
Jadi inti dari penulisan laporan prakerin adalah agar kita dapat memenuhi persyaratan umtuk mengikuti ujian dan juga digunakan untuk penilaian PSG kita, walaupun kita mengikuti kegiatan PSG selama dua bulan tanpa dibarengi dengan laporan yang akurat bisa jadi nilai kita akan berkurang, karena laporan tertulis itu digunakan sebagai persyaratan mengikuti ujian tanpa ada laporan tertulis bisa jadi kiya tidak bisa mengikuti ujian.
D.    Latar belakang bengkel
     Bengkel teguh motor yang berlokasi dijalan ki hajar dewantara Kalinyamat kulon Tegal merupakan suatu perusahaan jasa yang bergerak dibidang perbengkel yaitu memperbaiki kendaraan roda 4.Bengkel Teguh motor didirikan pada Tahun 2010 Bengkel Ini pada awalnya didirikan hanya untuk menjual spare part kendaraan roda 4.
BAB II
MATERI PRAKERIN
A.    TEORI DASAR
     Mesin adalah kumpulan dari beberapa komponen menjadi sebuah alat yang dapat menghasilkan tenaga guna membantu manusia, Ada 2 macam yaitu mesin diesel dan mesin bensin.
     Mesin merupakan alat yang dapat merubah tenaga air, panas, listrik, uap, tenaga atom, dsb menjadi tenaga mekanik. Mesin yang merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik disebut motor bakar (thermal engine), motor bakar dapat dikelompokkan menjadi beberasa klasifikasi.
Sebegiab besar jenis kendaraan yang banyak kita jumpai termasuk dalam klasifikasi pembakaran dalam (internal combustion engin) dengan mesin bensin dan mesin diesel. Kedua jenis motor ini memiliki karakteristik yang berbeda.
1.      Karakteristik mesin bensin:-Kecepatannya tinggi dan tenaganya besar, mudah pengoprasiannya, pembakarannya sempurna, umumnya digunakab untuk mobil penumpang dan truck yang kecil dsb.
2.      Karakteristik mesin diesel:-Efisiensi panasnya tinggi, gataran besar dan agak berisik, harganya lebih mahal, umumnya digunakb untuk kendaraan jarak jauh (kendaraan niaga, truk besar dsb).
B.     STUDY KASUS
Ø  CARA MENGGANTI BUSI MOBIL
•         Alat:
ü  Kunci Busi
ü  Kunci ring pass uk10
ü  Kunci shock
•         Langkah-langkah
1.      Parkir mobil di tempat yang rata serta pastikan mesin sudah dalam kondisi mati.
2.      Bila mobil baru digunakan, tunggulah kurang lebih 2 jam guna memastikan mesin telah benar-benar dalam kondisi dingin.
3.      Guna mencegah kerusakan yang lebih parah, ada baiknya lepaslah aki mobil anda.
4.      Bersihkan bagian dari busi menggunakan blower. Membersihkan kerak dengan menggunakan hembusan udara sangatlah diharuskan sehingga ketika busi dicabut tak ada yang jatuh ke dalam silinder.
5.      Copotlah kawat busi dengan memutar tutup karetnya disertai dengan menariknya. Jangan langsung menarik kabel busi, disebabkan hal itu dapat merusaknya. Lepaslah busi dari socket-nya dengan memutarnya.
6.      Sebagai perhatian. Hati-hati, jangan menjatuhkan apapun ke atas silinder mesin, piston atau head. Kerusakan serius terhadap silinder atau head dapat terjadi bila terdapat benda asing yang menempel padanya.
7.      Di anjurkan busi baru yang akan dipasang telah tersedia lebih dahulu berdasarkan spesifikasi pabrikan kemudian. Pasanglah tiap busi di atas masing-masing silinder mesin.
8.      Kencangkanlah busi-busi baru yang sudah anda pasang dengan menggunakan kunci busi yang seukuran. Apabila sudah kencang, pasanglah masing-masing kabel busi di atas busi-busi tersebu
Ø  CARA MENGGANTI KAMPAS REM CAKRAM
•         Alat:
ü  Kunci roda
ü  Dongkrak
ü  Kunci shock uk 12 dan 14
ü  Kunci Ring pass uk 12 dan 14
ü  Track atau SST
ü  Grease
•         Langkah-langkah
1.      Siapkan kampas rem baru atau brake pads dan kendorkan semua mur roda yang mau di bongkar brake pad atau kampas rem nya.
2.Dongkrak mobil bagian depan, di belakang roda yang mau di buka kampas rem nya
3.Lepas semua mur roda dengan kunci roda, mobil ada yang menggunakan      4 atau 5 mur roda.
4.Buka roda,lepaskan dari hub roda,
5.Gunakan kunci 12 atau 14 untuk buka pen caliper bagian bawah dan buka pegangan slang minyak rem karena terkadang ada tipe mobil susah buka caliper tanpa buka pegangan slang minyak rem.
6. Tarik Caliper ke atas setelah baut pen caliper terbuka, seperti gambar di bawah ini.
7.Buka dengan tarik kampas rem keluar ke arah samping dan jangan lupa cek kondisi pelumasan pen caliper, pen caliper harus dengan mudah bisa ditarik atau didorong. Jika pen caliper terasa keras saat di tarik atau di dorong kemungkinan pelumasnya kering dan bisa menjadi penyebab rem bunyi. Buka pen caliper bersihkan dengan kain dan beri pelumasan yang tipis menggunakan pasta caliper atau rubber grease.
8.Setelah kampas rem di buka, biar tidak lupa pindahkan plat yang ada di kampas rem lama ke kampas rem baru.
Dorong piston kaliper ke belakang, hal ini untuk menyesuaikan dengan ketebalan kampas rem baru, saat mendorong piston jangan lupa perhatikan minyak rem yang ada di reservoir minyak rem. Karena minyak rem akan naik ketika piston rem di dorong ke belakang, ini bertujuan agar tidak sampai tumpah supaya
tidak merusak cat yang ada di bawah reservoir minyak rem.
Ø  CARA MENGGANTI OLI GARDAN
•         Alat:
ü  Kunci shoch uk. 24
ü  Tempat menampung oli bekas
•         Langkah-langkah
1. Lihat bagian bawah mobil anda maka anda akan menemukan dua lubang pengisian dan pembuangan oli gardan
2. Kemudian buka baut pembuangan oli gardan untuk membuang oli bekas yang telah dalam keadaan buruk Setelah semua oli keluar dari gardan, tutup kembali baut pembuangan oli.
3. Kemudian buka baut pengisian oli gardan dan masukan oli kedalam gardan. Anda membutuhkan wadah bantuan untuk dapat memasukan oli kedalam gardan dengan mudah, yaitu dengan cara memasukan oli ke botol dengan selang agar mudah untuk memasukan oli kedalam gardan, Atau anda tidak memiliki botol anda dapat menggunakan plastik tebal yang di isi oli gardan untuk dimasukan kedalam gardan, untuk cara ini anda harus berhati-hati jangan sampai plastik pecah atau oli gardan yang tumpah terbuang sia-sia.
4.  Setelah berhasil memasukan oli gardan maka tutup kembali lubang pengisian dan coba kendarai mobil anda secara perlahan untuk mencoba apakah mobil anda telah berkerja dengan normal.
Ø  CARA MENGGANTI MINYAK REM
•         Alat:
ü  Kunci Ring pass uk. 8 atau 10
ü  Tempat untuk menampung minyak
•         Langkah-langkah
1.      Buka terlebih dahulu tutup reservoir atau tabung cadangan
2.      Kendorkan baut nepel yang berada di kaliper
3.      Letakan wadah dibawahnya untuk menampung minyak rem
4.      Setelah dirasa minyak rem keluar semua kencangkan lagi baut nepel
5.      Isikan minyak rem yang baru dari reservoir
6.      Jika sudah lakukan proses bleeding untuk membuang udara dari dalam sistem
7.      Proses bleeding dilakukan dengan cara menekan pedal rem berulang kali kemudian ditahan
8.      Dengan posisi pedal rem ditahan kendorkan baut nepel maka udara akan keluar
9.      Lakukan proses ini berulang kali hingga tidak dijumpai lagi gelembung udara

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
   Imti dilklsanakannya kegiatan PSG yaitu mengembangkan yang didapat dari sekolah dan di praktekkan diluar sekolah secara langsung. Dengan diadakannya PSG kita juga mendapat ilmu yang belum didapat dari sekolah, kita juga dapat merasakan seperti apakah dunia lerja itu sendiri. Dan mendapat banyak pengalaman.
B.     SARAN-SARAN
1.      Saran untuk sekolah
o   Sekolah diharapkan mampu menyalurkan para siswa ke dunia usaha.
o   Diharap sekolah memiliki lapangam pekerjaan sendiri guna mempraktikan bakat dan guna para siswa.
2.      Saran untuk instansi / industri
o   Mutu pelayanan lebih ditingkatkan lagi, demi kemajuan bersama.
o   Kedisiplinan mekanik sebaiknya harus ditinglatkan lagi.
o   Kebersamaan, kerja sama, dan komunikasi dalam lapangan kerja diharapkan harus selalu terjaga dengan baik.

Daftar pustaka
http://tipstrickotomotif.blogspot.co.id/2014/02/cara-mengganti-minyak-rem-mobil.html?m=1
http://montirgw.com/tips-trick/detail/66-cara-mengganti-busi-mobil
http://otomotrip.com/langkah-pembongkaran-kampas-rem-cakram-mobil.html
http://www.infogadgetku.com/2015/07/cara-mudah-ganti-oli-gardan-mobil.html.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Laporan Makalah Bengkel Mobil Terbaru"

  1. Good post, well written. Many thanks. I will be back soon to check out for updates. Cheers.

    poker online

    domino qiu qiu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel