MACAM - MACAM NORMA DAN SANKSINYA

Macam - Macam Norma Yang berlaku di Masyarakat

Pengertian Norma
Norma merupakan aturan yang di terapkan melalui lingkungan masyarakat agar bertujuan untuk mencapai kehidupan yang aman,damai dan tertib,tapi masih banyak segelintir orang yang banyak melanggar aturan norma-norma dalam lingkungan masyarakat yang disebabkan beberapa faktor,yaitu faktor ekonomi,pendidikan dan lain-lain.
Norma sendiri terdiri dari 4 macam yaitu :

1. Norma Agama
        Norma agama ialah peraturan atau ketentuan hidup yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa yaitu berupa larangan atau perintah dan anjuran-anjuran yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Norma agama mewajibkan kepada umatnya aturan kehidupan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan serta dapat mewujudkan kebahagian di dunia dan di akhirat.
          Norma agama sendiri mempunyai nilai yang fundamental yang meliputi berbagai norma,seperti norma kesusilaan,norma kesopanan,dan norma hukum.dampak atau hukuman bagi yang melanggar norma agama didunia itu tidak secara langsung melainkan diberikan di akherat nanti.
( Contoh Gambar Norma Agama )
Contoh Norma Agama
  1. dilarang membunuh sesama manusia
  2. dilarang untuk mencuri atau merampok harta orang lain
  3. di ajurkan berbakti kepada kedua orang tua
  4. menjalankan perintahnya dan menjauhi laranganya sesuai aturan agama masing –masing
  5. selalu hormatilah orang yang lebih tua
2. Norma Kesusilaan
           Norma kesusilaan ialah peraturan yang berasal dari hati nurani manusia tentang pantas tidak perbuatannya atau perilaku manusia. Norma kesusilaan ialah petunjuk tentang cara bersikap dan bertingkah laku dalam mangambil hal-hal yang harus dihindari,dilakukan dan ditentang. 
       Norma kesusilaan berasal dari hati nurani manusia itu sendiri sehingga norma ini bersifat universal dan ditujukan bagi seluruh umat manusia. Pelanggaran terhadap norma kesusilaan adalah pelanggaran penasaran yang bersifat penyesalan karena telah melakukan pengingkaran terhadap hati nurani.
( Contoh Gambar Norma Kesusilaan )
Contoh Norma Kesusilaan
  1. selalu bersikap jujur
  2. tidak suka berbohong
  3. selalu membantu orang lain yang sedang kesusahan
  4. tidak boleh berbuat zina
  5. tidak boleh saling mencela atau menghina

3. Norma Kesopanan
         Norma kesopanan ialah norma yang berasal dari sekelompok masyarakat itu sendiri untuk saling hormat-menghormati. Dasar dari norma kesopanan ialah kepatutan,kepantasan,kebiasaan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat,norma kesopanan juga sering disebut norma sopan santun,tata krama adat istiadat.
          Norma kesopanan terbentuk pada adat kebiasaan lingkungan masyarakat. Tujuan dari norma kesopanan ialah  agar saling menghargai dan menghormati.. Pelanggaran terhadap norma kesopanan yaitu akan mendapat sanksi berupa celaan dan pengucilan oleh masyarakat.
( Contoh Gambar Norma Kesopanan )
Contoh Norma Kesopanan
  1. jangan makan sambil berdiri
  2. jangan meludah di sembarang tempat
  3. menghormati orang yang lebih tua
  4. buanglah sampah pada tempatnya
  5. bersikap ramah dengan siapa saja
4. Norma Hukum
          Norma hukum ialah norma yang berisi aturan yang dibuat dan diberlakukan oleh negara. Norma hukum bersifat memenuhi norma-norma yang lain yang ada dalam lingkungan masyarakat untuk memperkuat sanksi atas pelanggaran norma lainnya.
          Norma hukum memang harus ada disebuah negara atau wilayah tertentu. Norma hukum bersifat pemaksaan atau keharusan kepada setiap individu yang melakukan kesalahan. Sanksi terhadap pelanggaran norma hukum diberikan oleh pejabat negara yang berwenang.Tujuan norma hukum ialah untuk mewujudkan kedamaian dan ketertiban  dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara melalui upaya dasar hukum yang berlaku.
( Contoh Gambar Norma Hukum )
Contoh Norma Hukum
  1. larangan mengangu ketertiban umum
  2. larangan membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain karena bertentangan dengan pasal 338 KUHP
  3. larangan merampok atau mencuri barang orang lain karena bertentangan dengan pasal  368 KUHP


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "MACAM - MACAM NORMA DAN SANKSINYA"

  1. Good post, well written. Many thanks. I will be back soon to check out for updates. Cheers.

    poker online

    domino qiu qiu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel