Asam Amino Esensial dan Non Esensial

       Pengertian Asam amino secara biologisnya yaitu Asam amino Esensial yang dapat diperoleh melalui makanan tiap harinya karena tidak bisa disintesa di dalam tubuh Asam amino Non Esensial. Selain dari makanan dapat juga disintesa didalam tubuh melalui proses transaminasi,berikut pengertian asam amino esensial dan asam amino non esensial secara singkat :


1.     Asam amino esensial
Dari sekian banyak  asam amino yang sudah kalian kenal, sekitar antara sepuluh macam yang tidak bisa dibentuk oleh tubuh manusia dan harus didapatkan dari asupan makanan tiap harinya. Itulah yang dinamakan asam amino esensial, juga sering disebut asam amino indispensable. Asam amino esensial ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh manusia. Jika sampai kekurangan asam amino bisa berakibat menderita busung lapar (kwashiorkor). lain dengan lemak atau karbohidrat yang bisa disimpan, tubuh manusia tidak dapat menyimpan asam amino. Itu sebabnya keharusan asupan asam amino yang cukup dari berbagai makanan selalu diperlukan setiap hari.
Sebetulnya  dari berbagai jenis asam amino esensial yaitu arginin dapat dibuat oleh tubuh, namun prosesnya sangat lama dan tidak mencukupi untuk seluruh kebutuhan manusia. Jadi juga harus diberikan dari makanan. Selain itu jenis - jenis asam amino lainya juga berfungsi saling melengkapi satu sama lain. Contohnya metionin dibutuhkan untuk memproduksi cystein, atau fenilalanin dibutuhkan untuk membentuk tirosin.
Berikut ini ialah daftar asam amino esensial.
a.      Histidin (His)
b.      Isoleusin (Ile)
c.       Leusin (Leu)
d.      Lisin (Lys)
e.       Metionin (Met)
f.       Fenilalanin (Phe)
2.     Asam amino non esensial
Asam amino non esensial atau asam amino dispensable ialah asam amino yang dapat dibentuk oleh tubuh manusia. Karena bisa dibuat sendiri oleh tubuh maka tidak harus memperoleh asupan dari makanan.
Berikut ini ialah daftar asam amino non esensial.
a.      Prolin (Pro)
b.      Serine (Ser)
c.       Alanin (Ala)
d.      Arginin (Arg)
e.       Asparagin (Asn)
f.       Asam aspartat (Asp)
g.      Sistein (Cys)
h.      Glutamine (Gln)
i.        Asam glutamate (Glu)
j.        Glisin (Gly)

     Demikian pengertian asam amino esensial dan asam amino esensial mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kesalahan dalam penulisan secara saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan sekian dan terima kasih atas kununganya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asam Amino Esensial dan Non Esensial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel